DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kinerja Akademik Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Perguruan Tinggi

Muhamad Arifin

Abstrak


ABSTRACT

 

Arifin, Muhamad. 2016. Kinerja Akademik Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Perguruan Tinggi. Tesis, Program Studi Pendidikan Kejuruan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ahmad Dardiri, M.Pd.; (II) Dr. Eng. Anik Nur Handayani, M.T.

Kata kunci: Kinerja akademik, kemampuan penyesuaian diri, kepribadian proaktif, pola berpikir, kemandirian belajar, prestasi akademik.

Adanya lulusan SMK yang melanjutkan ke Perguruan Tinggi (Universitas, Politeknik, Institut, dan Sekolah Tinggi). Hal ini yang melatarbelakangi untuk meneliti kinerja Akademik lulusan SMK di setiap Perguruan Tinggi. Kinerja akademik mahasiswa yang diteliti pada penelitian ini terdiri kemampuan penyesuaian diri, kepribadian proaktif, pola berpikir, kemandirian belajar, dan prestasi akademik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap hubungan antara (1) kemampuan penyesuaian diri (X1) dengan prestasi akademik (Z); (2) kepribadian proaktif (X2) dengan prestasi akademik (Z); (3) pola berpikir (X3) dengan prestasi akademik (Z); (4) kemandirian belajar (Y) dengan prestasi akademik (Z); (5) kemampuan penyesuaian diri (X1) dengan kemandirian belajar (Y); (6) kepribadian proaktif (X2) dengan kemandirian belajar (Y); (7) pola berpikir (X3) dengan kemandirian belajar (Y); dan (8) Bagaimana deskripsi nilai dari segi kemampuan penyesuaian diri, kepribadian proaktif, pola berpikir, kemandirian belajar, dan prestasi akademik lulusan SMK yang melanjutkan kuliah di Perguruan Tinggi (baik Universitas, Politeknik, Institut, dan Sekolah Tinggi.

Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat maupun hubungan kausal. Model analisa pola hubungan antar variabel menggunakan analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian adalah mahasiswa lulusan SMK yang melanjutkan kuliah di PerguruanTinggi pada program studi TIK. Jumlah penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dan teknik sampling menggunakan proposional random sampling. Pengumpulan data variabel (X1), (X2), (X3), dan (Y) menggunakan angket tertutup dan variabel (Z) menggunakan dokumentasi. Uji prasyarat analisis penelitian ini telah memenuhi syarat. Untuk mengungkap hubungan secara langsung antara X1, X2, dan X3, dan Y terhadap Z menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan software SPSS. Sedangkan untuk mengungkap hubungan secara tidak langsung antara X1, X2, dan X3 terhadap Y menggunakan analisis regresi ganda dengan bantuan software SPSS.

 

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) dengan (Z); (2) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Z); (3) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X3) dengan (Z); (4) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (Y) dengan (Z); (5) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X1) dengan (Y); (6) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y); (7) ada hubungan yang positif dan signifikan antara (X2) dengan (Y); dan (8) Deskripsi kinerja akademik mahasiswa lulusan SMK di Perguruan Tinggi didapatkan hasil bahwa variabel prestasi akademik di Universitas, Institut dan Sekolah Tinggi dalam kategori rendah. Kemudian di Politeknik dalam kategori tinggi, untuk variabel yang lain nilainya sama di setiap Perguruan Tinggi yakni dalam kategori tinggi. Sehingga saran dari hasil penelitian ini bahwa lulusan SMK lebih cocok untuk melanjutkan kuliah di Politeknik karena prestasi akademik lulusan SMK di Politeknik jauh lebih baik dari pada di Perguruan Tinggi lain. Hal ini dikarenakan sistem pembelajaran di Politeknik tidak jauh berbeda di waktu mereka SMK, dimana sistem pembelajarannya lebih menekankan pada praktikum untuk meningkatkan soft skills mahasiswa, serta ditunjang dengan bekal keahlian yang telah mereka peroleh selama di SMK.