DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Non Formal di Lingkungan Kraton: Studi Kasus di Pamulangan Dhalang Habirandha Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat

WAHYU NUGROHO

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Wahyu. 2009. Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Non Formal: Studi Kasus di Pamulangan Dhalang Habirandha Kraton Yogyakarta. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan. Program Pasca Sarjana Univeritas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof.Dr.H.Ibrahim Bafadal, M.Pd, (II) Prof.Dr.Willem Mantja, MPd.

 

Kata Kunci: pengelolaan kurikulum, pendidikan non formal. 

 

Pamulangan Dhalang Habirandha adalah salah jenis pendidikan non formal yang diselenggarakan oleh Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Lembaga  pendidikan ini didirikan pada tahun 1925 oleh raja Yogyakarta Sultan Hamengkubuana VIII. Untuk mengetahui pola pembelajaran di lembaga pendidikan tersebut, penulis melakukan penelitian terhadap pengelolan kurikulumnya. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap segenap fenomena dan peristiwa yang terjadi sehubungan dengan pengelolaan kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha, dengan rincian fokus (1) perencanaan kurikulum, (2) organisasi kurikulum, (3) implementasi kurikulum, dan (4) evaluasi kurikulum.

Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara mendalam, (2) observasi berperan serta, dan (3) studi dokumentasi. Sumber data adalah (1) unsur manusia, dengan informan kepala sekolah, pamong, siswa, abdi dalem, dan (2) unsur non manusia berupa dokumen yang relevan. Data yang diperoleh dianalisis dengan alur reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifkasi. Proses analisis dilakukan sejak memasuki latar penelitian.

Agar supaya temuan penelitian yang diperoleh valid dan dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, maka data dan hasil penelitian ini diuji kebenarannya dengan uji kredibilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. 

Hasil temuan yang  diperoleh penelitian ini adalah, perencanaan kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha dalam aplikasinya telah memenuhi prinsip dasar teori pengembangan kurikulum. Oleh karena komponennya terdiri tujuan, isi, aktivitas belajar, sumber, dan evaluasi. Namun, perencanaan kurikulum tidak berpedoman pada kalender pendidikan sehingga pengorganisasian kurikulum hanya berdasarkan kesepakatan kepala sekolah, pamong, dan siswa. Pola pembelajaran dengan sistem paket yang berpedoman pada buku Pedhalangan Ngayogyakarta Jilid I. Pembelajaran di kelas lebih banyak unsur praktik daripada teori. Kepala sekolah memilih dan menetapkan pamong-pamong pengajar sesuai dengan keahlian di bidangnya. Implementasi kurikulum mengalami hambatan, karena meskipun sarana penunjang lengkap, tetapi tidak didukung dengan prasarana yang baik.

ABSTRACT

 

Nugroho, Wahyu. 2009. The Management of the Curriculum of Non Formal Education: A case study at the ‘’Pamulangan Dhalang Habirandha’’ of the Palace of Yogyakarta. Thesis. Graduate Program in Education Management, State University of Malang. Advisors: (1) Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, MPd, (2) Prof. Dr. Willem Mantja, MPd.

 

Keywords: management curriculum, non formal education

 

 Pamulangan Dhalang Habirandha is one of non formal education held by the Palace of Yogyakarta. This school was built in 1925 by the king of Yogyakarta Sultan Hamengkubuana VIII. To know how the school managing the curriculum, the writer makes a research about it. This research is aimed at uncovering all about phenomenon and events in connection with the curriculum management that focused in (1) curriculum plan, (2) curriculum organization, (3) curriculum implementation, and (4) curriculum evaluation.

In order to obtain an in depth look at particular individual, situation, or set of materials of focus the research using qualitative approach with a case study design. The techniques used in collecting data were (1) in depth interview, (2) participatory observation, and (3) documentary study. The data sources were (1) the human components with the informants of the head master, teachers, students, and man-servant of the palace of Yogyakarta, and (2) non human component such as relevant documents. The data obtained were then analyzed through a flow of data reduction, data presentation, and conclusion drawing/verification. The process of analysis was done since the researcher entered into the site.

