DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pemanfaatan Internet, Kondisi Komputer, dan Rasio Komputer dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN Kota Kediri Tahun 2009

EKO WAHYU LISTIONO

Abstrak


 

  ABSTRAK

Listiono, Eko Wahyu, 2010. Hubungan Pemanfaatan Internet, Kondisi Komputer, dan Rasio Komputer dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN Kota Kediri Tahun 2009. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. H.A. Sonhadji K.H, M.A, Ph.D., (II) Drs. Wahyu Sakti Gunawan Irianto, M.Kom.

 

Kata Kunci: internet, komputer, prestasi belajar

            Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, baik bersifat internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi IQ, bakat, minat dan karakteristik kepribadian siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah. Salah satu sarana pendukung pembelajaran di sekolah adalah laboratorium internet.

       Penelitian ini dilaksanakan untuk memahami lebih dalam tentang; (1) bagaimanakah siswa memanfaatkan internetdi sekolah, (2) bagaimanakah hubungan pemanfaatan internet dengan prestasi belajar siswa, (3) bagaimanakah hubungan kondisi komputer dengan prestasi belajar siswa (4) bagaimanakah hubungan rasio komputer dengan prestasi belajar siswa.

            Jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Unit analisisnya terdiri dari tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian sebanyak 135 orang, dengan rincian 30 orang sebagai subjek uji coba instrumen dan 105 orang sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan melalui angket dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial korelasi product moment dan dihitung menggunakan bantuan program SPSS For Windows release 10.

                 Berdasarkan hasil uji statistik hasil penelitian menunjukkan (1) sebagian besar (63,23%) siswa telah memanfaatkan laboratorium  internet sekolah  dengan baik, (2) sebagian besar (65,67%) kondisi komputer yang terhubung dengan jaringan internet berkategori baik, (3) sebagian besar (71,786%) rasio jumlah komputer yang terhubung jaringan internet dengan jumlah siswa berkategori baik, (4) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 pada umumnya (78,023%) berkategori lulus cukup, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet dengan prestasi belajar siswa, (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi komputer dengan prestasi belajar siswa, (7) terdapat ubungan yang signifikan antara rasio komputer dengan prestasi belajar siswa.

                 Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet, kondisi komputer, dan rasio komputer dengan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMKN Kota Kediri.

            Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan pada (1) siswa untuk meningkatkan mengakses internet di luar jam sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar minimal 6 kali seminggu, dan selalu berkonsultasi dengan guru melalui internet, (2) guru agar senantiasa memberi motivasi pada siswanya tentang pentingnya belajar untuk meraih prestasi serta memberi tugas –tugas tambahan yang harus diambil dan dikirim melalui internet, (3) Orang tua siswa hendaknya memfasilitasi anaknya dalam mengakses internet dengan menyediakan uang tambahan atau berlangganan internet di rumah serta mengontrol dan mengawasi

anaknya dalam hal penggunaan internet, (4) kepala sekolah hendaknya segera mengambil kebijakan untuk menambah jumlah jam dan frekuensi/intensitas pemanfaatan internet oleh siswa di luar jam pelajaran praktek melalui kegiatan ekstra kurikuler, menambah bandwidth internet di sekolahnya, dan menambah jumlah komputer yang terhubung dengan internet sehingga rasionya menjadi satu siswa satu komputer (5) Dinas Pendidikan Kota Kediri diharapkan memprioritaskan usulan dari  sekolah tentang penambahan jumlah sarana dan fasilitas praktek di laboratorium internet SMKN  yang masih kurang, agar siswa dapat meningkatkan intensitasnya mengakses internet di sekolah, (6) peneliti selanjutnya untuk penelitian lanjutan tentang pengaruh pemanfaatan internet sebagai sarana pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan variabel yang lebih kompleks dan populasi yang lebih besar.