DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Proses dan Hasil Belajar Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Alam.

USWATUL . KHASANAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Proses dan Hasil Belajar Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Alam.

Khasanah, 2016. Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Proses dan Hasil Belajar Materi Kearifan dalam Pemanfaatan Sumberdaya Alam. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr.Sugeng Utaya, M.Si. (II) Syamsul Bachri, S.Si, M.Sc, Ph.D.

 

Kata Kunci: Project Based Learning, Proses Belajar, Hasil Belajar

Berdasarkan hasil observasi pendahuluan yang dilakukan di kelas XI IIS tentang proses dan hasil balajar geografi, terdapat proses belajar dan  hasil belajar yang masih rendah. Pembelajaran selama ini masih mengutamakan hasil belajar daripada proses belajar yang bermakna. Berdasarkan latar belakang tersebut, perlu adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan proses dan hasil  belajar. Penelitian ini mengungkapkan bahwa model project based learning berpengaruh terhadap proses dan hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif yang dirancang menggunakan penelitian eksperimen (quasi experiment  with pre-test post-test group design)  dengan dua kelompok subyek penelitian yang memiliki kemampuan sama (homogen). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IIS. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IIS 1 dengan jumlah 28 sebagai kelas kontrol dan XI IIS 2 dengan jumlah 33 sebagai kelas eksperimen. Data yang diambil meliputi proses dan hasil belajar peserta didik baik sebelum dan setelah perlakuan. Analisa data dalam penelitian ini adalah analisa statistic deskriptif dan analisa statistic inferensial parametrik.

Berdasarkan analisis hasil penelitian dapat diketahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap hasil belajar geografi peserta didik . Data nilai pretest dan posttest pada kelas eksperimen, diperoleh nilai gain ternormalisasi/nilai sebesar 0.88 dan kelas kontrol sebesar 0.40. Perbedaan hasil belajar ditunjukkan oleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,48 sedangkan pada kelas kontrol 59,71. Dari nilai rata-rata posttest terlihat bahwa hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari hasil uji t paired samples test  menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000, (P