DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Penjenjangan Perencana Pada Kementerian Agama Menggunakan Model Dick And Carey.

Agus Sunaryo

Abstrak


ABSTRAK

 

Sunaryo, Agus. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Pendidikan dan Pelatihan Penjenjangan Perencana Pada Kementerian Agama Menggunakan Model Dick And Carey. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing : (I) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed, M.Pd, (II) Dr. Sulthon, M.Pd, (III) Dr. Dedi Kuswandi.

 

Kata Kunci : bahan ajar, kualitas pembelajaran, pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana, pengembangan

 

            Bahan ajar menempati peran yang sangat penting karena merupakan suatu proses pembelajaran yang bisa mengarahkan peserta pendidikan dan pelatihan menjadi pembelajar mandiri atau autonomous learners. Untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan Penjenjangan Perencana, dipandang sangat perlu mengembangkan bahan ajar yang memiliki fungsi sangat penting dalam teknologi pembelajaran. Jika pembelajaran dapat tercapai dengan baik maka tentunya akan dapat menunjang terhadap kualitas pendidikan, karena salah satu masalah pokok yang dihadapi dalam bidang pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana sampai saat ini berkaitan dengan masalah kualitas dan efisiensi.

            Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar untuk peningkatan kualitas pembelajaran peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana dengan menggunakan model Dick and Carey.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau yang biasa disebut dengan Reseach and Development. Pengembangan bahan ajar model Dick and Carey dengan pendekatan sistem, karena mementingkan hubungan antara masing-masing komponen. Subyek penelitian adalah peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana tingkat pertama, muda dan madya pada Kementerian Agama. Subyek penelitian dipilih dari populasi peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana tingkat pertama, muda dan madya yang dilaksanakan Pusat Pembinaan Pendidikan Pelatihan Perencanaan Bappenas bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Ekonomi Makro Universitas Indonesia, MAP Universitas Gajah Mada, dan RCCP Universitas Brawijaya.

            Hasil Penelitan menunjukkan bahwa : (1) menurut ahli evaluasi ahli rancangan pembelajaran menunjukkan kelengkapan kebenaran dan kualitas rancangan komponen bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak/baik/jelas/sesuai/logis/memadai/menarik/memotivasi, (2) menurut ahli evaluasi isi pembelajaran menunjukkan kelengkapan kebenaran dan kualitas rancangan komponen bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak /baik /jelas /sesuai /logis /memadai/menarik/memotivasi, (3) menurut ahli media pembelajaran menunjukkan kelengkapan kebenaran dan kualitas rancangan komponen bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan sangat layak/baik/jelas/sesuai/logis/memadai/menarik/memotivasi, (4) penggunaan produk bahan ajar hasil pengembangan menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta pendidikan dan pelatihan penjenjangan perencana yang ditunjukkan dari perbedaan hasil pre test dan post test.