DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Project Based Learning dan Gaya Belajar Terhadap Keterampilan Berpikir Spasial Siswa SMA

Dwi Angga Oktavianto

Abstrak


ABSTRAK

 

Pembelajaran geografi kebanyakan hanya memberikan pengetahuan spasial kepada siswa, sehingga siswa tidak mampu menganalisis permasalahan spasial yang ada di lingkungan sekitarnya. Menganalisis permasalahan spasial dapat dilakukan melalui keterampilan berpikir spasial. Pembelajaran geografi Pengetahuan Dasar Pemetaan dapat digunakan sebagai materi yang mendukung perkembangan keterampilan berpikir spasial siswa. Selain materi, dalam pembelajaran geografi perlu diperhatikan model pembelajaran dan gaya belajar.

Penelitian ini mempunyai tujuan: 1) mengetahui pengaruh Project Based Learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir spasial siswa; 2) mengetahui perbedaan pengaruh gaya belajar siswa terhadap keterampilan berpikir spasial siswa; dan 3) mengetahui pengaruh perbedaan interaksi antara PBL dan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir spasial siswa. Penelitian ini dirancangan melalui eksperimen semu dengan faktorial 2 x 3 nonequivalent posttes-pretest control group untuk menjawab tujuan penelitian di atas. Data penelitian yang didapat berupa dominasi gaya belajar siswa, nilai pretest dan posttest keterampilan berpikir spasial, serta observasi aktivitas Project Based Learning. Data-data tersebut didapatkan melalui angket gaya belajar, soal keterampilan berpikir spasial dan lembar observasi pembelajaran. Data yang didapat kemudian dianalisis menggunakan Two way ANOVA melalui aplikasi SPSS 24.

Penelitian ini mendapatkan hasil: 1) ada pengaruh signifikan PBL terhadap keterampilan berpikir spasial siswa; 2) ada pengaruh signifikan gaya belajar terhadap keterampilan berpikir spasial; dan 3) ada pengaruh signifikan interaksi antara Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir spasial siswa. Pengaruh Project Based Learning terhadap keterampilan berpikir spasial dikarenakan sintak-sintak dalam pembelajaran tersebut berisi aktivitas-aktivitas yang melatih siswa untuk berpikir spasial. Pengaruh gaya belajar terhadap keterampilan berpikir spasial dikarenakan keterampilan berpikir spasial merupakan kemampuan yang terdiri dari konsep spasial, alat representasi dan proses penalaran yang memiliki respon yang berbeda-beda pada masing-masing gaya belajar. Pengaruh interaksi antara Project Based Learning dan gaya belajar terjadi akibat Project Based Learning yang merupakan pembelajaran hands-on secara berturut-turut rangsangannya lebih maksimal pada siswa kinestetik, kemudian siswa visual dan terakhir siswa audiotori.

Tema proyek yang akan dikerjakan oleh siswa harus benar-benar disiapkan oleh guru. Hal ini dikarenakan keberhasilan proyek tergantung pada tersedianya data, alat dan bahan untuk membuat produk. Selain itu tema proyek juga harus dapat mengakomodir ketiga jenis gaya belajar, karena pada penelitian ini yang terakomodir hanya gaya belajar kinestetik dan visual, sedangkan audiotori belum terakomodir.