DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang

Lutfi Maratus Solikhah

Abstrak


ABSTRAK

 

Solikhah, Lutfi Maratus. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Siswa Kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing:           (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc. Ph.D; (II) Dra. Sri Rahayu Lestari, M.Si.

 

Kata Kunci: Cooperative script, Hasil Belajar, Kemampuan berpikir

           

           Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan menyiapkan siswa agar memiliki hubungan sosial yang sehat akhir-akhir ini banyak dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif. Salah satu pembelajaran kooperatif adalah cooperative script. Sejumlah studi tentang cooperative script ini telah membuktikan bahwa siswa yang belajar dengan cara ini dapat belajar dan mengendapkan materi lebih banyak daripada siswa yang membuat ringkasannya sendiri atau mereka yang hanya sekedar membaca materi pelajaran itu. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebagai ilmu yang terus berkembang tidak hanya dibutuhkan keterampilan dalam memahami tetapi juga perlu adanya proses berpikir dari siswa. Salah satu indikator keberhasilan suatu pembelajaran adalah adanya peningkatan dalam proses berpikir siswa.

Permasalahan pembelajaran biologi di SMA Negeri 3 Malang, berdasar hasil wawancara dengan guru kelas biologi adalah sebagai berikut: masalah pembelajaran biologi selama ini belum melatih siswa mengembangkan kemampuan berpikir yaitu menguasai konsep materi, menganalisis masalah dan menyimpulkan. Kondisi tersebut didukung oleh fakta saat peneliti melakukan pembelajaran di dalam kelas, banyak siswa tidak mau atau kesulitan untuk bertanya maupun mengeluarkan pendapatnya, selain itu siswa masih kesulitan dalam mengaitkan konsep biologi yang dipelajari dengan peristiwa sehari-hari. Sedangkan berdasarkan hasil dokumen yang diperoleh dari guru kelas menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal siswa kelas X-5 masih rendah (67,7%), sebagian siswa masih belum tuntas belajar, rata-rata hasil belajar siswa hanya mencapai skor 67 sedangkan ketuntasan minimal SMA Negeri 3 Malang adalah 75%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir siswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang melalui penerapan strategi pembelajaran cooperative script serta untuk mengetahui respons siswa mengenai strategi pembelajaran cooperative script.

            Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai bulan November 2009. Subjek penelitian adalah siswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2009/2010 semester ganjil yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap-tahap penelitian tindakan berupa siklus spiral yang meliputi kegiatan: 1) perencanaan, 2) pemberian tindakan, 3) observasi, dan 4) refleksi, yang membentuk siklus demi siklus hingga penelitian tuntas, sehingga diperoleh data yang dapat dikumpulkan sebagai jawaban dari permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, catatan lapangan, soal tes dan angket respons siswa. Teknik pengumpulan data,hasil belajar diperoleh dengan cara memberikan tes individu kepada siswa setiap akhir siklus tindakan (dengan bobot 2) serta nilai worksheet tiap pertemuan (dengan bobot 1), sedangkan data kemampuan berpikir siswa diperoleh dengan cara memberikan tes kemampuan bepikir kepada siswa setiap akhir siklus tindakan. Data hasil belajar dianalisis untuk mengetahui rata-rata skor tes dan ketuntasan belajar siswa, dengan menganalisis data hasil tes setiap siklus dengan menggunakan kriteria ketuntasan belajar sedangkan kemampuan berpikir dianalisis dengan cara menganalisis jawaban dan penilaian dilakukan dengan rubrik dan nonrubrik. Penilaian rubrik mempunyai rentangan antara 0-4 sedangkan nonrubrik antara 0-20.

Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan hasil belajar sebanyak 7,2% dan peningkatan kemampuan berpikir sebanyak 32,5% pada siswa kelas X-5 SMA Negeri 3 Malang setelah diterapkan strategi pembelajaran cooperative script dan respons siswa berdasarkan angket menyatakan siswa setuju jika strategi pembelajaran cooperative script diterapkan dikelas dan siswa merasa senang dengan diterapkannya strategi pembelajaran cooperative script.

Diharapkan bagi guru biologi yang mempunyai masalah dengan hasil belajar dan kemampuan berpikir dapat menerapkan strategi pembelajaran cooperative script karena strategi ini terbukti dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir, kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis pada kompetensi dasar yang lain guna mengetahui keberhasilan penerapan strategi pembelajaran cooperative script, guru sebaiknya dapat memberikan modifikasi pada strategi pembelajaran cooperative script agar siswa tidak merasa bosan dalam mengikuti pelajaran, guru sebaiknya membiasakan siswa untuk mengemukakan pendapat didepan kelas, agar kegiatan pembelajaran menjadi semakin aktif.