DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi FMIPA UNM Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Analisis data Kependudukan

Erman Syarif

Abstrak


ABSTRAK

Erman Syarif, 2009. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi FMIPA UNM Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Untuk Analisis data Kependudukan. Thesis, Jurusan Pendidikan Geografi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Edy Purwanto. M.Pd (2) Dr. Agus Suryantoro. M.Si

 

 

Kata Kunci: Pemberian Tugas Secara Individu, Hasil Belajar

 

   Penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan bagi mahasiswa program studi pendidikan geografi  dilatar- belakangi oleh permasalahan: (1) hasil belajar mahasiswa pada matakuliah geografi penduduk/demografi tergolong rendah rata-rata untuk angkatan 2005 1,77 dengan rincian nilai A=5%, nilai B=17%, nilai C=41%, nilai D=25%, dan nilai E=12%, dan rata-rata untuk angkatan 2006 1,57 dengan rincian nilai B=10%, nilai C=67%,  nilai D=4%, dan nilai E=19%, (2) motivasi dan aktivitas belajar mahasiswa pada saat pembelajaran rendah, (3) beberapa tugas atau latihan, baik di dalam kelas maupun di rumah tidak diperiksa dan dinilai oleh dosen,  sehingga mereka kurang berminat dan termotivasi, dan (4) beberapa dosen dalam proses pembelajaran hanya menerapkan metode ceramah, tanya jawab, dan diskusi.

Masalah dalam penelitian ini yakni, apakah penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan matakuliah geografi penduduk/demografi dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa geografi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa Jurusan Geografi FMIPA UNM melalui penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan. Penelitian ini dirancang dengan Penelitian  Tindakan Kelas, yang disusun dalam satuan siklus meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiwa melalui penerapan metode pemberian tugas analisis data kependudukan mengalami peningkatan dari siklus I pertemuan I ke siklus I pertemuan II sebesar 4,62%, menuju ke siklus II pertemuan I meningkat sebesar 4,39%, menuju ke siklus II pertemuan II meningkat sebesar 11,50%. Hasil belajar mahasiswa pada siklus I memiliki rata-rata 76,41 dan pada siklus II memiliki rata-rata 86,25 maka diperoleh selisih tingkat keberhasilan untuk hasil belajar sebesar 9,84. Hasil perhitungan yang telah dilakukan menunjukkan hasil persentase keberhasilan sebesar 12,88%.

Berdasarkan  hasil pembahasan, disimpulkan bahwa  ada peningkatan hasil belajar mahasiswa melalui penerapan metode pemberian tugas secara individu analisis data kependudukan. Penerapan metode pemberian tugas secara individu tersebut dapat merangsang pola pikir mahasiswa, sehingga berdampak pada hasil belajar mereka. Oleh sebab itu disarankan  bagi dosen: (1) agar perolehan hasil belajar mahasiswa meningkat sebaiknya temuan penelitian ini dapat digunakan sebagai acuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dengan menerapkan metode pemberian tugas, dan (2) Perlu adanya pengelolaan kelas yang lebih baik terutama dalam mengatasi mahasiswa yang sering membuat ramai dan gaduh dalam proses pembelajaran, sehingga pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar.