DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS INKUIRI TERBIMBING DISERTAI MULTIMEDIA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA SISWA KELAS VIII SMP 18 MALANG

Diah - Harmawati

Abstrak


ABSTRACT

 

Harmawati, Diah. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing disertai Multimedia untuk Mengembangkan Karakter dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Siswa Kelas VIII SMP 18 Malang. Tesis, Jurusan Biologi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Endah Indriwati, M. Pd., (II)  Dr. Abdul Gofur, M. Si.

Kata kunci: modul, multimedia, inkuiri terbimbing, karakter, dan berpikir kritis

Pengembangan modul berbasis inkuiri terbimbing disertai multimedia  diharapkan dapat digunakan sebagai penunjang belajar siswa. Pembelajaran IPA kebanyakan masih dibelajarkan dengan menggunakan metode konvensional yaitu dengan ceramah. Media yang digunakan hanya mengandalkan buku cetak panduan, modul berbasis inkuiri disertai multimedia belum ada yang membuat. Guru SMP 18 Malang sebenarnya sudah menggunakan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, namun masih terpisah-pisah. Materi yang dianggap masih sulit kebanyakan yang terkait dengan mekanisme kerja organ.

 Jenis penelitian merupakan penelitian pengembangan. Model penelitian pengembangan menggunakan Thiagarajan. Tahapan model pengembangan Thiagarajan meliputi define, design, develop, dan desseminate. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

 

Hasil penelitian menunjukkan validasi ahli materi 82,14%, validasi ahli media (modul) 83,33%, validasi ahli media (multimedia) 80,55%, validasi guru 98,88%, validasi siswa 94,19%. Nilai karakter II siswa telah tuntas. Nilai berpikir kritis II siswa telah tuntas. Keterlaksanaan sintak inkuiri terbimbing 91,40%. Berdasarkan pencapaian hasil validasi produk pengembangan telah layak digunakan. Kesimpulan bahwa modul inkuiri terbimbing disertai multimedia dapat mengembangkan karakter dan berpikir kritis siswa.