In order to get valid and accountable research findings, the research results were tested using credibility, dependability and conformability tests.

The obtained findings are as follows. The curriculum plan of ‘’Pamulangan Dhalang Habirandha’’ in practice has fulfilled basic theory of curriculum development. As the component consists of objective, content, learning activity, resources, and evaluation. However, the curriculum plan has not worked with academic calendar so that the organization of curriculum based on agreement among the head master, teachers, and students. The instructional has been held on modular system that the resource taken from the guideline book, Pedhalangan Ngayogyakarta. The instructional is designed by more practicing than theoretical concepts. The head master has chosen all teachers to teach in the respect of their background. Even though the instructional process is fully equipped with complete tools but the implementation of curriculum has been resisted by the limitation of infrastructure. 

 

Pengelolaan Kurikulum Pendidikan Non Formal

 

Wahyu Nugroho

 

Kata kunci: pengelolaan kurikulum, pendidikan non formal.

 

Pendidikan memiliki peran penting dalam memperadabkan umat manusia. Melalui pendidikan manusia dapat mewariskan sistem nilai, kepercayaan, dan norma-norma kepada masyarakat dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Proses enkulturasi dan sosialisasi adalah cara di mana setiap individu menyerap pada dirinya atau membudayakan segala unsur-unsur kebudayaannya dari kepercayaan, adat istiadat, nilai-nilai, norma sampai teknik, dan sistem-sistemnya (Kartodirdjo, 2005), sehingga dapat dikatakan bahwa semakin terdidik pribadi seseorang itu, maka semakin beradab pula perilakunya. Hal ini dapat dikatakan bahwa pendidikan adalah kegiatan penting yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Sejauh mata memandang sejauh itu pula manusia harus melengkapi dirinya dengan berbagai pendidikan. Tidak peduli apakah pendidikan itu berbentuk formal, non formal, maupun informal. Oleh karena ketiga bentuk pendidikan itu diakui dalam UU No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wacana pendidikan non formal di era globalisasi masih tetap relevan, meskipun temanya bernuansa budaya tradisional seperti Pamulangan Dhalang Habirandha yang diselenggarakan di Kraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Dengan adanya pamulangan ini bukan saja kraton berupaya tetap menanamkan nilai-nilai budaya tradisional di tengah masyarakat, tetapi juga berupaya membentengi budaya itu dari pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian bangsa.

Pamulangan Dhalang Habirandha sebagai jenis pendidikan non formal merupakan kegiatan yang kompleks, meliputi berbagai komponen yang berkaitan satu sama lain. Apabila pendidikan ingin dilaksanakan secara terencana dan teratur, maka berbagai elemen yang terlibat dalam kegiatan pendidikan perlu dikenali secara mendalam sehingga dapat difungsikan dan dikembangkan. Di sinilah persoalan pentingnya pendekatan sistem untuk mengkaji masalah-masalah, kelemahan, dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Pendekatan sistem itu dipandang sebagai gaya manajerial (managerial style). Pendekatan sistem dalam manajemen dan organisasi pendidikan adalah sebagai metode yang berkaitan erat dengan usaha-usaha pemecahan masalah pendidikan yang kompleks. Praktis pendekatan itu ialah memadukan berbagai unsur yang ada dengan menggunakan berbagai metode sehingga proses yang dilalui benar-benar dapat menunjang pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Model umum suatu organisasi sebagai suatu sistem menuntut adanya komponen masukan (input), transformasi, dan keluaran (output) (Nanang, 2004: 8).

Salah satu komponen yang mendasar dalam proses pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum merupakan alat yang esensial untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Institusi pendidikan diaktifkan oleh sebuah kurikulum (Oliva, 1992: 24). Kurikulum juga dapat dipandang sebagai rancangan pendidikan. Sebagai suatu rancangan, kurikulum menentukan pelaksanaan dan hasil pendidikan.

