DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gaya Bahasa Laki-laki dalam Komunikasi melalui Facebook Komunitas Seniman

Muh. Irfan Mukhlishin

Abstrak


ABSTRACT

 

Gaya Bahasa Laki-laki dalam Komunikasi melalui Facebook Komunitas Seniman

Irfan Mukhlishin, Muh. 2016. Gaya Bahasa Laki-Laki Dalam Komunikasi Melalui Facebook Komunitas Seniman. Tesis. Universitas Negeri Malang. pembimbing I Prof. Dr. Maryaeni, M.Pd., Pembimbing II Dr. Yuni Pratiwi, M.Pd.

Kata Kunci: Gaya Bahasa, Komunikasi, seniman, facebook

Penelitian ini mengkaji gaya bahasa yang digunakan oleh komunitas seniman di kota Malang, khususnya seniman laki-laki dalam berkomunikasi setiap hari di media sosial facebook. Sementara itu, pemilihan seniman laki-laki yang dijadikan subjek penelitian ini pun karena komunitas seniman terdiri dari laki-laki dan perempuan yang tergabung didalamnya maka, di pilih seniman laki-laki didasarkan pada beberapa kriteria, seperti berkesenian di bidang sastra (akademisi), drama teater, musik, dan tari dalam kurun waktu yang cukup lama serta ajeg berkesenian meskipun telah mengalami perbaikan ekonomi (melihat seni sebagai minat, bukan pekerjaan).

Berdasarkan konteks penelitian masalah tersebut di atas, dapat dirumuskan fokus masalah penelitian sebagai berikut: (a) Bagaimana bentuk dan makna gaya bahasa laki-laki komunitas seniman dalam facebook; (b) Bagaimana fungsi gaya bahasa laki-laki komunitas seniman dalam facebook.

Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif. Data dianalisis secara objektif berdasarkan fakta nyata yang ditemukan dan kemudian memaparkannya secara deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode distribusional dalam tiga tahap, yaitu tahap pengumpulan data, tahap penganalisisan data dan tahap penyajian data.

Hasil penelitian gaya bahasa yang digunakan seniman laki-laki di kota Malang adalah gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa pertentangan. Gaya bahasa perbandingan yang digunakan dalam komunikasi di media sosial facebook adalah Personafikasi, simile, epanortesis, perifrasis. Gaya bahasa pertentangan yang banyak digunakan dalam komunikasi di media sosial facebook adalah hiperbola, satire, aksimoron, sinisme, dan klimak. Fungsi gaya bahasa yang banyak digunakan oleh para seniman dalam komunikasi di media sosial facebook adalah instrumental, regulatoris, intraksional, imajinatif, dan representasional.

 

Kesimpulan dari penelitian ini gaya bahasa yang digunakan seniman laki-laki di kota Malang melalui media sosial facebook  adalah gaya bahasa perbandingan dan pertentangan. Fungsi gaya bahasa instrumental, regulatoris, intraksional, imajinatif, dan representasional. Saran untuk peneliti selanjutnya agar meneliti tentang tindak tutur atau kesantunan para seniman yang ada di kota Malang dalam komunikasi melalui media sosial facebook.