DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Sarana Prasarana Dan Kondisi Peralatan Praktik Mekanik Otomotif SMK Swasta Di Daerah Polwil Bojonegoro Dan Madiun.

sopan slamet

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Slamet, Sopan. 2009. Identifikasi Sarana Prasarana Dan Kondisi Peralatan Praktik   Mekanik Otomotif SMK Swasta Di Daerah Polwil Bojonegoro Dan Madiun. Tesis, Jurusan Pendidikan Kejuruan (PKJ), Program Paska Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Achmad Tutjik Moechid, Drs. M.Sc. Ph.D., (II) Dr. Waras Kamdi  M.Pd.

 

Kata Kunci: identifikasi, sarana prasarana, kondisi peralatan

            Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memenuhi kebutuhan di masyarakat yang semakin berkembang menuntut dunia pendidikan nasional melakukan upaya pembaharuan menuju pendidikan yang kompetitif dan inovatif. Sarana, prasarana, dan kondisi peralatan praktik mekanik otomotif merupakan komponen penting dalam menghantarkan anak didik menuju dunia kerja yang diinginkan, sesuai dengan bidang keahliannya.

Tuntutan terhadap dunia pendidikan untuk mengambil peran dan memberikan andil yang signifikan bagi berbagai upaya reformasi di berbagai kehidupan masyarakat diawali dengan melakukan telaah terhadap dunia pendidikan. Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) sebagai salah satu institusi yang menyiapkan tenaga kerja dituntut mampu menghasilkan lulusan sebagaimana yang diharapkan oleh dunia kerja, untuk itu penelitian ini difokuskan pada sarana prasarana dan kondisi peralatan praktik mekanik otomotif SMK Swasta di Daerah Polisi Wilayah Bojonegoro dan Madiun yang belum pernah diteliti.

Penelitian ini untuk mengidentifikasi sarana prasarana dan kondisi peralatan praktik mekanik otomotif SMK swasta di Daerah Polisi Wilayah Bojonegoro dan Madiun. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan penelitian diskriptif, yang akan menggambarkan sarana prasarana serta kondisi peralatan bengkel praktik mekanik otomotif. Pengumpulan data dengan menggunakan cheklist dan metode observasi. Analisis data dengan statistik deskriptif dan pelaksanaanya dibantu dengan menggunakan bantuan SPSS.12 for windows.

            Penemuan penelitian mengindikasikan bahwa secara umum sarana prasarana bengkel praktik mekanik otomotif SMK swasta di Daerah Polisi Wilayah Bojonegoro dan Madiun masih belum memenuhi syarat seperti yang direkomendasikan oleh Prakken Publications dan pedoman analisis kebutuhan sarana prasarana pendidikan SMK Program Mekanik Otomotif Departemen Pendidikan Nasional.

         Sarana bengkel praktik mekanik otomotif belum memenuhi syarat seperti yang diharapkan, keadaan ini bisa kita lihat dari rerata keadaan ruang bengkel yang memenuhi syarat hanya 47,5%. Jumlah mesin dan peralatan yang digunakan kurang atau tidak memenuhi syarat karena dari rerata yang memenuhi syarat hanya sebesar 11,7%. Gambaran keadaan prasarana ini tidak memadai dengan jumlah siswa yang memakainya untuk praktik,  sehingga dengan keadaan ini siswa tidak dapat belajar dengan maksimal. Mesin yang digunakan masih banyak menggunakan produksi lama sehingga pengalaman siswa di sekolah sangat jauh berbeda dengan keadaan di luar.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar (1) bagi penyelenggara pendidikan diharapkan untuk menambah sarana untuk kegiatan praktik, agar siswa dapat belajar maksimal sesuai dengan keadaan kerja pada dunia industri, (2) penyediaan ruang praktik yang memadai kegiatan belajar di bengkel agar tercipta suasana belajar yang nyaman dan keselamatan kerja dapat tercipta, dan (3) pemeliharaan peralatan yang ada pada ruang kerja praktik semestinya diperhatikan dengan cara memberikan tugas pada seseorang dalam menjaga atau merawat peralatan tersebut, sehingga dalam kegiatan praktik peralatan yang dipakai memang merupakan peralatan yang digunakan oleh standard pada dunia kerja.