Akan tetapi, sebagai jenis pendidikan non formal, Pamulangan Dhalang Habirandha tentu memiliki karakteristik yang berbeda dari pendidikan formal.  Di antaranya pendidikan non formal memiliki derajat ketaatan dan keseragaman yang rendah dibanding pendidikan formal, demikian pula tentang bentuk dan isi program, serta teknik-teknik yang digunakan dalam mendiagnosis, merencanakan, dan mengevaluasi proses dan hasil program pendidikan juga berbeda (Sudjana,1991:13).

Penelitian ini difokuskan pada bagaimana pengelolaan kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha, yang meliputi bagaimana perencanaan, pengorganisasian, implementasi dan evaluasi kurikulumnya.

 

METODE

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus dengan metode observasi partisipan dan analisa induktif untuk menemukan makna dari fenomena pada latar penelitian. Sumber data dalam penelitian ini ialah kata-kata dan tindakan, sumber data tertulis, foto dan statistik. Untuk sumber data kata-kata dan tindakan yang diperoleh dari informasi para  informan yaitu orang-orang berada dalam lingkup latar penelitian yang mengetahui tentang Pamulangan Dhalang Habirandha. Dalam hal ini sumber data diperoleh dari informan kunci yaitu kepala sekolah yang menjadi pelaku utama di Pamulangan Dhalang Habirandha. Untuk menambah dan memperkuat data yang didapat dari informan kunci maka peneliti juga mencari informasi dari informan lainnya. Penentuan informan dilakukan dengan teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Teknik pelaksanaan penelitian dengan menetapkan key informant terlebih dulu, selanjutnya key informant itu memberikan petunjuk kepada informan lain

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah; (1) wawancara mendalam, (2) observasi partisipan, dan (3) studi dokumentasi. Data yang terkumpul dari ketiga teknik tersebut dianalisis secara berulang yang di dalamnya melibatkan kegiatan reduksi data, sajian data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. 

Setelah seluruh data dikumpulkan, peneliti mulai membaca, memahami dan menganalisis lebih lanjut secara intensif. Penganalisaan tersebut oleh Bogdan dan Biklen (1998) disebut analisis setelah pengumpulan data yaitu peneliti berusaha mengumpulkan, mengorganisasikan, menyortir, memberi kode dan menarik kesimpulan.  

Untuk menjamin kesahihan temuan yang berdampak dalam pemecahan masalah yang diteliti maka perlu dilakukan pengecekan keabsahan data. Menurut Lincoln & Guba (1985) pengecekan keabsahan data yang dilakukan meliputi uji kredibilitas data (credibility), uji kecocokan data (transferability), uji ketergantungan (dependability), dan uji penegasan (confirmability). Kredibilitas data dicek dengan triangulasi sumber, triangulasi metode, member chek, dan diskusi teman sejawat. Transferabilitas dilakukan peneliti dengan menyusun laporan secara rinci (thick description) untuk menjelaskan dan menafsirkan penelitian dengan penuh tanggungjawab secara akademis berdasarkan data dasar (data based). Bila pembaca memperoleh gambaran yang jelas tentang hasil penelitian dan dapat diterapkan pada situasi lain maka laporan dikatakan memenuhi stándar transferabilitas. Sedangkan dependabilitas dan konfirmabilitas diperoleh melalui pengauditan oleh dosen pembimbing.

 

 

HASIL

Berdasar hasil penelitian dan paparan data pada Pamulangan Dhalang Habirandha, perencanaan kurikulumnya adalah standardisasi pakem pedhalangan gaya Yogyakarta dengan materi yang sudah baku, sedangkan pola pembelajarannya dengan sistem paket. Sedangkan pelaksanaan pembelajaran lebih banyak menggunakan metode praktik.

Pengorganisasian kurikulumnya, kepala sekolah menyusun jadwal pembelajaran, jadwal piket pamong, dan daftar kehadiran siswa. Kepala sekolah juga menunjuk pamong bidang studi sesuai dengan kompetensi.

Dalam implementasi kurikulum, kepala sekolah berupaya meningkatkan mutu pembelajaran dengan menjalin kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang manifestasinya beberapa pamong sarjana seni diperbantukan untuk ikut mengajar di Habiarandha. Untuk mengetahui ketercapaian siswa dalam pembelajaran dilakukan evaluasi. Bagi siswa yang tidak naik kelas atau tidak lulus diberi kesempatan untuk ikut remidi.

Kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha tidak pernah dievaluasi, karena materinya sudah baku sejak pertama kali berdiri. Evaluasi kurikulum dikhawatirkan akan mengubah skenario cerita, yang akhirnya mengubah komposisi musik, sehingga pakemnya akan berubah.

 

 

 

PEMBAHASAN 

Perencanaan kurikulum adalah suatu proses ketika peserta dalam banyak tingkatan membuat keputusan tentang tujuan belajar, cara mencapai tujuan tersebut melalui situasi pembelajaran, serta penelaahan keefektifan dan kebermaknaan metode tersebut (Hamalik, 2007:171). Tanpa perencanaan kurikulum, sistematika berbagai pengalaman belajar tidak akan saling berhubungan dan tidak akan mengarah pada tujuan yang diharapkan. Terry (1968) menjelaskan bahwa planning (perencanaan) adalah tindakan mendeterminasi sasaran-sasaran dan arah tindakan yang diikuti. Perencanaan kurikulum merupakan tahap awal pengembangan kurikulum ketika pembuat kurikulum membuat keputusan dan melakukan tindakan membuat rencana yang akan dijalankan guru dan peserta didik. Perencanaan kurikulum merupakan tahap pemikiran atau perancangan (Oliva, 1992: 26).

Berdasarkan temuan penelitian, perencanaan kurikulum di Pamulangan Dhalang Habirandha, dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah dan pamong. Perencanaan kurikulum ini berfungsi sebagai pedoman yang berisi petunjuk tentang jenis dan sumber individu yang diperlukan, media pembelajaran yang digunakan, tindakan-tindakan yang perlu dilakukan, sumber biaya, tenaga, dan sarana yang diperlukan, sistem evaluasi, dan peran unsur-unsur ketenagaan untuk mencapai tujuan pengelolaan lembaga pendidikan (Rusman, 2009). Di samping itu perencanaan kurikulum dapat juga berfungsi sebagai pendorong untuk melaksanakan sistem pendidikan sehingga mencapai hasil optimal. 

Perencanaan kurikulum di Pamulangan Dhalang Habirandha diawali dengan penetapan tujuan pembelajaran. Menurut Tyler (1973) tujuan pembelajaran akan menentukan kriteria pemilihan sumber belajar, penguraian isi materi, prosedur-prosedur pembelajaran, dan penyiapan model evaluasi. Adapun tujuan pembelajaran Pamulangan Dhalang Habirandha adalah untuk menumbuhkan dan melestarikan kecintaan masyarakat terhadap seni pakeliran wayang purwa, karena diyakini bahwa seni pakeliran wayang purwa menyajikan pendidikan moral (Dokumen 75 tahun Pamulangan Dhalang Habirandha). Sasaran akhir yang diharapkan dari pamulangan ini adalah sebagai tempat pelatihan yang bermuara kepada terbentuknya pekerja seni, yaitu calon-calon dhalang dengan standard pakem pedhalangan gaya Yogyakarta. Berkaitan dengan rumusan tujuan pembelajaran Bloom et al (1964), membaginya dalam tiga domain, yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Domain kognitif berkenaan dengan kecakapan intelektual, afektif dengan kemampuan dan penguasaan segi-segi emosional, sikap dan nilai, sedang domain psikomotor dengan ketrampilan-ketrampilan. Pada tiap institusi pendidikan keilmuan tidak selalu memiliki bobot yang sama tentang ketiga domain tersebut. Lembaga pendidikan nonformal seperti Pamulangan Dhalang Habirandha, tentunya bobot domain psikomotor dan afektif lebih dominan daripada domain kognitif.

