DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Antagonis Trichoderma spp. terhadap Colletotrichum acutatum dan Fusarium solani Penyebab Penyakit pada Cabai Rawit secara in vitro sebagai Materi Modul Matakuliah Mikologi

Husdiani . Ningsih

Abstrak


ABSTRAK

 

Kajian Antagonis Trichoderma spp. terhadap Colletotrichum acutatum dan Fusarium solani Penyebab Penyakit pada Cabai Rawit secara in vitro sebagai Materi Modul Matakuliah Mikologi

Antagonisme merupakan suatu hubungan antara kapang yang mampu menghasilkan zat atau enzim yang dapat menghambat pertumbuhan kapang patogen. Konsep ini telah dipelajari oleh mahasiswa Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (UM) pada matakuliah Mikologi, namun bahan ajar yang khusus membahas mengenai antagonisme antar kapang belum tersedia. Oleh sebab itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku ajar berupa modul mengenai antagonisme antar kapang berbasis pada hasil penelitian eksperimen.

Penelitian dan pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Research and Developmentoleh Borg and Gall (1983). Penelitian eksperimen dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi UM. Pengumpulan data untuk pengembangan modul dilakukan dengan teknik wawancara dan angket dengan melibatkan validator ahli materi Mikologi, ahli materi Biologi, dan ahli media pembelajaran, serta mahasiswa sebagai responden uji keterbacaan modul.

Hasil penelitian eksperimen menunjukkan bahwa terdapat perbedaan daya antagonis dari ketiga spesies kapang Trichodermayang digunakan. Daya antagonis tertinggi untukC. acutatum dimiliki oleh T. viride, sedangkan daya antagonis tertinggi untuk F. solani dimiliki oleh T. harzianum. Kapang Trichoderma spp. menghambat pertumbuhan kedua kapang tersebut dengan mekanisme berupa kompetisi ruang dan nutrisi, antibiosis, dan mikoparasitisme dengan menempel, membelit, dan menembus hifa kapang patogen.

Hasil validasi menunjukkan bahwa modul Mikologi bersifat faktual karena disusun berdasarkan hasil penelitian eksperimen. Hasil uji keterbacaan modul Mikologi oleh mahasiswa menunjukkan bahwa konten modul mudah dipahami. Validator dan mahasiswa menilai modul dengan kriteria sangat baik dan layak digunakan pada proses pembelajaran.

�����������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������������idikan, kebebasan meyalurkan aspirasi.

 

>