DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Birokrasi Perguruan Tinggi Berwawasan Wirausaha (Studi Multi Kasus pada Kampus Putih, Kampus Biru dan Kampus Hijau di Kota Malang).

Munirul Abidin

Abstrak


ABSTRAK

 

Abidin, Munirul. 2009. Birokrasi Perguruan Tinggi Berwawasan Wirausaha  (Studi Multi Kasus pada Kampus Putih, Kampus Biru dan Kampus Hijau di Kota Malang). Disertasi. Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hendyat Soetopo, M.Pd. (II) Prof. Ahmad Sonhadji, K.H., M.A., Ph.D (III) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd.

 

Kata kunci:  wirausaha, birokrasi, perguruan tinggi.

Peningkatan mutu perguruan tinggi di Indoensia merupakan salah satu upaya yang tidak pernah berhenti, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun perguruan tinggi sendiri. Salah satu upaya tersebut adalah menciptakan birokrasi perguruan tinggi yang berwawasan wirausaha, yaitu sebuah upaya yang dilakukan PT dalam rangka menciptakan birokrasi PT yang efektif, transparan, DAN akuntabel.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) nilai-nilai kewirausahaan dalam pengembangan sistem perguruan tinggi, (2) tatakelola birokrasi PT berwawasan wirausaha, (3) pengembangan akademik yang berwawasan wirausaha, (4) pengembangan SDM yang berwawasan wirausaha, (5) pengembangan wirausaha (bisnis) di perguruan tinggi.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomenologis dengan rancangan studi multi kasus. Situs yang dugunakan dalam penelitian ini adalah Kampus Putih, Kampus Biru dan Kampus Hijau di kota Malang. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dari proses pengumpulan data tersebut kemudian diperiksa kebenaran, kecocokan dan kehandalannya melalui proses triangulasi, yang dalam penelitian ini digunakan trianggulasi metode dan sumber. Data hasil wawancara ditriangulasi dengan data dari dokumen, observasi dan angket. Selain itu, data hasil wawancara dari suatu responden juga dilakukan pengecekan terhadap responden yang lain. Data yang terkumpul kemudian ditabulasi, diberi kode, dimaknai dan kemudian disimpulkan pada setiap situs penelitian, yang selanjutnya dibandingkan dengan data pada situs penelitian yang lain dan ditarik kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) tiga PT terteliti menerapkan nilai-nilai kewirausahaan dalam pengembangan sistem perguruan tinggi. Nilai-nilai tersebut sangat bervariatif, sebagian dari nilai-nilai tersebut sama dan sebagian lain berbeda. 2) Struktur birokrasi berwawasan wirausaha adalah birokrasi yang memiliki struktur organisasi yang flat dan sederhana tetapi kaya fungsi. Tatakelola birokrasi PT yang berwirausaha adalah tatakelola birokrasi yang dapat memberikan tupoksiwab yang jelas kepada para pegawai dan karyawan, memberikan pelayanan yang cepat, jelas dan terukur, meningkatkan daya saing baik antar pegawai intern kampus maupun dengan pihak luar dalam menangani pekerjaan kampus, sentralisasi administrasi dan desentralisasi akademik, melakukan pemberdayaan kepada civitas akademika untuk berkarya dan berinovasi, serta menjamin bahwa seluruh proses layanan yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan kepada publik.  3) Manajemen pengembangan akademik berwawasan wirausaha adalah manajemen akademik yang mampu menghasilkan program-program dan kegiatan-kegiatan yang inovatif, produktif, khas dan unggul. 4) Manajemen pengembangan SDM PT berwawasan wirausaha adalah manajemen yang mampu meningkatkan kinerja para dosen dan pegawainya dengan cara-cara baru yang lebih efektif dan efisien. 5) Perguruan tinggi terteliti mengembangkan bisnis dengan cara yang bervariatif. Sebagian ada yang mengembangkan model bisnis integratif antara akademik dan non akademik, sedangkan sebagian lain mengembangkan model bisnis non-integratif, yaitu bisnis murni yang terpisah dari dunia akademik.