Mengacu pada tujuan pembelajaran di atas maka disusun isi kurikulum. Menurut Sudjana (1992), isi kurikulum Pendidikan Non Formal berpedoman pada kurikulum yang berpusat pada kepentingan peserta didik (warga belajar), mengutamakan aplikasi di mana penekanannya terletak pada ketrampilan yang bernilai guna bagi kehidupan peserta didik dan ligkungannya. Isi pokok kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha berasal dari buku Pedhalangan Ngayogyakata Jilid I. Materi tersebut diseleksi secara cermat oleh kepala sekolah, terutama difokuskan pada hal-hal yang praktis dan aplikatif. Oleh karena apabila semua isi buku itu tidak diseleksi sesuai kebutuhan, alokasi waktu belajar, dan lama pendidikan, maka tujuan pembelajaran tidak akan tercapai. Materi-materi seperti tata panggung bisa dipelajari sambil berjalan ketika para siswa mengganti batang pisang tiap dua minggu sekali. Tanpa dimasukkan ke dalam materi pokok, pamong bisa membelajarkan materi tata panggung secara tidak sengaja sebagai kurikulum tersembunyi (hidden curriculum). Sedangkan materi-materi yang bersifat teoritis bisa dipelajari siswa secara mandiri. 

Pembelajaran dilaksanakan dengan sistem paket, yaitu sistem pembelajaran yang mewajibkan siswanya menempuh seluruh materi yang diprogramkan pada setiap periode tahun ajaran sesuai dengan kurikulum yang telah disusun. Materi-materi saling berkaitan, kesemuanya sudah harus dikuasai pada tahun pertama kemudian di tahun ke dua dan ketiga untuk materi-materi yang lebih sulit, sehingga perencanaan harus matang agar tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.

Kegiatan pendidikan bisa berjalan efektif dan efisien apabila diorganisir dengan baik dan sistematis. Kurikulum sebagai tujuan akhir pendidikan atau hasil belajar yang diharapkan (intended learning outcomes) harus diorganisir dengan baik, karena pengorganisasian itu akan berpengaruh pada efisiensi pembelajaran dan menentukan keberhasilan tujuan pendidikan tingkat berikutnya (Tyler, 1973:83). Robbins (2003) mengatakan bahwa pengorganisasian adalah menentukan  tugas-tugas apa yang dilakukan, siapa melaporkan pada siapa, dan di mana keputusan akan diambil. Organisasi kurikulum sebagai suatu bentuk penyusunan materi pelajaran sangat erat kaitannya dengan tujuan pendidikan yang hendak dicapai.

Menurut Siagian (1991), pemimpin adalah penentu arah dalam organisasi, maka pengorganisasian guru-guru pada Pamulangan Dhalang Habirandha sangat penting karena mata pelajaran yang diajarkan berbeda-beda, bagaimana pengaturan guru-guru tentunya memerlukan pengaturan waktu dan jadwal dalam hal penggunaan berbagai fasilitas penunjang. Kepala sekolah Pamulangan Dhalang Habirandha menyusun sendiri jadwal pembelajaran kelas pemula A, pemula B, dan Madya, pembagian tugas mengajar pamong, jadwal piket pamong tiap malam, penunjukan pamong bidang studi, serta perencanaan-perencanaan yang lain.

Implementasi kurikulum Pamulangan Dhalang Habirandha adalah aktualisasi dari ide, konsep, dan program kurikulum seni pedhalangan, ke dalam praktik pembelajaran. Menurut Saylor, et al (1981) kurikulum dalam dimensi kegiatan adalah sebagai manifestasi dari upaya untuk mewujudkan dokumen kurikulum menjadi aktual dalam serangkaian aktivitas pembelajaran. Pembelajaran di dalam kelas merupakan tempat untuk melaksanakan dan menguji kurikulum. 

Pamulangan Dhalang Habirandha sebagai lembaga pendidikan nonformal yang memiliki misi untuk memajukan budaya tradisional dalam hal ini seni pedhalangan dan pewayangan, menjalin hubungan kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun bentuk manifestasi dari kerjasama ini adalah adanya bantuan beberapa pegawai dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan untuk membantu mengajar di Pamulangan Dhalang Habirandha. Para pegawai yang diperbantukan itu kesemuanya merupakan sarjana seni lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Kerjasama ini secara umum akan meningkatkan perkembangan seni pedhalangan dan pewayangan, secara khusus tentu saja akan memperbaiki pengelolaan kurikulum pendidikan dhalang di Habirandha. Oleh karena, para pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Yogyakarta itu, selain memiliki wawasan akademis juga menguasai metode-metode pembelajaran seni pedhalangan.

