DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kajian Struktur dan Ultrastruktur Kapang Endofit Pada Cengkeh (Syzygium aromaticum) L. Merr & Perry Varietas Afo Dari Ternate Serta Analisis Metabolit Sekundernya Sebagai Materi Buku Pengayaan Tentang Kapang Endofit.

Arini Zahrotun Nasichah

Abstrak


ABSTRAK

 

Nasichah, Arini Zahrotun. 2016. Kajian Struktur dan Ultrastruktur Kapang Endofit Pada Cengkeh (Syzygium aromaticum) L. Merr & Perry Varietas Afo Dari Ternate Serta Analisis Metabolit Sekundernya Sebagai Materi Buku Pengayaan Tentang Kapang Endofit. Disertasi, Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1). Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd., (II) Dr. Endang Suarsini, M.Ked., (III) Dr. Fatchur Rohman M.Si.

Kata Kunci: struktur, ultrastruktur, kapang, endofit, Syzygium aromaticum, Afo, metabolit sekunder, buku.

 

Cengkeh Afo tumbuh di pulau Ternate dan telah berumur lebih dari 200 tahun dan merupakan induk cengkeh varietas Afo yang ada di Pulau Ternate. Cengkeh Afo induk yang tinggal beberapa individu tersebut suatu saat akan mati. Oleh sebab itu, perlu dicari alternatif konservasi kandungan bioaktifnya melalui isolasi dan identifikasi kapang endofit yang bersimbiosis dengan tanaman tersebut serta potensinya sebagai penghasil senyawa aktif flavonoid, terpenoid, tanin dan eugenol. Observasi struktur dan ultrastruktur kapang endofit di dalam jaringan tanaman cengkeh Afo dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang letak kapang endofit di dalam jaringan tanaman inang, sehingga membantu dalam memahami peranannya terhadap tanaman cengkeh varietas Afo. Mengingat bahwa informasi tentang kapang endofit cengkeh varietas Afo masih sangat terbatas, maka informasi dari hasil penelitian ini perlu disebarluaskan kepada masyarakat, khususnya para guru Biologi dan mahasiswa Biologi dalam bentuk buku pengayaan pengetahuan, karena informasi yang dikemas dalam bentuk buku lebih mudah diakses, dibaca dan dipahami.

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi spesies-spesies kapang endofit yang terdapat dalam daun dan ranting tanaman cengkeh (Syzygium aromaticum ) L. Merr & Perry varietas Afo dari Ternate; (2) Mendeskripsikan keberadaan kapang endofit dalam jaringan tanaman cengkeh varietas Afo dari Ternate berdasarkan pengamatan struktur dan ultrastruktur. (3) Menganalisis kadar senyawa-senyawa metabolit sekunder, yaitu flavonoid, terpenoid, tanin dan eugenol yang dihasilkan masing-masing spesies kapang endofit cengkeh varietas Afo dari Ternate. (4) Menganalisis kadar senyawa-senyawa metabolit sekunder, yaitu flavonoid, terpenoid, tanin dan eugenol dalam ranting dan daun cengkeh varietas Afo dari Ternate. (5)Menyusun buku pengayaan pengetahuan berdasarkan hasil penelitian khususnya tentang kapang endofit yang berasal dari jaringan tanaman cengkeh varietas Afo dari Ternate.

Penelitian ini terdiri dari penelitian deskriptif eksploratif dan penelitian pengembangan buku pengayaan berdasarkan hasil penelitian. Penelitian deskriptif


eksploratif meliputi 3 tahap. Tahap I adalah isolasi dan identifikasi kapang endofit

cengkeh Afo. Tahap II adalah penelitian deskriptif observasional yang bertujuan untuk meneliti keberadaan kapang endofit dalam jaringan tanaman cengkeh Afo melalui pengamatan terhadap struktur anatomi jaringan daun dan ranting cengkeh serta letak kapang endofit dalam jaringan cengkeh dengan mikroskop cahaya dan pengamatan ultrastruktur dengan mikroskop elektron. Tahap III adalah analisis kandungan senyawa metabolit sekunder yaitu flavonoid, terpenoid dan eugenol yang dihasilkan oleh tanaman cengkeh afo maupun oleh spesies-spesies kapang endofit yang ditemukan dalam penelitian tahap I. Penelitian bagian kedua ialah penelitian pengembangan untuk menyusun buku pengayaan pengetahuan tentang kapang endofit dalam tanaman cengkeh varietas Afo berdasarkan hasil penelitian bagian pertama. Pengembangan buku pengayaan mengikuti model pengembangan Plomp (1999) yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap pengkajian awal, tahap perencanaan, tahap realisasi dan tahap pengujian, evaluasi dan revisi.

Hasil penelitian ini adalah; (1) Kapang endofit yang telah diisolasi dari daun dan ranting tanaman cengkeh Afo dari Ternate terdiri dari dari 8 spesies dan teridentifikasi sebagai Eurotium repens (de Bary), Rhizoctonia sp, Dipplococcium sp Grove, Geotricum candidum Link, Eupenicillium javanicum (van Beyma) Stolk & Scott, Penicillium frequentans Westings,  Aspergillus nidulans (Eidant) Wint, dan Syncephalastrum racemosum Schroeter; (2). Hasil observasi struktur dan ultrastruktur kapang endofit pada daun tanaman cengkeh varietas Afo menunjukkan bahwa hifa berada di dalam jaringan epidermis daun, yaitu di ruang antar sel dan di sekitar stomata. Hasil observasi struktur dan ultrastruktur kapang endofit pada ranting menunjukkan hifa berada di dalam ruang antar sel jaringan epidermis dan ruang antar sel jaringan pembuluh xylem; (3)Kadar senyawa flavonoid, terpenoid, tanin dan eugenol yang dihasilkan oleh setiap spesies  kapang endofit cengkeh Afo berbeda-beda. Kadar senyawa flavonoid, terpenoid, tanin dan eugenol tertinggi dihasilkan oleh metabolit kapang Geotricum candidum Link, yaitu flavonid sebesar 66, 83 µg/ml, terpenoid sebesar 9,64 µg/ml, tanin 48,30 µg/ml, dan eugenol sebesar 0,44 µg/ml. Senyawa-senyawa tersebut juga dihasilkan oleh tanaman cengkeh varietas Afo; (4) Senyawa flavonoid, terpenoid, tanin dan eugenol juga dihasilkan oleh daun dan ranting cengkeh varietas Afo dengan kadar yang berbeda; (5) Buku pengayaan pengetahuan tentang kapang endofit dalam tanaman cengkeh varietas Afo yang ditulis berdasarkan hasil penelitian ini telah dinyatakan layak oleh ahli materi maupun ahli media pembelajaran. Adapun hasil uji keterbacaan buku oleh pengguna skala kecil dapat disimpulkan bahwa secara umum kualitas tampilan buku sudah baik (87,3%). Hasil validasi keterbacaan materi buku oleh pengguna juga mendapat penilaian baik dengan memperoleh skor 87,8%.