DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Peta Konsep dan Motivasi Belajar terhadap Kualitas cerita Pendek Karya Siswa.

IGNATIUS AGUS BUDIONO

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengaruh Penggunaan Peta Konsep dan Motivasi Belajar terhadap Kualitas cerita Pendek Karya Siswa.

Budiono, Ignatius, Agus. 2016. Pengaruh  Penggunaan Peta Konsep dan Motivasi Belajar  terhadap Kualitas cerita Pendek Karya Siswa. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (1) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng M.Pd., (2) Prof. Dr. I Wayan Ardhana MA., (3) Prof. Dr. Imam Suyitno M.Pd.

Kata kunci: peta konsep, motivasi belajar, dan  cerita pendek .

Penelitian ini bertujuan  untuk mengkaji pengaruh penggunaan peta konsep dan motivasi belajar terhadap kualitas cerita pendek karya siswa. Penggunaan peta konsep diharapkan akan membantu siswa mengembangkan ide-ide dan gagasan yang kreatif, sehingga mampu menuliskan pengalaman hidupnya dalam sebuah teks narasi cerita pendek yang berkualitas.

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen kuasi. Kedua kelompok mendapat perlakuan berbeda. Kelompok yang pertama dalam menulis cerpen menggunakan metode peta konsep sedangkan kelompok yang kedua menggunakan metode kerangka karangan. Dengan demikian desain eksperimen penelitian merupakan  versi dari  nonequivalent pre-test and post-test control-group design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IX A di SMP Santo Yusup Kota Mojokerto dan SMP Santo Yusup Pacet, Kabupaten Mojokerto. Jumlah subyek penelitian sebanyak  64 siswa yang terbagi dalam 2 kelompok, 32 siswa pada kelompok eksperimen dan 32 siswa pada kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument yang terdiri dari kuisioner untuk menentukan motivasi belajar siswa, dan instrument test non obyektif untuk mengukur kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek. Data analisis dengan analisis deskriftif dan ANOVA (2x2) dengan taraf signifikan 0,05. Perhitungan menggunakan program IBM SPSS versi 20 for windows.

Dari hasil penelitian pengaruh peta konsep terhadap kualitas cerita pendek karya siswa menunjukkan, bahwa harga F = 94.919 dengan signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.  Dengan demikian H0­ ditolak, atau ada perbedaan kualitas cerita pendek karya siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan metode peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode kerangka karangan. Hasil perhitungan pengaruh motivasi belajar terhadap kualitas cerita pendek karya siswa  menunjukkan bahwa harga F = 158.716 dengan signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05.  Dengan demikian H0­ ditolak atau ada perbedaan yang signifikan kualitas cerita pendek karya siswa antara siswa yang mempunyai motivasi tinggi dan siswa yang mempunyai motivasi rendah. Hasil perhitungan  interaksi antara penggunaan peta konsep dan motivasi belajar menunjukkan bahwa harga F = 5.797 dengan signifikansi 0,019 yang lebih kecil dari 0,05.  Dengan demikian H0­ ditolak atau ada interaksi yang signifikan antara penggunaan peta konsep dan motivasi belajar terhadap kualitas cerita pendek karya siswa.

 

Berdasarkan  penjelasan  di atas dapat disimpulkan bahwa: 1) ada perbedaan yang signifikan kualitas cerita pendek karya siswa antara siswa yang dibelajarkan dengan peta konsep dengan siswa yang dibelajarkan dengan metode kerangka karangan. (2) ada perbedaan yang signifikan kualitas cerita pendek karya siswa antara siswa yang mempunyai motivasi belajar tinggi dan siswa yang mempunyai motivasi belajar  rendah, (3) ada interaksi yang signifikan antara penggunaan peta konsep dan motivasi belajar terhadap kualitas cerita pendek karya siswa.   Penggunaan peta konsep akan menghasilkan kualitas cerita pendek yang lebih baik lagi  jika motivasi belajar siswa tinggi. Jika motivasi belajar siswa rendah maka belum tentu kualitas cerita pendek siswa menjadi lebih baik.