DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V SD Islam Sabilillah Malang

idi rathomy baisa

Abstrak


<!-- /* Font Definitions */ @font-face {font-family:Batang; panose-1:2 3 6 0 0 1 1 1 1 1; mso-font-alt:바탕; mso-font-charset:129; mso-generic-font-family:auto; mso-font-format:other; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:1 151388160 16 0 524288 0;} @font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-1610611985 1107304683 0 0 159 0;} @font-face {font-family:"\@Batang"; panose-1:0 0 0 0 0 0 0 0 0 0; mso-font-charset:129; mso-generic-font-family:auto; mso-font-format:other; mso-font-pitch:fixed; mso-font-signature:1 151388160 16 0 524288 0;} /* Style Definitions */ p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; margin-bottom:.0001pt; mso-pagination:widow-orphan; font-size:12.0pt; font-family:"Times New Roman","serif"; mso-fareast-font-family:Batang; letter-spacing:-.6pt; mso-ansi-language:IN; mso-fareast-language:KO;} .MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:10.0pt; mso-ansi-font-size:10.0pt; mso-bidi-font-size:10.0pt; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-bidi-font-family:Arial;} @page Section1 {size:612.0pt 792.0pt; margin:72.0pt 72.0pt 72.0pt 72.0pt; mso-header-margin:36.0pt; mso-footer-margin:36.0pt; mso-paper-source:0;} div.Section1 {page:Section1;} -->

ABSTRAK

 

Baisa, Idi Rathomy. 2010. Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Web terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V SD Islam Sabilillah Malang.Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S. (II) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D

 

Kata Kunci: media pembelajaran berbasis web, keterampilan berpikir kritis, kemampuan akademik

 

Di dunia pendidikan, banyak dikenal berbagai macam media pembelajaran yang dapat dipilih dan diterapkan dalam proses belajar mengajar dikelas. Saat ini, dunia teknologi dan informasi berkembang sangat cepat dan merambah ke semua sektor kehidupan, termasuk dunia pendidikan. Pendidikan yang identik dengan sekolah dan lembaga pendidikan formal lainnya, telah banyak memanfaatkan perkembangan teknologi informasi sebagai salah satu alternatif penyedia sarana dan prasarana belajar berupa media pembelajaran berbasis teknologi agar suasana belajar menjadi kondusif untuk mencapai tujuan belajar.Penerapan media pembelajaran berbasis teknologi dan informasi,memfasilitasi siswa agar lebih mudah memahami pelajaran dan akhirnya dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kemampuan kognitifnya.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: 1)pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap  keterampilan berpikir kritis, 2) pengaruh pene-rapan media pembelajaran berbasis web terhadap kemampuan kognitif, 3) pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis, 4) pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan kognitif, 5) pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis, 6) pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dengan kemampuan akademik terhadap kemampuan kognitif, dan 7) persepsi siswa kelas V SD Islam Sabilillah Malang terhadap penerapan media pembelajaran berbasis web.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dengan rancangan Pretest-posttest Nonequivalent Control Group.Untuk mengetahui perbedaan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, rancangan penelitian  ini menggunakan rancangan faktorial 2 X 2.

            Hasil penelitian pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis dan kemampuan akademik adalah sebagai berikut:1) ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis web memiliki nilai 20,3% lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan Lembar Kegiatan Siswa, Secara deskriptif terjadi kenaikan rerata nilai untuk masing-masing indikator keterampilan berpikir kritisnya, 2) ada pengaruh penerapan media pembelajaran berbasis web terhadap kemampuan kognitif. Hasil uji lanjut menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran berbasis web memiliki nilai 14,33% lebih tinggi dibandingkan dengan penerapan Lembar Kegiatan Siswa, 3) ada pengaruh kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis. Hasil uji lanjut juga menunjukkan bahwa kemampuan akademik tinggi memiliki nilai 20,3% lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan akademik rendah, 4) ada pengaruh kemampuan akademik terhadap kemampuan kognitif. Hasil uji lanjut juga menunjukkan bahwa kemampuan akademik tinggi memiliki nilai 7,33% lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan akademik rendah, 5) tidak ada pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dengan kemampuan akademik terhadap keterampilan berpikir kritis, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang berkemampuan akademik tinggi maupun siswa yang berkemampuan akademik rendah karena nilainya dalam kategori baik sekali, dan 6) tidak ada pengaruh interaksi antara penerapan media pembelajaran berbasis web dan kemampuan akademik  terhadap kemampuan kognitif, yang berarti bahwa tidak ada perbedaan kemampuan kognitif siswa yang berkemampuan akademik tinggi maupun siswa yang berkemampuan akademik rendah karena nilainya dalam kategori baik sekali dan baik. Persepsi siswa terhadap media pembelajaran berbasis web adalah siswa merasa mudah mengoperasikan, menarik, dan menyenangkan.

Beberapa saran terkait dengan hasil penelitian antara lain: 1) bagi para guru, media pembelajaran berbasis web dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam memilih media pembelajaran berbasis komputer, 2) bagi peneliti lanjutan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan dalam melakukan penelitian lanjutan atau pengembangan dengan cara mengintegrasikan penerapan media pembelajaran berbasis web dengan strategi pembelajaran kooperatif, dan 3) bagi sekolah atau lembaga pendidikan, hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dalam mengambil keputusan pengembangan media pembelajaran berbasis web secara terpadu antar bidang studi yang dikemas secara online di website sekolah.