DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Pemanfaatan Internet, Kondisi Komputer, dan Rasio Komputer dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Produktif Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMKN Kota Kediri Tahun 2009. (Tesis)

Eko Wahyu Listiono

Abstrak


Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, baik bersifat internal maupun eksternal. Faktor internal meliputi IQ, bakat, minat dan karakteristik kepribadian siswa. Sedangkan faktor eksternal meliputi, lingkungan keluarga, lingkungan masyarakat, dan lingkungan sekolah. Salah satu sarana pendukung pembelajaran di sekolah adalah laboratorium internet.

Penelitian ini dilaksanakan untuk memahami lebih dalam tentang; (1) bagaimanakah siswa memanfaatkan internetdi sekolah, (2) bagaimanakah hubungan pemanfaatan internet dengan prestasi belajar siswa, (3) bagaimanakah hubungan kondisi komputer dengan prestasi belajar siswa (4) bagaimanakah hubungan rasio komputer dengan prestasi belajar siswa.

Jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional. Unit analisisnya terdiri dari tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Populasi penelitian sebanyak 135 orang, dengan rincian 30 orang sebagai subjek uji coba instrumen dan 105 orang sebagai subjek penelitian. Data yang dikumpulkan melalui angket dianalisis dengan menggunakan statistik inferensial korelasi product moment dan dihitung menggunakan bantuan program SPSS For Windows release 10.

Berdasarkan hasil uji statistik hasil penelitian menunjukkan (1) sebagian besar (63,23%) siswa telah memanfaatkan laboratorium  internet sekolah  dengan baik, (2) sebagian besar (65,67%) kondisi komputer yang terhubung dengan jaringan internet berkategori baik, (3) sebagian besar (71,786%) rasio jumlah komputer yang terhubung jaringan internet dengan jumlah siswa berkategori baik, (4) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran produktif semester ganjil tahun ajaran 2008/2009 pada umumnya (78,023%) berkategori lulus cukup, (5) terdapat hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet dengan prestasi belajar siswa, (6) terdapat hubungan yang signifikan antara kondisi komputer dengan prestasi belajar siswa, (7) terdapat ubungan yang signifikan antara rasio komputer dengan prestasi belajar siswa.

Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan internet, kondisi komputer, dan rasio komputer dengan prestasi belajar siswa kelas III pada mata pelajaran produktif program keahlian teknik komputer dan jaringan di SMKN Kota Kediri.

Berdasarkan kesimpulan di atas disarankan pada (1) siswa untuk meningkatkan mengakses internet di luar jam sekolah untuk meningkatkan prestasi belajar minimal 6 kali seminggu, dan selalu berkonsultasi dengan guru melalui internet, (2) guru agar senantiasa memberi motivasi pada siswanya tentang pentingnya belajar untuk meraih prestasi serta memberi tugas -tugas tambahan yang harus diambil dan dikirim melalui internet, (3) Orang tua siswa hendaknya memfasilitasi anaknya dalam mengakses internet dengan menyediakan uang tambahan atau berlangganan internet di rumah serta mengontrol dan mengawasi

anaknya dalam hal penggunaan internet, (4) kepala sekolah hendaknya segera mengambil kebijakan untuk menambah jumlah jam dan frekuensi/intensitas pemanfaatan internet oleh siswa di luar jam pelajaran praktek melalui kegiatan ekstra kurikuler, menambah bandwidth internet di sekolahnya, dan menambah jumlah komputer yang terhubung dengan internet sehingga rasionya menjadi satu siswa satu komputer (5) Dinas Pendidikan Kota Kediri diharapkan memprioritaskan usulan dari  sekolah tentang penambahan jumlah sarana dan fasilitas praktek di laboratorium internet SMKN  yang masih kurang, agar siswa dapat meningkatkan intensitasnya mengakses internet di sekolah, (6) peneliti selanjutnya untuk penelitian lanjutan tentang pengaruh pemanfaatan internet sebagai sarana pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa dengan variabel yang lebih kompleks dan populasi yang lebih besar.

Abstract:

 

The achievement of Student learning influenced by many factors, either having the character of internal and also external. Internal factor consist  of IQ, talent, enthusiasm and student personality characteristic. While external factor consisted  of, family environment, public environment, and school environment. One of the supporting facilitiy for learning process in the school is internet laboratory.

This research conducted for understanding deeper about; (1) how the student use the internet in the school, (2) how the relationship between the internet usage and the achievement of student learning, (3) how the relationship  between the condition of computer and the achievement of student learning (4) how the relationship of the computer ratio with achievement of student learning.

Approach type which applied is quantitative research by using descriptive

correlation. The analysis unit consisted of three independent variables and one

dependent variable. The population of research are 135 people, it consists of 30 as

instrument testing subject and 105 people as research subject. The files which are

collected through questionnaires were analyzed using inferential statistics product

moment correlation and it was calculated using SPSS For Windows release 10.

Based on statistic test result result of the research shows (1) most of student (63,23%) have used the school internet laboratory well, (2) most of the computers that connected in internet (65,67%) have good condition category, (3) the ratio of computers that connected in internet network  and number of students mostly have good category (71,786%) , (4) the achievement of student learning in productive subject at 2008/2009 odd semester period generaly (78,023%) has satisfying graduate , (5) there is a significant relationship between the usage of internet and the achievement of student learning, (6) there is a significant relationship between the condition of computers and the achievement of student learning, (7) there is a significant relationship between computer ratio and the  achievement of student learning.

From the result of research is obtained conclusion that there is a significant relationship of the internet usage, the condition of computer, and the computer ratio with the student learning achievement of 3rd class in productive subject, for computer technique and network skill program in SMKN Kediri.

Based on above conclusion suggested to (1) student to increase the use of internet outside school time, in order to increase the achievement of learning, minimally 6 times a week, and always counsels to the teacher through internet, (2) teacher always gives motivation to the student about the importance of learning in order to reach for achievement and gives addition duties which must be taken and sent by internet, (3) parents should facilitate the student in accessing internet by providing additional money or subscribe the  internet in their house and also controls and observes the chlidren in the case of internet usage, (4) headmaster shall take policy soon add number of time and intensity of internet usage by student outside the practice time, through extra curricular activity, adds the internet bandwidth in the school, and adds number of computers that connected in internet so that the ratio becomes one student one computer, (5) department of Education Kediri is expected to give priority the proposal from the school about the addition number of supporting facilities for practical work in internet laboratory of SMKN which is still less, in order that student can increase the intensity of accessing internet in the school, (6) the next researcher continue the research about influence of internet usage as the supporting facility for studying toward the achievement of student learning by using more complex variables and larger populations.