DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Belajar Ekonomi Indonesia Untuk Orang Tua Dalam Mendidik Anak Usia Dini Di Lingkungan Keluarga

Mohammad Farih Fahmi

Abstrak


ABSTRAK

Ekonomi menjadi hal penting yang harus diketahui oleh setiap orang. Khususnya bagi orang tua dalam mengelola ekonomi keluarga. Namun tidak semua orang tua mempunyai wawasan yang baik tentang ekonomi. Orang tua yang memiliki wawasan ekonomi yang rendah akan berdampak pada kesulitan dalam mengelola sumber daya ekonomi yang dimiliki. Selain itu, dengan kurangnya wawasan tersebut akan berdampak pada pendidikan perilaku ekonomi yang baik kepada anaknya. Untuk Melakukan pendidikan ekonomi dilingkungan keluarga dengan segala keterbatasan wawasan yang dimiliki orang tua maka diperlukan sebuah pegangan bagi orang tua dalam meningkatkan wawasannya ekonomi dan bagaimana mendidik perilaku ekonomi anak usia sejak dini. sehingga, dengan alasan tersebut disusunlah buku belajar ekonomi Indonesia ini.  Dalam penelitian pengembangan buku belajar ekonomi ini peneliti menggunakan sembilan tahapan-tahapan diantaranya penelitian awal, perencanakan penelitian, mendesain produk awal, uji coba lapangan tahap awal dan akhir, kemudian revisi kelemahan dari hasi produk yang sedang di uji cobakan baik tahap awal maupun tahap akhir.

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa buku ekonomi keluarga yang memuat tentang literasi ekonomi yang berwawasan Indonesiaan dan bagaimana cara berperilaku ekonomi dengan baik yang memungkinkan bisa diajarkan oleh orang tua dirumah secara mandiri kepada anaknya yang masih berusia dini. Hasil penelitian yang dilakuakan oleh peneliti menunjukkan bahwa uji kelayakan yang dilakukan pada tiga tahap memeperoleh persentase kelayakan sebesar 70,1 persen untuk uji perorangan, dan untuk uji lapangan awal memperoleh persentase sebesar 73 persen dan 80,3 persen untuk uji lapangan akhir. Sedangkan untuk hasil validasi dari tim ahli baik ahli desain dan ahli materi menunjukkan persentase sebesar 83,3 persen dari validasi materi dan 84,1 persen dari hasil validasi ahli desain buku belajar eknomi Indonesia.

Hasil penelitian dari pelaksanaan validasi dan uji kelayakan buku dapat disimpulkan bahwa buku belajar ekonomi Indonesia untuk orang tua dalam mendidik anak usia dini dilungkungan keluarga memperoleh hasil dengan kategori valid atau layak namun masih perlu revisi. Saran pemanfaatan buku ekonomi keluarga ini adalah agar orang tua yang mempunyai anak usia dini menjadikan buku ini sebagai alternatif rujukan ekonomi dan mendidik perilaku ekonomi anak dan menggunakan buku ini dengan dibaca dari awal hingga akhir dengan baik karena buku yang dikembangkan ini mulai bagian satu sampai empat saling terkait dan memberikan pengetahuan yang runtut