DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Pandaan.

YULINA . FADILAH

Abstrak


ABSTRACT

 

Fadilah, Y. 2017. Implementasi Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah Pecahan Pada Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 3 Pandaan. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Edy Bambang Irawan, M.Pd  (II) Prof. Dr. Cholis Sa’dijah, M.Pd., M.A.

 

Kata kunci : Kreativitas Dalam Pemecahan Masalah, Pembelajaran Matematika Realistik, Materi

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan pada pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Salah satu permasalahannya yaitu rendahnya kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penyebab permasalahan ini, yaitu strategi pembelajaran oleh guru matematika di SD yang kurang bervariasi dan inovatif, guru hanya bergantung pada metode ceramah dan pengunaan buku teks. Hal ini berdampak pada rendahnya kemampuan memecahkan masalah matematika yang dapat dilihat dari rendahnya hasil KKM yang diperoleh siswa pada akhir kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Pandaan; dan (2) mendeskripsikan peningkatan kreativitas siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Pandaan dalam pemecahan masalah matematika realistik setelah mengikuti pembelajaran model.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Pandaan sebanyak 37 orang siswa, yang terdiri dari 19 orang laki - laki dan 18 orang perempuan. Metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan tes lisan dan tugas, observasi, wawancara. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi egiatan (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan serta verifikasi data.

Penelitian ini menyebutkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan selama dua siklus sesuai dengan langkah – langkah pembelajaran matematika realistik. Adanya peningkatan kreativitas dalam pemecahan masalah melalui pembelajaran matematika realistik pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 3 Pandaan.Pada siklus I, pada pertemuan pertama tidak ada siswa yang berada pada kualitas kreativitas tinggi, pada pertemuan ketiga terlihat sebanyak 21,62% siswa memiliki kualitas kreativitas tinggi. Demikian juga pada kriteria kualitas kreativitas rendah sebanyak 81,08% pada pertemuan ketiga menjadi 16,22% saja, ini menunjukkan peningkatan kualitas kreativitas menjadi sedang/cukup. Sedangkan pada siklus II hal yang terjadi yaitu pada pertemuan pertama dengan presentase sebesar 16.22% siswa yang berada pada kualitas kreativitas tinggi, pada pertemuan ketiga kualitas kreativitas tinggi terlihat meningkat sebanyak 21,62%. Pada kriteria kualitas kreativitas rendah sebanyak 24.32% pada pertemuan ketiga menjadi 0% saja, ini menunjukkan telah terjadi peningkatan kualitas kreativitas.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, peningkatan kreativitas pemecahan masalah dilaksanakan sesuai dengan langkah – langkah pembelajaran matematika realistik. Peningkatan tersebut dapat dilihat berdasarkan kriteria siswa sudah sangat fasih, sangat fleksibel dan sangat baru dalam menyelesaikan soal – soal matematika pada materi pecahan.