DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

KEPUASAN LAYANAN PEMBELAJARAN, RELEVANSI HASIL PEMBELAJARAN, DAN KEMAMPUAN ADAPTASI DI TEMPAT KERJA LULUSAN S2 PENDIDIKAN KEJURUAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Muhammad . Rahmatullah

Abstrak


ABSTRAK 

 

Dalam implementasi penyelenggaraan pendidikan selama ini, pendidikan kejuruan masih dianggap gagal mencapai rancangan tujuan pendidikan kejuruan. Program pendidikan kejuruan yang masih bersifat supply driven membuatnya tidak fleksibel dan dinilai tidak sepenuhnya berorientasi terhadap perubahan kebutuhan lapangan kerja, sehingga terisolasi dari kebutuhan nyata dunia usaha dan industri. Maka dibutuhkan studi penelusuran untuk meneliti keterkaitan dan faktor yang melingkupi pendidikan tinggi kejuruan dengan dunia kerja profesional agar mengukur kinerja program studi melalui output yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti keterkaitan antara pembelajaran yang diselenggarakan oleh Program S2 Pendidikan Kejuruan Universitas Negeri Malang (PKJ UM) dengan pengalaman dan tantangan yang dihadapi para lulusannya yang sudah memasuki lapangan kerja.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan studi penelusuran. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh lulusan Program S2 PKJ UM Angkatan 2007-2012 yang berdomisili di Malang dan sekitarnya yang berjumlah berjumlah 50 orang dan dipilih dengan teknik purposive sampling. Sedangkan objek penelitiannya yaitu: kepuasan layanan pembelajaran, relevansi hasil pembelajaran, dan kemampuan adaptasi lulusan di tempat kerja. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui dokumentasi, kuisioner, dan wawancara dengan instrumen penelitian berupa lembar angket, panduan wawancara, dan alat perekam. Data dianalisis secara statistik deskriptif menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics versi 20 dan dikelola melalui 6 langkah: manajemen data, membaca dan menulis memo, mendeskripsikan, mengklasifikasikan, menginterpretasikan, dan merepresentasikan serta memvisualisasikan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lulusan pada umumnya (1)merasa puas dengan pembelajaran yang mereka tempuh di Program S2 PKJ UM,           (2)merasa sesuai dengan pembelajaran yang mereka tempuh di Program S2 PKJ UM sebagai bekal yang diperlukan mereka di lapangan kerja, serta memiliki daya keterserapan, proses dan posisi yang baik di lapangan kerja, dan (3)merasa mampu beradaptasi di tempat kerja mereka dengan pembelajaran yang mereka tempuh di Program S2 PKJ UM. Penelitian ini merekomendasikan agar Perguruan tinggi, Direktur Pascasarjana dan Kaprodi, Staf administrasi, dan Mahasiswa (Lulusan) menggunakan penelitian ini (tracer study) untuk membuat kebijakan akademik di masa yang akan datang, serta juga merekomendasikan peneliti selanjutnya untuk menggunakan penelitian ini sebagai dasar informasi untuk melakukan penelitian lebih lanjut terkait tracer study.

 

ABSTRACT

 

In the implementation of education, it is believed that vocational education has not successfully achieved its goals. The program is still supply driven, not flexible and not fully engaged in the dynamics of workfield demands. Tracer study is then necessery to observe the relationship between vocational education and professional work world and observe factors that surround them in order to evaluate the study program through the outputs. This study aims to determine the relationship between the learning process conducted at post graduate (S2) program of vocational education (PKJ) at State University of Malang (UM) with the experiences and challenges faced by the graduates in the work field.

This is a tracer study with qualitative descriptive approach. The subjects of this research is 50 magister graduates of PKJ UM 2007-2012 living in Malang and its surrounding, chosen through purposive sampling technique; while the objects of the research cover: graduates’ satisfaction on the learning quality, relevance between the learning result and work experience, and the ability of the graduates to adapt to the work field. The research data is collected through documentation, questionnaires, and interview using the following reseach instruments: questionnnaire sheets, interview guide, and recording device. The data is analyzed descriptively using IBM SPSS Statistics version 20 and managed though six steps: data management, reading and writing memo, describing, classifying, interpreting, and representing as well as visualizing.

The research results shows that the graduates generally (1) feel satisfied with lesson they have experienced in the graduate program of vocational education at State University of Malang, (2) think that the lessons learned at the graduate program of vocational education at State University of Malang is relevant with the what they face in the work world and also has given them sufficient knowledge to be part of the work world, to get the job, and to go through the process to earn promising position in the work field, and (3) feel able to adapt to where they work using the knowledge they have learned in the graduate program of vocational education at State University of Malang. This study recommends that University, Director of Post Graduate and head of departements, Administration Staff, the Students (Graduates) use this research (tracer study) to make akademik policies in the future, and also recommend the next researcher to use this as the basic information to conduct further research in tracer study.