DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Sarana Prasarana Dan Kondisi Peralatan Praktik Mekanik Otomotif SMK Swasta Di Daerah Polwil Bojonegoro Dan Madiun. (Tesis)

Sopan Slamet

Abstrak


Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat yang semakin berkembang menuntut dunia pendidikan nasional melakukan upaya pembaharuan menuju pendidikan yang kompetitif dan inovatif. Sarana, prasarana, dan kondisi peralatan praktik mekanik otomotif merupakan komponen penting dalam menghantarkan anak didik menuju dunia kerja yang diinginkan, sesuai dengan bidang keahliannya.

Tuntutan terhadap dunia pendidikan untuk mengambil peran dan memberikan andil yang signifikan bagi berbagai upaya reformasi di berbagai kehidupan masyarakat diawali dengan melakukan telaah terhadap dunia pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu institusi yang menyiapkan tenaga kerja dituntut mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia kerja, untuk itu penelitian ini difokuskan pada sarana prasarana dan kondisi peralatan praktik mekanik otomotif SMK Swasta di Daerah Polisi Wilayah Bojonegoro dan Madiun yang belum pernah diteliti.

Penelitian ini untuk mengidentifikasi sarana prasarana dan kondisi peralatan praktik mekanik otomotif SMK swasta di Daerah Polisi Wilayah Bojonegoro dan Madiun. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif, yang akan menggambarkan sarana prasarana serta kondisi peralatan bengkel praktik mekanik otomotif. Pengumpulan data dengan menggunakan cheklist dan metode observasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan pelaksanaanya dibantu dengan menggunakan bantuan SPSS.12 for windows.

Penemuan penelitian mengindikasikan bahwa secara umum sarana prasarana bengkel praktik mekanik otomotif SMK swasta di Daerah Polisi Wilayah Bojonegoro dan Madiun masih belum memenuhi syarat seperti yang direkomendasikan oleh Prakken Publications dan pedoman analisis kebutuhan sarana prasarana pendidikan SMK Program Mekanik Otomotif Departemen Pendidikan Nasional.

Sarana bengkel praktik mekanik otomotif belum memenuhi syarat seperti yang diharapkan, keadaan ini bisa kita lihat dari rerata keadaan ruang bengkel yang memenuhi syarat hanya 47,5%. Jumlah mesin dan peralatan yang digunakan kurang atau tidak memenuhi syarat karena dari rerata yang memenuhi syarat hanya sebesar 11,7%. Gambaran keadaan prasarana ini tidak memadai dengan jumlah siswa yang memakainya untuk praktik,  sehingga dengan keadaan ini siswa tidak dapat belajar dengan maksimal. Mesin yang digunakan masih banyak menggunakan produksi lama sehingga pengalaman siswa di sekolah sangat jauh berbeda dengan keadaan di luar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar (1) bagi penyelenggara pendidikan diharapkan untuk menambah sarana untuk kegiatan praktik, agar siswa dapat belajar maksimal sesuai dengan keadaan kerja pada dunia industri, (2) penyediaan ruang praktik yang memadai kegiatan belajar di bengkel agar tercipta suasana belajar yang nyaman dan keselamatan kerja dapat tercipta, dan (3) pemeliharaan peralatan yang ada pada ruang kerja praktik semestinya diperhatikan dengan cara memberikan tugas pada seseorang dalam menjaga atau merawat peralatan tersebut, sehingga dalam kegiatan praktik peralatan yang dipakai memang merupakan peralatan yang digunakan oleh standard pada dunia kerja.

Abstract:

The progress of science and technology to fulfill the society needed make the national education has renewal efforts to be competitive and innovative education. The tools, infrastructure, and the condition of practice device at mechanical automotive are important component in delivers pupil aims desirable work world, as according to the skill area.

Education takes the most important role in increasing the quality of human resources which expected to take part both in getting any job and in business competition in globalization and the free-trade era. Vocational education is one of the institution to prepares the labors in industries demand, for that purpose this research is focusing in infrastructure tool and the condition of practice device in mechanical automotive private schools of vocational education at Bojonegoro and Madiun police area which never canvassed yet.

This research aims is identify the infrastructure, tools and the condition of practice device in mechanical automotive private schools of vocational education at Bojonegoro and Madiun police area. This research done by descriptive design, what is describing infrastructure, tools and the condition of practice device in mechanical automotive. Data is collected by using checklist and observation method. Data is analyzed with descriptive statistics and the execution helped by using SPSS12 software for windows.

Research finding that is the general repair shop of infrastructure, tools, and the condition of practice device in mechanical automotive private schools of vocational education at Bojonegoro and Madiun police area is not standard yet which recommended by Prakken Publications and  vocational education department guide of automotive mechanical program.

This research finding that: (1) there is 47.5% of infrastructure and 11.7% average of tools at automotive mechanical practice devices are provided for the practical learning in mechanical automotive private schools of vocational education at Bojonegoro and Madiun police area, (2) there is 41.3% of infrastructure and 74.6% average of tools at automotive mechanical practice devices are insufficient for the practical learning in mechanical automotive private schools of vocational education at Bojonegoro and Madiun police area, and (3) there is 11.7% of infrastructure and   13.7% average of tools at automotive mechanical practice devices are not provided for the practical learning in mechanical automotive private schools of vocational education at Bojonegoro and Madiun police area.

According this research finding, suggested (1) the education administrator at private vocational education of Bojonegoro and Madiun  police area suggested adding the practical tool, to increasing the achievement of learner , (2) the education administrator should provide the practical infrastructure at vocational education to keep the great conditions of learning and keep the safety of learner in the practical learn at the school, (3) the education administrator should be keep the practical tool and infrastructure at vocational education by adding the tool man to keep and care  that, which the learning of practical education needed the real tool to be the real conditions at the factory, so the learner can survive and get the success in the job.