DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Sekolah, dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru SMK Negeri di Kota Malang. (Tesis)

Rofiq Zainudin

Abstrak


Peningkatan kualitas pendidikan nasional merupakan kebutuhan untuk mensejajarkan Indonesia dengan negara lain. Kebutuhan ini akan terpenuhi bila proses pendidikan mampu menghasilkan sumberdaya manusia yang handal,. Fenomena dimaksud tentu menjadi tanggung jawab banyak pihak terutama dunia pendidikan dimana unjung tombaknya adalah guru. Guru adalah sebuah profesi intelektual yang menuntut berbagai kecakapan, kompetensi dan kemampuan komprehensif. Kondisi dewasa ini belum menunjukkan harapan yang maksimal sehingga masih diperlukan berbagai upaya dan strategi yang tepat guna meningkatkan kinerja guru dengan harapan akan berdampak pada peningkatan pembelajaran di kelas. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, motivasi kerja merupakan faktor penting yang berpengaruh terhadap kinerja guru termasuk guru SMK Negeri di Kota Malang.

Untuk mengkajinya, penelitian ini dilakukan dengan rumusan masalah sebagai berikut: (1) bagaimana perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah dan motivasi kerja guru SMK Negeri di Kota Malang, (2) Apakah ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang, (3) apakah ada hubungan yang signifikan antara iklim sekolah dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malng, (4) apakah ada hubungan yang signifikan antara motivasi kerja dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang, (5) apakah ada hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan motivasi kerja secara bersama-sama dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang.

Guna menjawab rumusan masalah di atas, penelitian ini dilakukan dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilaksanakan di dua belas SMK Negeri di Kota Malang dengan populasi sebesar 154 orang dan sampel 105 orang. Sampel diambil secara random proporsional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner atau angket sebagai instrumen.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat perilaku kepemimpinan kepala sekolah SMK Negeri di Kota Malang termasuk kategori tinggi (efektif) yakni mencapai 44,8 %, (2) tingkat iklim sekolah SMK Negeri di Kota Malang termasuk kategori sedang 65,7%, (3) tingkat motivasi kerja SMK Negeri di Kota Malang termasuk kategori sangat tinggi      50,5%, (4) tingkat kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang termasuk kategori tinggi 94,3%, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku kepemimpinan kepala sekolah, iklim sekolah, dan motivasi kerja dengan kinerja guru SMK Negeri di Kota Malang dengan sig t 0,000


Teks Penuh: DOC PDF