DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Tiga Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pemrograman Web PHP Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Berprestasi Tinggi Di SMK Negeri 8 Malang.

Agustina, Rini. Rini

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Agustina, Rini. 2009. Pengaruh Penggunaan Tiga Model Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Pemrograman Web PHP Pada Siswa Laki-Laki Dan Perempuan Berprestasi Tinggi Di SMK Negeri 8 Malang. Tesis, Jurusan Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Achmad Tutjik Moechid, M.Sc, Ph.D, (II) Dr. Muladi, S.T, M.T.

 

Kata Kunci: model pembelajaran, pemrograman web PHP.

 

          Model pembelajaran yang tepat bagi siswa merupakan salah satu bentuk dukungan dari guru sebagai usaha untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Seperti diketahui guru adalah faktor penting dalam lingkungan belajar dan kehidupan siswa. Guru tidak hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan, akan tetapi juga sebagai rekan belajar, model, pembimbing, dan fasilitator. Pada saat ini guru tidak bisa mengajar tanpa menetapkan suatu model pembelajaran dalam kelasnya, oleh karena pemberian model pembelajaran di kelas diyakini dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

          Adapun kompetensi mata diklat produktif yang diangkat dalam penelitian ini merupakan salah satu ma­teri komputer sains di Jurusan Teknik Komputer Jaringan yang saat ini sangat dibutuhkan oleh dunia usaha/dunia industri (DU/DI) dan masyara­kat. Mata diklat ini diprediksi akan menjadi kecenderungan ka­rena tek­nologi tersebut berbasis teknologi internet, yaitu Pemrograman Web PHP (Personal Home Page).

          Penelitian ini menerapkan tiga model pembelajaran yaitu Independent Learning, Cooperative Learning type Jigsaw, dan Contextual Teaching and Learning pada siswa berprestasi tinggi yang dikategorikan siswa laki-laki dan siswa perempuan. Pemisahan kategori tersebut diduga menjadi salah satu faktor penentu untuk meningkatkan hasil belajar siswa selain model pembelajarannya. Karena secara psikologis siswa laki-laki dan siswa perempuan memiliki karakteristik dan cara penanganan yang berbeda, sehingga dimungkinkan jika diberikan suatu sistem pembelajaran baru akan dapat memperbaiki dan mengakomodasi pola pikir serta pola belajar mereka, sehingga diperoleh hasil belajar yang optimal.

           Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Tercatat nilai rerata tertinggi kompetensi pada masing-masing model pembelajaran, yaitu sebesar 8,98 untuk model pembelajaran Independent Learning, 8,91 untuk model pembelajaran Cooperative Learning dan 9,44 pada model pembelajaran Contekstual Teaching and Learning. Siswa berprestasi tinggi (laki-laki dan perempuan) sangat berpengaruh terhadap pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Hal tersebut dapat diketahui dari nilai Fhitung sebesar 22,39 yang lebih besar dari Ftabel dengan tingkat kesalahan 5% yaitu sebesar 3,92 dan pada tingkat kesalahan 1% sebesar 6,85. Dan terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran dengan Prestasi belajar tinggi (laki-laki dan perempuan) terhadap pencapaian kompetensi Pemrograman Web PHP. Dari uji scheffe ditemukan bahwa taraf signifikansi tertinggi sebesar 29,4 dari limabelas kombinasi yang ada.

           Dari temuan penelitian ini disarankan agar