DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMKN 4 MALANG

KHUSNUL KHOTIMAH

Abstrak


ABSTRACT

 

PENERAPAN PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMKN 4 MALANG

KhusnulKhotimah. 2016. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Trigonometri pada Siswa Kelas X SMKN 4 Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pasca Sarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. IpungYuwono, M.S, M.Sc(2) Dr. SwasonoRahardjo, M.Si

Kata Kunci: Inkuiri, Hasil Belajar, Trigonometri

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah yang dihadapi oleh siswa SMKN 4 Malang pada materi trigonometri yang hasil belajarnya masih rendah. Siswa cenderung menghafal rumus dan kurang termovitasi memahami konsep trigonometri karena tidak dilibatkan langsung dalam menemukan konsep perbandingan trigonometri. Salah satu upaya menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan menerapkan pembelajaran inkuri yang melibatkan partisipasi siswa secara optimal untuk menemukan konsep secara mandiri bersama kelompoknya.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan kelas yang bertujuan mendeskripsikan pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMKN 4 Malang pada materi trigonometri. Pembelajaran inkuiri yang dilakukan terdiri dari orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis dan merumuskan kesimpulan. Denganlangkah-langkah inkuiri tersebut siswa dibentuk menjadi beberapa kelompok dengan kemampuan yang heterogen, siswa berdiskusi menyelesaikan permasalahan yang diberikan, sampai dengan merumuskan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang dilihat dari meningkatnya penguasaan konsep perbandingan trigonometri, keterkaitan antara perbandingan trigonometri dan penerapan konsep perbandingan trigonometri. Hasil belajar siswa juga meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 dan dalam kategori baik, serta berdasarkan pengamatan diperoleh aktivitas guru dan siswa juga dalam kategori baik.