DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle7E pada Materi Hidrosfer untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun

Partini .

Abstrak


ABSTRAK

 

Partini, 2016. Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle7E pada Materi Hidrosfer untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana UM. Pembimbing:

(1)Prof.Dr.Budijanto, M.Sos,  (2) Syamsul Bachri, S,Si, M.Sc, Ph.D

Kata Kunci: model pembelajaran learning cycle 7E, berpikir kritis

Dari hasil ulangan harian di SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun menunjukkan masih banyak siswa yang belum mampu mencapai kompetensi dasar  pada suatu konsep materi geografi dalam proses pembelajaran, sehingga perolehan hasil belajar tidak maksimal. Selain itu dapat dilihat pertanyaan yang diajukan siswa pada saat pembelajaran masih pada tingkat kongnitif rendah. Kondisi ini membuat siswa kurang terbuka wawasan berpikir dan sikap kritisnya.

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model pembelajaran learning cycle 7E mata pelajaran geografi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun tahun pelajaran 2015/1016. Subyek penelitian adalah siswa kelas X yang berjumlah 14 siswa. Pelaksanaan siklus melalui 4 tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Data yang digunakan dalam penelitian adalah kemampuan berpikir kritis yang diperoleh dari hasil observasi dan nilai tes siswa. Data dianalisis dengan statistika sederhana yaitu persentase.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I ke siklus II. Meningkatnya kemampuan berpikir kritis melalui penerapan model learning cycle 7E disebabkan oleh aktivitas siswa saat berdiskusi dengan teman maupun guru yang berjalan dengan baik. Pembelajaran dengan menggunakan model learning cycle 7e dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran karena model pembelajaran ini siswa diajarkan dengan tujuh tahapan yaitu : elicit, engage, explore, explain, elaborate, extend, evaluate yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang sesuai tuntutan abad 21.