DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Ayo ke Bank Melalui Budaya Menabung Menggunakan Animasi Tiga Dimensi Untuk Anak

Rhangga Adian Putra

Abstrak


ABSTRAK
Putra, Rhangga Adian. 2010. Perancangan Iklan Layanan Masyarakat Gerakan Ayo ke Bank Melalui Budaya Menabung Menggunakan Animasi Tiga Dimensi Untuk Anak. Skripsi, Program Studi Desain Komunikasi Visual FS Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Imam Muhadjir, (II) Moch. Abdul Rahman, S.Sn, M.Sn.
Kata kunci: perancangan, animasi, iklan layanan masyarakat, menabung, anak
Pembudayaan menabung di bank, merupakan poin perhatian dalam program Gerakan Ayo Ke Bank yang dicanangkan pemerintah sejak tahun 2008. Dalam segi perekonomian, menabung merupakan elemen penting untuk pembentukan kapital. Konsep menabung perlu dikenalkan kepada anak-anak sejak dini salah satunya dalam bentuk iklan layanan masyarakat.
Dari uraian tersebut disimpulkan akan pentingnya menggalakkan dan menanamkan budaya menabung di masyarakat terutama pada anak-anak. Oleh karena itu maka diperlukan suatu rancangan media yang efektif untuk memotivasi anak-anak agar gemar menabung yaitu iklan layanan masyarakat dalam bentuk animasi 3D.Tujuan dari perancangan ini adalah menghasilkan iklan layanan masyarakat tentang gemar menabung dengan target audien anak-anak.
Metode perancangan yang digunakan bertolak dari model perancangan prosedural. Data yang digunakan terdiri atas data pustaka dan data lapangan. Data pustaka dikumpulkan dengan metode observasi dan dokumentasi. Data lapangan dikumpulkan dengan wawancara.
Adapun proses perancangan Iklan Layanan Masyarakat ini terdiri dari pencarian data dan fakta pendukung, perancangan konsep kreatif, proses produksi dan perancangan media pendukung.
Rancangan yang dihasilkan berupa Iklan Layanan Masyarakat dengan durasi 45 detik, menggunakan format animasi 3D serta mengusung pesan pokok tentang budaya menabung di Bank Desain animasi berkarakter Barat, kartunal, dengan mengambil tema “Ayo Menabung” dan menggunakan cerita singkat. Sofware yang digunakan adalah 3D Max, Adobe Photoshop dan Adobe Premier.
Diharapkan dengan hadirnya Iklan Layanan Masyarakat ini, anak-anak mulai membiasakan diri untuk menabung ke Bank. Dan untuk semakin memantapkan pesan tersebut diperlukan pula media-media pendukung lain untuk mengkampanyekan Gerakan Ayo ke Bank dan membudayakan masyarakat untuk menabung. Akan tetapi media yang dihasilkan dari perancangan ini belum melalui tahap ujicoba, karena itu belum diketahui keefektifannya. Untuk itu disarankan dilakukan ujicoba agar diketahui tingkat keefektifan dan kelebihan media tersebut.
iii