DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Siswa Guna Mendukung Sekolah Adiwiyata di SMAN I Torjun Kelas XI-6.

RISNANI . RISNANI

Abstrak


ABSTRACT

 

Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Siswa Guna Mendukung Sekolah Adiwiyata di SMAN I Torjun Kelas XI-6.

Risnani. 2016. Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree untuk Meningkatkan Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Siswa Guna Mendukung Sekolah Adiwiyata di SMAN I Torjun Kelas XI-6. Tesis. Program Studi Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd., (II) Drs. I Komang Astina, M.S., Ph.D.

Kata Kunci: Project Based Learning, One Man One Tree, Pengetahuan, Sikap, Perilaku

Berdasarkan hasil observasi kelas di XI-6  SMAN I Torjun tentang pengetahuan, perilaku dan sikap terhadap lingkungan masih rendah. Kegiatan pembelajaran selama ini belum melibatkan siswa sehingga kurang memunculkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa tentang kesadaran terhadap lingkungan. Berdasarkan latar belakang  tersebut perlu ada model pembelajaran yang mampu meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa. Salah satu alternatif  pemecahan masalah yaitu dengan penerapan model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree. Penelitian lain mengungkapkan bahwa model ini mampu meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa  terhadap lingkungan.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif dengan melibatkan guru dan peneliti. PTK dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Peneliti bertindak sebagai perencana tindakan, guru pengajar, pengamat data dan sebagai pelapor penelitian. Data penelitian dikumpulkan dari instrumen tes pengetahuan, skala sikap,  manifestasi perilaku, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran guru dan siswa, lembar penilaian antar siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI-6 SMAN I Torjun tahun ajaran 2015/2016, berjumlah 22 siswa (4 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan  model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa. Hal ini ditunjukkan dengan hasil analisis dengan menggunakan gain score termonalisasi siklus I diperoleh skor postes pengetahuan sebesar 69,8 dengan gain score 0,6 tergolong sedang. Skor  skala sikap sebesar 86 dengan gain score 0,8 tergolong tinggi. Skor manifestasi perilaku sebesar 69 dengan gain score 0,6 tergolong sedang. Siklus II diperoleh skor postes pengetahuan sebesar 88,1 dengan gain score 0,8 tergolong tinggi. Skor skala sikap sebesar 93,2 dengan gain score 0,9 tergolong tinggi. Skor manifestasi perilaku sebesar 90,4 dengan gain score 0,9 tergolong tinggi. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku setelah pembelajaran dengan model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree.

 

Berdasarkan hasil penelitian, analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree dapat meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa kelas XI-6 di SMAN I Torjun. Disarankan model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran. Perlu dilakukan education action research  model Project Based Learning (PjBL) One Man One Tree, dalam peningkatan pengetahuan, sikap dan perilaku siswa dalam menjaga lingkungan yang tepat baik di rumah, sekolah maupun di lingkungan masyarakat.re