DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

efisiensi pengambilan keputusan sumber daya ekonomi konsumsi produksi mahasiswa

andika putranta utama

Abstrak


ABSTRACT

 

Andika Putranta Utama. 2016. Efisiensi Pengambilan Keputusan  Sumber Daya Ekonomi  konsumsi Produksi Mahasiswa. Tesis, Program Pasca Sarjana Prodi S2 Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. (I) Dr.  Hari Wahyono, M.Pd.(II) Dr. Mit Witjaksono, M.S. Ed,

Kata kunci : efisiensi ekonomi, pengambilan keputusan. konsumsi produksi

Proses yang efisien ditandai dengan perbaikan proses sehingga menjadi lebih murah dan lebih cepat. Kondisi tersebut dapat membuat pola mahasiswa dalam pengambilan keputusan untuk mencapai ke efisiensian memproduksi ataupun mengkonsumsi barang dan jasa yang tidak rasional. kesulitan keuangan juga dapat muncul saat pengambilan keputusan tidak tepat atau tidak mempertimbangkan efisiensi sumber daya ekonomi, Keterbatasan finansial dapat menyebabkan mahasiswa fakultas ekonomi cenderung berhati-hati dalam mengambil keputusan mengkonsumsi.Memiliki efisiensi merupakan penting untuk mendapatkan kehidupan yang sejahtera.

 Pengambilan keputusan dalam pemanfaatan sumber daya ekonomi  bertujuan meminimumkan biaya dan memaksimumkan keuntungan dalam waktu tertentu. Oleh karena itu, pembelian barang dan jasa perlu ditentukan beberapa hal,yaitu frekuensi pembelian barang dan jasa dalam satu periode, waktu pembelian, jumlah barang dan jasa yang dibeli dalam setiap kali pembelian, jumlah minimum barang dan jasa yang harus ada dalam persediaan pengaman Secara khusus ketepatan mencapai tujuan ini memiliki spesifikasi menurut konteksnya yang luas.

Penelitian ini dilakukan mahasiswa yang mendapat pembelajaran tentang pemanfaatan sumber daya, Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Dimana peneliti melakukan penelitian awal sebelum menarik sebuah permasalahan atas pokok pemikiran yang disesuaikan dengan keadaan lapangan. dipertegas dengan wawancara langsung kepada beberapa responden yang terpilih atas kualifikasi keadaan keuangaannya.(1) Pengukuran efisiensi(2) Konsep Pengambilan Keputusan(3) Pengambilan KeputusanMahasiswa (3) Pengambilan keputusan Sebagai Pemecah Masalah(4) Langkah-Langkah Pengambilan Keputusan Mahasiswa.  

Hasil penelitian ini menemukan bahwa Kebanyakan mahasiswa memiliki pola perilaku ekonomi yang cukup baik dimana dari sepuluh responden yang dipilih secara acak diketemukan bahwa tiga diantaranya memiliki efisiensi ekonomi yang terbilang cukup lengkap, meliputi Pengetahuan nilai suatu barang dan skala prioritas dalam hidupnya; Penganggaran, tabungan dan bagaimana mengelola uang; mengambil keputusan dalam membeli barang; Dasar-dasar investasi; Pemanfaatan dari belanja dan membandingkan produk; Dimana harus pergi mencari saran dan informasi bimbingan, dan dukungan tambahan; Enam diantaranya memilik efisiensi ekonomi yang terbilang masih sedang, dengan penguasaan dan pemahaman ekonomi-nya meliputi Pengetahuan nilai suatu barang dan skala prioritas dalam hidup; Dan satu orang, masih berkutat pada bagaimana memanfaatkan uang untuk mencapai kepuasaan konsumsi. Menurut faktor pendorongnya Yaitu keluarga merupakan faktor yang paling mempengaruhi perkembangan responden pada usianya. Faktor internal yang sering muncul adalah keinginan untuk berprestasi dan mendapat pengakuan dari orang lain sehingga responden tergerak untuk meningkatkan efisiensi ekonomi-nya. Selain itu, ada faktor sosial seperti rasa sungkan, menghormati dan menyesuaikan dengan keadaan lingkungan sekitar, yang juga disinyalir sedikit mempengaruhi tingkat efisiensi responden. Berdasarkan hasil penelitian, rasionalitas responden yang memiliki efisiensi ekonomi yang tinggi lebih memiliki rasionalitas dalam strategi berkonsumsi, efisiensi, optimalisasi sumber daya ekonomi dan pertimbangan penanggulangan resiko atas keputusan yang dibuat ketimbang dengan mahasiswa yang tingkat efisiensi ekonomi-nya berada di bawahnya.

ABSTRACT

 

Andika Putranta Utama. 2015. Decision Making Efficiency In Using Economic Resources Among Students of Economic Faculty of Malang State University. Thesis. Postgraduate Program of S2 Study Program of Economic Education of Economic Faculty of Malang State University. (I) Dr.Hari Wahyono, M.Pd.(II) Dr. Mit Witjaksono, M.S. Ed,

Keywords: Economic efficiency, Decision-making. Consumption-production.

The process is an efficient process improvement process so marked with more Become Cheaper and Faster more . The condition can bemakes Pattern hearts Decision student to achieve Into review inefficiencies produce or to consume goods and services not rational . Financial difficulties also can be appear at The Right Decision not consider the Resource Efficiency Economic , financial limitations can be caused students of economic faculties tend to Be - hearts hearts adopted a Decision mengkonsumsi.Memiliki Efficiency is important to get the Life of Yang prosperous review.

Decision hearts Resource Utilization Economics aims to minimize costs and maximize benefits include hearts Specific Time . By therefore , purchases of goods and services should be determined several hal , ie frequency of Purchasing Goods and Services hearts One period , Time Purchase , Term of Goods and Services Purchased hearts every time Purchasing , Term minimum of Goods and Services Shoul hearts Supplies safety spesial operates accuracy achieve singer has specs According to Broad context .

This research was conducted on students who receive learning resource utilization , this study used a qualitative research method with a phenomenological approach . Where researchers conducting preliminary studies before drawing a problem on the principal ideas in tune with the field. punctuated with interviews to some selected respondents over keuangaannya state qualification . ( 1 ) The measurement of efficiency ( 2 ) Concept of Decision Making ( 3 ) Decision KeputusanMahasiswa ( 3 ) Decision-making As Troubleshooter ( 4 ) Measures of Student Decision Making .

The results of this study found that most students have a pattern of behavior where the economy is good enough in ten respondents selected randomly discovered that three of them have economic efficiency is quite complete, include the value of a good knowledge and priorities in his life; Budgeting, saving and how to manage money; taking a decision to buy goods; The basics of investment; Utilization of shopping and comparing products; Where have to go looking for advice and guidance information, and additional support; Six of them having an economic efficiency which is still fairly moderate, with mastery and understanding of its economy include the value of a good knowledge and priorities in life; And one man, still struggling on how to use the money to reach the consumer satisfaction. According to the push factor That family is the factor most influenced the development of the respondent at his age. Internal factors that often arises is the desire to excel and gain recognition from others so that the respondents moved to improve its economic efficiency. In addition, there are social factors such as cheekily, respect and adapt to the state of the environment, which also pointed slightly affect the efficiency level respondents. Based on the research results, the rationality of respondents who have a high economic efficiency has more rationality in the strategy to consume, efficiency, optimization of economic resources and consideration of risk reduction on the decision made by the student rather than the level of its economic efficiency is below.