Evaluasi belajar di Pamulangan Dhalang Habirandha yang dilaksanakan setiap akhir tahun, bertujuan untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran. Pelaksanaan evaluasi dilakukan pada bulan Mei sampai bulan Juni tiap tahunnya. Menurut Tyler (1973:105) evaluasi merupakan proses untuk mengukur seberapa jauh pengalaman belajar yang diorganisasikan tercapai. Evaluasi berfokus pada upaya untuk menentukan tingkat perubahan yang terjadi pada hasil belajar. Hasil belajar tersebut diukur dengan tes. Tujuan evaluasi menurut Tyler, yaitu untuk menentukan tingkat perubahan yang terjadi, baik secara statistik, maupun secara edukatif. Bentuk evaluasi di Pamulangan Dhalang Habirandha berupa pengamatan terhadap praktik pakeliran tiap siswa.

Setiap hasil evaluasi akan menentukan suatu kesimpulan tentang efektifitas kurikulum dan hal-hal yang memerlukan perbaikan. Menurut Hamalik (2006), setelah kurikulum dimplementasikan beberapa waktu lamanya, dengan pengertian bahwa kurikulum selalu diupayakan dalam kondisi siap untuk dikembangkan dan diperbaiki kembali, demi penyempurnaan, maka kurikulum tersebut perlu diadakan penilaian secara menyeluruh.  

Pamulangan Dhalang Habirandha tidak pernah melakukan evaluasi kurikulumnya, karena beberapa alasan, pertama kurikulum pedhalangan itu materinya sudah baku karena tujuan pendidikannya adalah menghasilkan lulusan calon dhalang dengan standard pakem gaya Yogyakarta. Sehingga apabila alur ceritanya berubah akan berpengaruh pada tata musik dan pada pakem itu sendiri. Kedua, perubahan kurikulum juga akan berpengaruh pada pembentukan cerita dengan pakem baru yang akan dianggap menyimpang dari kebiasaan seni tradisi. Ketiga, perubahan kurikulum sudah tentu akan menghentikan atau mematikan seni tradisional, sehingga akan lahir karya-karya seni kontemporer yang keluar dari pakem seni pedhalangan. Karakteristik seni budaya tradisional tentu berbeda dengan ilmu-ilmu positivis yang cenderung berkembang mengikuti laju modernisasi. Sementara seni tradisional cenderung statis dari generasi ke generasi karena merupakan warisan peninggalan nenek moyang. Kalaupun pada masa sekarang ada inovasi di bidang seni pedhalangan, dengan penambahan alat-alat musik tertentu yang digabung dengan sistem multimedia maupun efek-efek khusus, hal itu tidak mengubah alur cerita pertunjukan wayang. Di sinilah perbedaan karakteristik antara pendidikan formal dan non formal, di mana pendidikan formal selalu taat asas sedangkan pendidikan non formal tidak terlalu mengikuti asas-asas formalistis karena pertimbangan-pertimbangan di atas. 

 

KESIMPULAN DAN SARAN

Berdasarkan fokus penelitian, temuan penelitian, dan temuan data dapat disimpulkan bahwa perencanaan kurikulum di Pamulangan Dhalang Habirandha, dilaksanakan secara kolaboratif antara kepala sekolah dan pamong. Adapun langkah-langkah perencanaan kurikulum meliputi, menentukan tujuan pembelajaran, menyusun isi kurikulum, penyusunan jadwal tanpa kelender pendidikan, materi-materi diorganisir sesuai jenjang kelasnya, dan pengelolaan pembelajaran dengan sistem paket.

Kepala sekolah di Pamulangan Dhalang Habirandha memiliki kewenangan penuh dalam mengorganisasikan kurikulum. Dalam pengorganisasian kurikulum kepala sekolah menentukan waktu pembelajaran malam hari, menyusun jadwal pembelajaran, menyusun jadwal piket pamong, dan memilih pamong bidang studi sesuai kompetensi di bidangnya. 

