DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Tiga Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pemrograman Web PHP Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Berprestasi Tinggi Di SMK Negeri 8 Malang. (Tesis)

Rini Agustina

Abstrak


Model pembelajaran yang tepat bagi siswa merupakan salah satu bentuk dukungan dari guru sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Seperti diketahui guru adalah faktor penting dalam lingkungan belajar dan kehidupan siswa. Guru tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan, akan tetapi juga sebagai rekan belajar, model, pembimbing, dan fasilitator. Pada saat ini guru tidak bisa mengajar tanpa menetapkan suatu model pembelajaran dalam kelasnya, oleh karena pemberian model pembelajaran di kelas diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

          Adapun kompetensi mata diklat produktif yang diangkat dalam penelitian ini merupakan salah satu ma­teri komputer sains di Jurusan Teknik Komputer Jaringan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh dunia usaha/dunia industri (DU/DI) dan masyara­kat. Mata diklat ini diprediksi akan menjadi kecenderungan ka­rena tek­nologi tersebut berbasis teknologi internet, yaitu Pemrograman Web PHP (Personal Home Page).

          Penelitian ini menerapkan tiga model pembelajaran yaitu Independent Learning, Cooperative Learning type Jigsaw, dan Contextual Teaching and Learning pada siswa berprestasi tinggi yang dikategorikan siswa laki-laki dan siswa perempuan. Pemisahan kategori tersebut diduga menjadi salah satu faktor penentu untuk meningkatkan hasil belajar siswa selain model pembelajarannya. Karena secara psikologis siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki karakteristik dan cara penanganan yang berbeda, sehingga dimungkinkan jika diberikan suatu sistem pembelajaran baru akan dapat memperbaiki dan mengakomodasi pola pikir serta pola belajar mereka, sehingga diperoleh hasil belajar yang optimal.

           Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Tercatat nilai rerata tertinggi kompetensi pada masing-masing model pembelajaran, yaitu sebesar 8,98 untuk model pembelajaran Independent Learning, 8,91 untuk model pembelajaran Cooperative Learning dan 9,44 pada model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning. Siswa berprestasi tinggi (laki-laki dan perempuan) sangat berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai Fhitung sebesar 22,39 yang lebih besar dari Ftabel dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebesar 3,92 dan pada tingkat kesalahan 1% sebesar 6,85. Dan terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan Prestasi belajar tinggi (laki-laki dan perempuan) terhadap pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Dari uji scheffe ditemukan bahwa taraf signifikansi tertinggi sebesar 29,4 dari limabelas kombinasi yang ada.

           Dari temuan penelitian ini disarankan agar guru perlu melakukan pemilihan model pembelajaran yang tepat bagi siswa. Perlu kiranya diperhatikan juga bahwa jenis kelamin mem-berikan pengaruh/kontribusi yang sangat tinggi terhadap tingkat keberhasilan belajar siswa.

           Untuk penelitian lanjutan disarankan agar dilakukan penelitian sejenis dengan populasi yang lebih besar dan menggunakan model pembelajaran lain seperti Quantum Learning, Project Base Learning, Cooperative Learning dengan tipe STAD, dan lain sebagainya. Penambahan variabel lain seperti gaya belajar, intelegensi dan sikap, bakat dan minat, serta cara belajar siswa juga erat hubungannya dengan kemampuan siswa dan diduga ikut mempengaruhi hasil belajarnya. Penelitian lanjutan juga disarankan agar dilakukan pada  kompetensi dan mata diklat yang berbeda, baik mata diklat normatif, adaptif maupun produktif yang lain pada semua jurusan di tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Abstract:

 

The appropriate learning model for students is a support from teacher to improve students grades. Furthermore, teacher has an important role building atmosphere and students' attitude. Teacher's role not only provides the knowledge but also learning partner, model, supervisor and facilitator. Nowadays, teacher can not teach successfully without determining and using any learning model in their  class. It is believed that applying learning models in class can improve students learning grades.

            The competency of productive training lesson for this research is one of science computer materials in Network Computer Engineering Class. As we know, this field gains it's reputation today among industrial business world (DU/DI) and in many communities. Training lesson is predicted to become trend because this technology is Internet technology based, called as Web Programming PHP (Personal Home Page).

            This research uses three learning models, Independent Learning, Cooperative Learning (Jigsaw) and Contextual teaching and Learning applied to the students with high achievement categorized both into male and female students. The separation of category is predicted to be determining factor in improving students learning output beside its learning models. Psychologically male and female students have different characteristics and treatment. As a result, the implementation of new learning system can improve and accommodate thinking pattern and learning pattern of the students and further can improve learning output optimally.

            The result shows that the implementation of learning model affects the achievement of PHP Web Programming competency. It is known from the result that the highest average score of competency for each learning model is as follows; 8.91 for Independent Learning Model, 8.91 for Cooperative Learning Model and 9.44 for Contextual Teaching and Learning Model. Students with high achievement (male and female) give significant influence to the achievement of competency of PHP Web Programming. It can be shown from the score of Fcalculation  = 22.39 that is higher than score of Ftable = 3.92 with error level of 5% and 6.85 with error level of 1%. There is interaction between the implementation of learning model and high achievement (male and female) to  PHP Web Programming competency. It can be seen from the result of "scheffe test" with significant level of 29.4 from fifteen combinations presented.

            Based on the research, it is suggested that learning should produce better competency and it is important to choose the right learning model for students. It is important to consider that gender gives significant influence/ contribution for the success rate among the students that can be seen from learning output.

            For further research it is suggested that others should do the same research with bigger population and use other learning models like Quantum learning, Project Base Learning, Cooperative learning with STAD type and etc. The addition of other variables like learning style, intelligence and attitude, interest and way of learning have close relation to students competency and it is predicted that they affect the learning output as much. The further research should focus on different competency and training lesson whether it is normative, adaptive or productive in all majors in vocational high school (SMK).