DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Kognitif, dan Sikap terhadap Hasil Belajar Pemecahan masalah Matematika.

SUDARMAN . SUDARMAN

Abstrak


ABSTRAK

Sudarman. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran, Gaya Kognitif, dan Sikap terhadap Hasil Belajar Pemecahan masalah Matematika. Disertasi, Program Studi Teknologi Pembelajaran, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Prof. Dr. Punaji Setyosari, M.Ed., M.Pd., (II) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd., (III) Dr. Wasis Djoko Dwiyogo, M.Pd.

 

Kata Kunci: strategi pembelajaran, gaya kognitif, sikap, hasil belajar pemecahan masalah matematika.

Keberhasilan dalam belajar matematika tergantung kepada proses belajar matematika. Dalam proses belajar matematika ini terjadi peristiwa belajar yang tidak hanya aspek kognitif dan aspek afektif saja, tetapi juga bagaimana memilih strategi pembelajaran matematika yang sesuai akan mempengaruhi proses dan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh strategi pembelajaran, gaya kognitif, dan sikap terhadap hasil belajar pemecahan masalah matematika. Strategi pembelajaran yang dikaji adalah strategi pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran langsung. Gaya kognitif yang dikaji adalah gaya kognitif field independent (FI) dengan gaya kognitif field dependent (FD), serta sikap siswa meliputi sikap positif dan sikap negatif terhadap matematika.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen kuasi nonequivalent control group designs. Analysis data menggunakan analisis of covariance (Ancova) dengan desain faktorial 2X2X2. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gading I Surabaya. Subjek penelitian dipilih dari populasi siswa SD di Surabaya menggunakan metode cluster sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar pemecahan masalah matematika antara kelompok pembelajaran berbasis masalah lebih unggul dengan hasil belajar pemecahan masalah pembelajaran langsung, (2) hasil belajar pemecahan masalah ada perbedaan signifikan antara kelompok siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dengan field dependen, (3) hasil belajar pemecahan masalah siswa yang memiliki sikap positif lebih unggul dari siswa yang memiliki sikap negatif terhadap matematika, (4) ada pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dengan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar pemecahan masalah, (5) strategi pembelajaran dengan sikap siswa tidak ada pengaruh interaksi terhadap hasil belajar pemecahan masalah, (6) gaya kognitif dengan sikap tidak ada pengaruh interaksi terhadap hasil belajar pemecahan masalah matematika, (7) strategi pembelajaran, gaya kognitif, dan sikap tidak ada pengaruh interaksi terhadap hasil belajar pemecahan masalah matematika.