Dalam implementasi kurikulum, agar terjadi perbaikan mutu pembelajaran kepala sekolah menjalin kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang kemudian tindak lanjutnya adalah bantuan beberapa pamong sarjana seni untuk mengajar di Habirandha. Pada akhir tahun, untuk mengetahui ketercapaian pembelajaran dilakukan evaluasi berupa paraktik pakeliran.

Evaluasi kurikulum tidak pernah dilakukan di Pamulangan Dhalang Hbirandha, karena materi pelajaran sudah baku. Bahkan semua cerita pewayangan alurnya sudah baku. Perubahan kurikulum akan mengubah kebakuan cerita, tata musik, yang akhirnya mengubah pakem itu sendiri.

 

SARAN

Berdasarkan temuan penelitian ini, sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap mutu pengelolaan kurikulum pendidikan non formal disarankan beberapa hal sebagai berikut:

Meskipun Pamulangan Dhalang Habirandha suatu program pendidikan yang berupaya untuk melestarikan pakem pedhalangan gaya Yogyakarta, tetapi agar para siswa memperoleh pengayaan materi, Pamulangan Dhalang Habirandha perlu membuka diri terhadap pakem-pakem pedhalangan lain.

Secara akademis penelitian masalah Pendidikan Non Formal masih sangat jarang sehingga masih diperlukan penelitian serupa agar memperkaya perbendaharaan konsep dan teori Pendidikan Non Formal.

Pamulangan Dhalang Habirandha sampai saat ini sudah berusia 85 tahun, tetapi dengan segala keterbatasannya mampu bertahan sampai sekarang. Padahal tidak menutup mata, pada masa sekarang banyak sekolah-sekolah formal yang gulung tikar akibat kekurangan siswa. Oleh karena itu seharusnya Departemen Pendidikan Nasional dalam hal ini Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal mengupayakan penyelenggaraan model-model Pendidikan Non Formal serupa yang keberadaannya selalu diminati masyarkat.  

Penelitian ini dapat dijadikan rujukan dalam meneliti Pendidikan Non Formal, khususnya seni pedhalangan. Namun, penelitian ini memiliki sejumlah keterbatasan, karena itu peneliti lain disarankan untuk mengungkap lebih dalam tentang sekolah pedhalangan dengan fokus lan yang lebih terarah. 

 

 

DAFTAR RUJUKAN

 

Bogdan R.C., Biklen S.K. 1990. Riset Kualitatif Untuk Pendidikan: Pengantar ke Teori dan Metode. Alih Bahasa Munandir. Jakarta: PAU UT.

 

Dokumen 75 tahun Pamulangan Dhalang Habirandha.

 

Fattah, N.2001. Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

 

Guba, E.G., Lincoln, Y.S. 1981.Effective Evaluation: Improving The Useful of Evaluation Result, Though Responsive and Naturalistic Approaches. San Fransisco, California:Josey-Bass Inc. Publisher.

 

Hamalik, H.O. 2008. Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

 

Kartodirjo, S. 2005. Sejak Indische Sampai Indonesia. Jakarta: Kompas.

 

Mujanattistomo, R.M., et al. 1977. Pedhalangan Ngayogyakarta Jilid I. Yogyakarta: Yayasan Habirandha.

 

Oliva, P. 1992. Developing The Curriculum. New York: Harper Collins Publisher Inc.

 

Rusman. 2009. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

 

Sudjana, N. 2004. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah. Bandung: Sinar Baru.

 

Sudjono, D. 2000. Manajemen Program Pendidikan untuk Pendidikan Luar Sekolah dan Pengembangan Sumber Daya Alam. Bandung: Falah Production.

 

Terry, G.R. 1968. Principles of Management. Homewood: Richard D. Irwin, Inc.

 

Tyler, R.W. 1973. Basic Principles of Curriculum and Instruction. Chicago: The University of Chicago Press.

 

Undang Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.