DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh dari Program Membaca Ekstensif kepada siswa dalam kemampuan pemahaman membaca dan mengingat kosa-kata

Alpian Husna, Alpian Husna

Abstrak


ABSTRACT

 

Husna, Alpian. 2016. Pengaruh dari Program Membaca Ekstensif kepada siswa dalam kemampuan pemahaman membaca dan mengingat kosa-kata . Tesis, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Utami Widiati, M.A., Ph.D., (II) Prof. A. Effendi Kadarisman, M.A., Ph.D.

Kata Kunci: membaca ekstensif, bahan bacaan bertingkat, pemahaman membaca, mengingat kosakata

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental dengan memasukkan program membaca secara ekstensif untuk diberika kepada siswa sebagai treatmen. Untuk melihat efek dari program tersebut pada kemampuan siswa dalam pemahaman membaca dan kemampuan mengingat kosa-kata. Penelitian ini memanfaatkan bahan bacaan bertingkat dan ditambah oleh tes EPER, tes jumlah kosa-kata, dan instrument lainnya. Sebagai media analisis, penelitian ini menggunakan parametrik independent sample t-test dan paired sample t-test. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa program membaca secara ekstensif tidak memberikan konstribusi yang cukup signifikan, baik terhadap kemampuan siswa memahami bacaan maupun kemampuan siswa untuk mengingat kosa-kata, hal itu dikarenakan terbatasnya waktu penerapan program membaca secara ekstensif pada penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menambahkan bukti yang sudah ada berkenaan dengan membaca secara ekstensif. Tetapi tidak seperti penelitian terdahulu yang menggunakan short-passage, peneilitian ini menggunakan bahan bacaan bertingkat.