DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Diagnosis Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fluida dan Upaya Mengatasinya dengan Scaffolding

Charisma Pramuda Wijaya

Abstrak


ABSTRACT

 

Diagnosis Kesulitan Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Fluida dan Upaya Mengatasinya dengan Scaffolding

Pemecahan masalah sebagai salah satu sebuah kemampuan dasar merupakan keluaran penting dalam pembelajaran. Siswa masih mengalami kesulitan pada proses pemecahan masalah. Diperlukan upaya untuk diperlukan untuk mencari letak kesulitan dan cara mengatasi kesulitan tersebut. Proses tersebut dapat dilakukan dengan melakukan diagnosis terhadap siswa, serta upaya mengatasi kesulitan dapat dilakukan dengan memberikan scaffolding. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan dan upaya mengatasi kesulitan siswa SMA dalam memecahkan masalah Fluida Statis.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang dilakukan pada 4 siswa kelas X B2 SMAN 4 Malang. Subjek penelitian diambil dengan teknik purposing sampling. Data penelitian diambil oleh peneliti dengan memberikan soal pemecahan masalah Fluida Statis kepada 4 siswa dengan teknik think-aloud, selanjutnya peneliti mengidentifikasi kesulitan yang dialami oleh subjek penelitian, yang diikuti dengan pemberian scaffolding berdasarkan kesulitan yang ditemukan. Data yang diperoleh dianalisis dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesulitan yang ditemui subjek penelitian dalam memecahkan masalah fluida statis yaitu (1) kesulitan dalam persamaan Fapung yaitu menggunakan ρbenda yang seharusnya menggunakan ρfluida, (2) kesulitan dalam menggunakan hukum tepat untuk memecahkan masalah yaitu   tidak melibatkan atau wbenda dalam mencari abenda dari persamaan Hukum 2 Newton (3) Kesulitan dalam persamaan yaitu pada ∑F antara Fapung benda dan wbendapada persaaman Hukum 2 Newton (4) kesulitan konsep yaitu pada kedalaman pada pokok bahasan Konsep Tekanan Hidrostatis.  Upaya yang diberikan peneliti untuk mengatasi kesulitan tersebut adalah memberikan scaffolding (1) question prompts domain khusus, (2) simulasi, dan (3) parallel modelling. Adapun saran yang diberikan dari penelitian ini adalah pentingnya pendidik untuk mendiagnosis kesulitan yang dialami oleh siswa sehingga segera dilakukan upaya yang tepat untuk mengatasi tersebut.