DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Sekolah Alam: studi kasus di SDI dan MTs Surya Buana Malang

Ely . Susilorini

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Susilorini, Ely. 2010. Manajemen Kurikulum dalam Mengembangkan Sekolah Alam:   

                  studi kasus di SDI dan MTs Surya Buana Malang. Tesis, Program Studi

                  Manajemen Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

                  Pembimbing : (I) Prof. Dr.H. Ibrahim Bafadal, M.Pd., (II) Prof. H.A. Sonhadji

                  K.H., M.A., Ph.D

 

 

Kata kunci : Manajemen, kurikulum, mengembangkan, sekolah alam.

 

Kurikulum merupakan bagian penting dari lembaga pedidikan atau sekolah, karena kurikulum merupakan sejumlah program pendidikan yang disajikan kepada peserta didik  pada masing-masing jenjang pendidikan, yang keberhasilannya banyak ditentukan oleh penerapanya di sekolah atau lembaga pendidikan terkait. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pengelolahan manajemen kurikulum, yaitu bagaimana perencanaan kurikulum, pengorganisasian kurikulum, pengimplementasian kurikulum, evaluasi kurikulum di sekolah Alam MTs Surya Buana Malang.

Penelitia ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan tiga cara yaitu, (1) wawancara mendalam, (2) observasi berperan serta, (3) dokumentasi. Pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif, dengan alur (a) reduksi data, (b) penyajian data (c) penarikan kesimpulan. Agar memperoleh keabsahan data dilakukan dengan empat kriteria: (1) kredibilitas, (2) trasnferbilitas, (3) dependenitas, (4) konfermabilitas.

Dari hasil paparan data di lapangan ditemukan sebagai berikut: pertama, Sekolah alam Surya Buana memiliki dokumen kurikulum KTSP yang disusun oleh pihak yayasan dan dikembangkan disesuaikan dengan visi dan misi sekolah, hal ini merupakan wujud dari perencanaan kurikulum di sekolah alam tersebut. Program perencanaan yang meliputi program tahunan, program semester, program jangka panjang dan menengah, pembuatan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kedua, pengorganisasian manajemen kurikulum di sekolah Alam MTs Surya Buana Malam berjalan dengan optimal dengan adanya pembagian tugas yang seimbang sehingga memaksimalkan kegiatan di sekolah alam ini.Ketiga, impementasi manajemen kurikulum yang diterapakan dalam kegiatan pembelajaran yang menyenangkan mengasikkan sekaligus mencerdaskan dapat dilaksanakan. Keempat evaluasi kurikulum di Sekolah Alam MTs Surya Buana Malang berjalan dengan optimal yakni terlaksananya kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh guru dalam setiap pembelajaran, pengayaan pada siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar, remidi pada siswa yang belum tuntas, pelaksanaan raport bulanan dan try out serta buku daftar perilaku siswa. Selain itu keberhasilan evaluasi manajemen kurikulum di Sekolah Alam MTs Surya Buana Malang juga dapat dilihat dari prestasi siswa dan kelulusan yang dicapai 100%.

 

i

Adapun saran berdasarkan temuan-temuan penelitian ini adalah, (1) bagi Departemen Agama dan Dinas pendidikan agar lebih aktif lagi peranannya dalam

kegiatan manajemen kurikulum di sekolah-sekolah dalam rangka menciptakan pendidikan yang bermutu bagi masyarakat. (2) Sekolah lain yang ingin menerapkan manajemen kurikulum sekolah alam agar dapat dijadikan informasi berharga tentang manajemen kurikulum yang difokuskan pada aspek perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi kurikulum.(3) bagi sekolah agar lebih meningkatkan lagi kreativitas dan kemandirian untuk melaksanakan manajemen kurikulum dan menemukan metode-metode baru dalam rangka penerapan manajemen kurikulum ke arah yang lebih baik. (4) peneliti lain agar melakukan penelitian lebih lanjut, mengenai  manajemen kurikulum di Sekolah Alam lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk menemukan metode-metode tentang perencanaan, pengorganisasian, implementasi, serta evaluasi manajemen kurikulum di Sekolah Alam.