DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Model Kompetensi Guru Kejuruan Teknik Elektro dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Melalui MGMP Berbasis Online

FID J TASIAM

Abstrak


ABSTRAK

 

Tasiam, Fid. J. 2017.  Pengembangan Model Kompetensi Guru Kejuruan Teknik Elektro dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Melalui MGMP Berbasis Online. Disertasi, Pendidikan Kejuruan, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ir. Djoko Kustono M.Pd., Pembimbing (2) Dr. Purnomo, S.T., M.Pd., Pembimbing (3) Dr. Hakkun Elmunsyah, S.T., M.T.

 

Kata kunci: MGMP Elektro, Model Kompetensi Elektro, MEA

Masa sekarang Indonesia harus memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dengan demikian masyarakat negara-negara Asean akan mudah masuk Indonesia. Hal ini bisa berdampak positif, tapi dilain hal tidak sedikit juga dampak negatif bisa muncul. Faktor utama menghadapi MEA yakni, mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal, jika tidak dipersiapkan dengan matang akan ketinggalan dan warga negara Indonesia bisa menjadi tamu di rumah sendiri. Salah satu bidang yang dapat menjadi tolok ukur dalam dunia kejuruan adalah bidang elektro yang mengalami perkembangan sangat cepat. Untuk mengantisipasi hal tersebut sekaligus guna mempersiapkan SDM yang handal tersebut adalah dengan mempererat Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) yang dikemas dalam dunia maya (website) agar dapat mengkomunikasikan walaupun terpisahkan oleh jarak dan waktu. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendiskripsikan model kompetensi guru kejuruan teknik elektro menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), (2) mengembangkan model MGMP kejuruan Elektro dengan pendekatan website domain internasional, dalam mengembangkan kompetensi guru Kejuruan Teknik Elektro menghadapi MEA, dan (3) Menilai tingkat kelayakan website domain internasional ketika digunakan untuk mengembangkan kompetensi guru Kejuruan Teknik Elektro menghadapi MEA. Model pengembangan aplikasi ini menggunakan pengembangan ADDIE. Model pengembangan ADDIE terdiri dari 5 tahap yaitu (1) Analysis, (2) Design, (3) Develop, (4) Implement, dan (5) Evaluation. Jenis data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup.

 

Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa website yang dapat membantu guru untuk saling berkomunikasi melalui suatu forum. Website tersebut memiliki fitur mengambil informasi pendidikan dari 4 negara sekaligus, dapat melakukan terjemah, memiliki responsifitas tampilan yang baik, memiliki fitur untuk diambil data secara otomatis (RSS Feed). Berdasarkan hasil validasi diperoleh data akhir sebesar 95% dari ahli materi, 96,4% dari ahli media, dan 88% dari subjek coba. Berdasarkan hasil rata-rata yang diperoleh dari hasil uji ahli materi, ahli media, dan guru diperoleh persentase sebesar 93,1%, sehingga dapat disimpulkan website yang dikembangkan valid dan layak digunakan.nto. 2017.   Kejuruan. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Neger