DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Balikan Tulis Koreksi Kesalahan (Langsung dan Tidak Langsung) Terhadap Hasil Belajar Kualitas Tulisan Siswa SMP yang Memiliki Sikap Berbeda

AHMAD . SABARUDIN

Abstrak


ABSTRAK

Sabarudin, Ahmad. 2016. Pengaruh Balikan Tulis Koreksi Kesalahan (Langsung dan Tidak Langsung) Terhadap Hasil Belajar Kualitas Tulisan Siswa SMP yang Memiliki Sikap Berbeda. Disertasi, Jurusan Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana, M.A., (II) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M.Pd., (III) Prof. Dr. H. Punadji Setyosari, M.Pd., M.Ed.

Kata Kunci:   Teknik balikan tulis koreksi kesalahan langsung dan tidak langsung, sikap siswa, hasil belajar.

Strategi pembelajaran merupakan salah satu variabel pembelajaran yang diindikasikan dapat meningkatkan hasil belajar. Strategi penyajian yang merupakan salah satu dari dimensi strategi pembelajaran memegang peranan penting dalam penyajian materi pembelajaran kepada siswa. Pemilihan dan penggunaan strategi pembelajaran yang tepat akan dapat memudahkan siswa dalam menerima dan mentransfer materi pembelajaran dan menciptakan suasana belajar yang bermakna dan menyenangkan. Teknik balikan koreksi kesalahan merupakan salah satu strategi pembelajaran yang disarankan dalam pembelajaran bahasa kedua/asing karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya keterampilan menulis. Disamping itu, sikap siswa terhadap mata pelajaran juga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar siswa karena sikap merupakan sumber motivasi yang menggerakkan aktifitas dan kreativitas siswa dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah menemukan pengaruh utama dan interaksi antara strategi pembelajaran melalui teknik balikan tulis koreksi kesalahan langsung dan tidak langsung dan sikap siswa terhadap hasil belajar kualitas tulisan bahasa Inggris siswa SMP.

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain faktorial versi pretest-posttest non-equivalent control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Sepulu Kabupaten Bangkalan Provinsi Jawa Timur pada semester gasal tahun pelajaran 2015/2016. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data diperoleh melalui tes awal (prates), tes akhir (pascates) dan angket sikap (attitude scale). Jumlah siswa yang terlibat dalam penelitian ini sejumlah 72 orang. Sebanyak 36 orang dibelajarkan dengan teknik balikan tulis koreksi kesalahan langsung sebagai kelompok kontrol dan 36 orang lainnya dibelajarkan dengan teknik balikan tulis koreksi kesalahan tidak langsung sebagai kelompok eksperimen. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan ANOVA (Analisys of Variance) dua jalur dengan tingkat signifikansi 5%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar kualitas tulisan siswa berbeda secara signifikan antara kelompok siswa yang menerima balikan tulis koreksi kesalahan langsung dan tidak langsung; kelompok siswa yang menerima teknik balikan tulis koreksi kesalahan tidak langsung memperoleh nilai atau skor hasil belajar lebih baik daripada kelompok siswa yang menerima teknik balikan tulis koreksi kesalahan langsung, (2) hasil belajar kualitas tulisan siswa berbeda secara signifikan antara kelompok siswa yang memiliki sikap positif dan sikap negatif; kelompok siswa yang memiliki sikap positif memperoleh nilai hasil belajar lebih baik dibandingkan dengan kelompok siswa yang memiliki sikap negatif; (3) interaksi antara strategi pembelajaran (teknik balikan tulis) dan sikap siswa tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar kualitas tulisan bahasa Inggris siswa.

Berdasarkan beberapa temuan dalam penelitian ini, beberapa saran yang disampaikan adalah (1) guru bahasa Inggris perlu menerapkan balikan tulis koreksi kesalahan tidak langsung dalam pembelajaran menulis bahasa Inggris karena terbukti memberikan hasil belajar yang lebih baik; (2) guru bahasa Inggris disarankan untuk selalu berusaha menanamkan sikap positip kepada setiap siswa terhadap mata pelajaran bahasa Inggris, karena sikap positip terbukti dapat  mempengaruhi proses pembelajaran dan memberikan hasil belajar lebih baik; (3) peneliti lain dapat menjadikan hasil penelitian ini sebagai referensi untuk melakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh teknik balikan tulis dan sikap terhadap hasil belajar pada aspek-aspek yang belum diteliti pada penelitian ini. Misalnya, perlu dilakukan penelitian pada: (1) skala sampel yang lebih luas, (2) dikenakan pada bahasa asing lainnya, dan (3) aspek sikap siswa terhadap proses pembelajaran, guru, dan nilai atau norma tertentu.