DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Metode Peer Tutoring dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SDN Melayu 2 Banjarmasin

Khalida Rozana Ulfah

Abstrak


ABSTRACT

 

Ulfah, Khalida. R.. 2016. Pengaruh Metode Peer Tutoring dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Di SDN Melayu 2 Banjarmasin, Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Anang Santoso, M.Pd., (II) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

Kata kunci: Metode Peer Turoring, Motivasi, Hasil Belajar IPS

Hasil belajar merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran. Hasil belajar bias dipengaruhi oleh motivasi belajar siswa dan metode pengajaran di kelas. Motivasi belajar siswa merupakan dorongan mental yang menggerakkan dan mengarahkan perilaku manusia termasuk perilaku belajar. Motivasi sangat penting bagi aktivitas belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS karena masih banya ksiswa yang menganggap bahwa pelajaran IPS adalah pelajaran yang membosankan.Banyaknya siswa yang masih mendapatkan hasil belajar mata pelajaran IPS dibawah nilai criteria ketuntasan minimal (KKM), hal tersebut dipengaruhi oleh rendahny amotivasi belajar dan kurang efektifnya penggunaan metode pengajaran di kelas. Masih banyaknya guru yang menggunakan metode pembelajaran konvensional (ceramah) dirasa kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu metode pembelajaran yang dapat mendorong siswa sekolah dasar untuk lebih berpartisipasi aktif dan bias meningkatkan hasil belajar adalah metode peer tutoring.

Tujuan dari peneitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh metode peer tutoring terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, 2) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dengan hasil belajar, 3) untuk mengetahui pengaruh interaksi metode peer tutoring dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan desain penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Pengumpulan data dilakukan dengan teknik questioner atau angket untuk motivasi belajar dan data hasil belajar diperoleh dengan memberikan soal pre test dan post test kepada dua kelompok sampel. Dengan objek penelitian siswa kelas V SDN Melayu 2 Banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis two way anova, teknik analisis multivariate yang berfungs iuntuk membedakan rerata lebih dari dua kelompok data dengan membandingkan variansinya.

Hasil penelitian ini didapatkan bahwa untuk mengetahui pengaruh peer tutoring terhadap hasil belajar siswa ditemukan nilai signifikansi sebesar 0.000 0.05 was found with a value of determination (R squared) of 0705, which means that there was a