DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ontribusi Kinerja Mengajar Guru dan Kepuasan Belajar terhadap Motivasi Berprestasi serta Ketercapaian Kompetensi Jaringan Dasar Siswa SMK Negeri di Kota Malang

Khoirudin Asfani

Abstrak


ABSTRACT

 

Asfani, Khoirudin. 2016. Kontribusi Kinerja Mengajar Guru dan Kepuasan

Belajar terhadap Motivasi Berprestasi serta Ketercapaian Kompetensi Jaringan

Dasar Siswa SMK Negeri di Kota Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan

Kejuruan, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hary

Suswanto, S. T., M. T., (2) Aji Prasetya Wibawa, S. T., M. MT., Ph. D.

Kata kunci: kepuasan belajar, motivasi berprestasi, kompetensi, kinerja mengajar

guru

Kriteria kelulusan seorang siswa dapat dilihat dari kompetensi yang telah

dicapainya. Penguasaan kompetensi siswa diukur dengan melihat bagaimana siswa

tersebut melakukan tugas sesuai keahliannya. Siswa yang berkompeten, dapat

dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari guru

sebagai pengajar, siswa sebagai pelajar, dan lingkungan sebagai pendukung.

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap kontribusi dari beberapa faktor yang

mempengaruhi pencapaian kompetensi siswa di SMK. Diantara faktor-faktor

tersebut yang dipilih untuk diteliti adalah kinerja mengajar guru, kepuasan belajar

dan motivasi berprestasi siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengetahui

kontribusi variabel kinerja mengajar guru dan kepuasan belajar siswa terhadap

motivasi berprestasi, serta ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa. Populasi

penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X paket keahlian Teknik Komputer

Jaringan (TKJ) SMK Negeri di Kota Malang yang berjumlah 1097 siswa. Sebanyak

6 SMK dari populasi dipilih sebagai sekolah objek penelitian dengan total siswa

mencapai 696. Jumlah sampel yang terpilih berdasarkan teknik proporsional

random sampling adalah 232 siswa. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan

instrumen berupa angket untuk siswa dan dokumentasi nilai untuk guru. Analisis

data penelitian ini menggunakan analisis jalur.

Hasil dari penelitian ini adalah: (1) kinerja mengajar guru memiliki 13,6%

kontribusi (koefisien β = 0,369) yang signifikan terhadap motivasi berprestasi

siswa; (2) kepuasan belajar memiliki 4,9% kontribusi (koefisien β = 0,222) yang

signifikan terhadap motivasi berprestasi siswa; (3) kinerja mengajar guru memiliki

5,7% kontribusi (koefisien β = 0,239) yang signifikan terhadap ketercapaian

kompetensi jaringan dasar siswa; (4) kepuasan belajar memiliki 10,2% kontribusi

(koefisien β = 0,320) yang signifikan terhadap ketercapaian kompetensi jaringan

dasar siswa; dan (5) motivasi berprestasi memiliki 12% kontribusi (koefisien β =

0,346) yang signifikan terhadap ketercapaian kompetensi jaringan dasar siswa.