DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V SD Islam Sabilillah Malang. (Tesis)

Idi Rathomy Baisa

Abstrak


Di dunia pendidikan, banyak dikenal berbagai macam media pembelajaran yang dapat dipilih dan diterapkan dalam proses belajar mengajar dikelas. Saat ini, dunia teknologi dan informasi berkembang sangat cepat dan merambah ke semua sektor kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pendidikan yang identik dengan sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya, telah banyak memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai salah satu alternatif penyedia sarana dan prasarana belajar berupa media pembelajaran berbasis teknologi agar suasana belajar menjadi kondusif untuk mencapai tujuan belajar.Penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi,memfasilitasi siswa agar lebih mudah memahami pelajaran dan akhirnya dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitifnya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1)pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap  keterampilan berpikir kritis, 2) pengaruh pene-rapan media pembelajaran berbasis web terhadap kemampuan kognitif, 3) pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis, 4) pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan kognitif, 5) pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis, 6) pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan kognitif, dan 7) persepsi siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang terhadap penerapan media pembelajaran berbasis web.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Pretest-posttest Nonequivalent Control Group.Untuk mengetahui perbedaan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, rancangan penelitian  ini menggunakan rancangan faktorial 2 X 2.

            Hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan akademik adalah sebagai berikut:1) ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis web memiliki nilai 20,3% lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan Lembar Kegiatan Siswa, Secara deskriptif terjadi kenaikan rerata nilai untuk masing-masing indikator keterampilan berpikir kritisnya, 2) ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap kemampuan kognitif. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis web memiliki nilai 14,33% lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan Lembar Kegiatan Siswa, 3) ada pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil uji lanjut juga menunjukkan bahwa kemampuan akademik tinggi memiliki nilai 20,3% lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan akademik rendah, 4) ada pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan kognitif. Hasil uji lanjut juga menunjukkan bahwa kemampuan akademik tinggi memiliki nilai 7,33% lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan akademik rendah, 5) tidak ada pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang berkemampuan akademik tinggi maupun siswa yang berkemampuan akademik rendah karena nilainya dalam kategori baik sekali, dan 6) tidak ada pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dan kemampuan akademik  terhadap kemampuan kognitif, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan kemampuan kognitif siswa yang berkemampuan akademik tinggi maupun siswa yang berkemampuan akademik rendah karena nilainya dalam kategori baik sekali dan baik. Persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis web adalah siswa merasa mudah mengoperasikan, menarik, dan menyenangkan.

Beberapa saran terkait dengan hasil penelitian antara lain: 1) bagi para guru, media pembelajaran berbasis web dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih media pembelajaran berbasis komputer, 2) bagi peneliti lanjutan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam melakukan penelitian lanjutan atau pengembangan dengan cara mengintegrasikan penerapan media pembelajaran berbasis web dengan strategi pembelajaran kooperatif, dan 3) bagi sekolah atau lembaga pendidikan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dalam mengambil keputusan pengembangan media pembelajaran berbasis web secara terpadu antar bidang studi yang dikemas secara online di website sekolah.

Abstract:

 

In education world, there are many kinds of learning media that can be chosen and applied in the teaching and learning process in class. Nowadays, the world of information and technology grows rapidly and influences to all sector of life, including education world. Education, which is identical with school and the other formal institution, has made used the development of information and technology as one of learning media alternative in order to create conducive learning atmosphere to come to the learning goal. The application of information and technology-based learning media facilitates students to get easier in comprehending the subject, so that to increase the critical thinking skill and cognitive ability.

            This research is done in order to know: 1) the influence of the application of web-based learning media to the critical thinking, 2) the influence of the application of web-based learning media to cognitive ability, 3)  the influence of academic ability to the critical thinking skill, the influence of academic ability to the critical thinking skill, 4) the influence of academic ability to cognitive ability, 5) the influence of the interaction between the application of web-based learning media and academic ability to the critical thinking skill, 6) the influence of the interaction between the application of web-based learning media and academic ability to cognitive ability, and 7) student's grade V SD Islam Sabilillah Malang perception toward the application of web-based learning media.

            Research design used is quasi experimental research with the design of Pretest-posttest Nonequivalent Control Group. To know the difference of independent variable's influence to the dependent variable, this research design employed factorial design 2x2.

            The research result of the influence of the application of web-based learning media to the critical thinking and academic ability are: 1) there is an influence in the application of web-based learning media to the critical thinking. Further examination shows that the application of web-learning media has 20,3% higher score than the application of Student's Activity Sheet (LKS). Descriptively, there is an increasing mean score in each indicator of the critical thinking ability, 2) there is an influence in the application of  web-based learning media to cognitive ability. Further examination shows that the application of learning media has 14,33% higher score than the application of Student's Activity Sheet (LKS), 3) there is an influence in academic ability to the critical thinking. Further examination also shows that high academic ability has 20,3% higher score than low academic ability, 4) there is an influence in academic ability to cognitive ability. Further examination also shows that high academic ability has 7,33% higher score than lower academic ability, 5) there is no influence in the interaction between the application of web-based learning media and academic ability to the critical thinking of students with high academic ability and students with low academic ability because the score in the category is very good, and 6) there is no influence in the interaction between the application of web-based learning media and academic ability to cognitive ability , which is means that there is no difference in the cognitive ability of students with high academic ability and students with low academic ability because the score in the category is very good. Students' perception toward web-based learning media are students fell that they can operate it easily, it is interesting, and it is fun.

            The significance of the research are: 1) for the teacher, web-based learning media can be a consideration in choosing computer-based learning media, 2) for further research, the result of this research can be used as a reference in doing further research or development by integrating the application of web-based learning media and cooperative learning strategy, and 3) for school or educational institution, the result of this research can be used as a foundation in a decision making of web-based learning media integrated with the subject which is presented online in the school website.