DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS VII SEMESTER GASAL

BASTAMAN SASMITO AJI

Abstrak


Penelitian pendahuluan yang telah dilakukan yaitu dengan menganalisis instrumen penilaian pengetahuan PJOK yang digunakan di MTs Negeri Malang 1 dan  menunjukkan bahwa instrumen belum memenuhi kategori instrumen tes yang baik karena masih terdapat soal yang tidak valid, reliabilitas masih kategori cukup, tingkat kesukaran soal masih belum memenuhi standar, daya beda banyak yang masuk kategori jelek bahkan ada yang sangat jelek.   

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian pengetahuan PJOK Kelas VII semester gasal di MTs N Malang 1. Penelitian yang dilaksanakan di MTs Negeri Malang 1 ini termasuk penelitian dan pengembangan (research and development) dengan menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: (1) pengembangan spesifikasi tes, (2) penyusunan soal, (3) justifikasi ahli, (4) perakitan soal, (5) ujicoba, (6) analisis butir soal, (7) seleksi dan perakitan soal, dan (8) pencetakan tes. Dalam penelitian pengembangan ini teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil validasi ahli PJOK diperoleh hasil sebagai berikut: semua soal (100%) dinyatakan valid, ahli bahasa diperoleh hasil semua soal (100%) valid, ahli media diperoleh hasil persentase sebesar 72,66%. Dari hasil uji coba kelompok diperoleh hasil sejumlah 210 (100%) soal dinyatakan valid, rata-rata reliabilitas sebesar 0,77 dan masuk kategori tinggi, sejumlah 5 butir soal (2,38%) kategori mudah, 167 butir soal (79,52%) kategori sedang, dan 38 butir soal (18,10%) kategori sukar. Indek daya beda masuk kategori cukup sejumlah 127 butir soal (60,47%) dan kategori baik sejumlah 83 butir soal (39,53%). Dari analisis butir soal dapat disimpulkan sejumlah 167 butir soal dinyatakan layak digunakan.

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa sejumlah 167 butir soal layak digunakan sebagai instrumen penilaian pengetahuan mata pelajaran PJOK. Saran-saran peneliti dalam pengembangan penelitian ini menuju ke arah lebih lanjut, sebagai berikut: (1) subjek penelitian diharapkan lebih luas, tidak hanya di MTs Negeri Malang 1 saja, SMP N 6 Malang, dan SMP N 7 Malang tetapi di sekolah-sekolah lain yang memiliki sarana komputer yang memadai, (2) Jenjang sekolah lebih luas tidak hanya di jenjang SMP kelas VII saja.