DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GEOGRAFI SMA KELAS XI MODEL CAMBRIDGE IGCSE

Wiwik Sri Utami

Abstrak


ABSTRACT

 

Wiwik Sri Utami, 2016, Pengembangan Bahan Ajar Geografi Kelas XI Model Cambridge IGCSE. Disertasi, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Dr. I Nyoman Ruja, SU, (III)  Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

Kata Kunci: bahan ajar, model Cambridge IGCSE, pengalaman belajar, kompetensi belajar peserta didik

Perubahan kurikulum dari kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) menjadi kurikulum 2013 membawa perubahan pada empat aspek perubahan antara lain perubahan standar kompetensi peserta didik, standar isi, standar proses dan standar  penilaian. Perubahan menuntut pencapaian kompetensi belajar peserta didik tidak hanya pada aspek pengetahuan tetapi juga menekankan pada pencapaian keterampilan dan sikap peserta didik. Konsekuensi lain dengan  perubahan kurikulum adalah pada penggunaan bahan ajar yang dapat membantu peserta didik untuk mencapai kompetensi belajar. Bahan ajar model Cambridge IGCSE mampu membantu peserta didik untuk belajar mandiri, belajar aktif dan memberikan pengalaman belajar yang bermakna yang bermuara pada pencapaian kompetensi belajar peserta didik.

Tujuan penelitian dan pengambangan ini antara lain: 1) menyusun bahan ajar Geografi SMA Kelas XI  yang menekankan pada pencapaian kompetensi belajar Geografi dengan model Cambridge IGCSE, 2) menguji efektivitas bahan ajar Geografi SMA Kelas XI model Cambridge IGCSE.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dalam bidang pendidikan yang fokus pada pengembangan bahan ajar  Geografi SMA Kelas XI dengan model Cambridge IGCSE. Dalam pengembangan bahan ajar tersebut digunakan model pengembangan Dick & Carey. Bahan ajar diuji kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Uji kelayakan dilakukan oleh 3 orang tenaga ahli dan 5 orang guru pengajar mata pelajaran Geografi. Teknik analisis menggunakan N-gain score.

Hasil penelaahan ahli materi pembelajaran Geografi, desain pembelajaran dan ahli bahasa menyatakan bahwa bahan ajar dengan model Cambridge IGCSE sangat layak untk digunakan dalam pembelajaran geografi. Selain itu  bahan ajar juga memiliki efektivitas dalam pembelajaran. Hal ini dilihat dari tingkat keterbacaan yang tinggi sebagai buku teks dan respon yang baik dari peserta didik dalam belajar dengan bahan ajar dengan model Cambridge IGCSE. Sikap dan partisipasi peserta didik dalam belajar juga baik. Dari hasil tes menunjukkan bahwa N-gain score sebesar 0,61 yang berarti peran bahan ajar dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik dalam kategori sedang. Dari uji lapangan menunjukkan bahwa keterampilan geografi sangat baik dengan rata-rata >75.

Buku siswa yang dikembangkan dengan model Cambridge IGCSE dapat digunakan secara luas untuk pembelajaran Geografi di SMA/MA. Hal ini mengacu pada respon peserta didik yang positif dalam menggunakan buku siswa saat pembelajaran. Peserta didik juga memperoleh pengalaman belajar yang bermuara pada pencapaian kompetensi belajar Geografi. Buku siswa dapat digunakan dalam pembelajaran oleh  seluruh peserta didik kelas XI SMA/MA.

ABSTRACT

 

Wiwik Sri Utami, 2016, The Development of Geography Teaching Materials for Grade XI By Using Cambridge IGCSE Model. Dissertation, Department of Geography Education, Post Graduate, State University of Malang. Supervisor (I) Prof. Dr. Sumarmi, M. Pd, (II) Dr. I Nyoman Ruja, SU, (III) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si.

Keywords: Teaching materials, Cambridge IGCSE Model, Learning Experience, Competence of Learners

The Changes in the curriculum from kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) into Curriculum 2013 brought the changes to four aspects including the standard of competence of learners, content standards, process standards and assessment standards. Changes require achievement of competence of learners not only in the aspect of knowledge, but also emphasizes on achieving the skills and attitudes of learners. Another consequence of the changes is the use of teaching materials that can help learners to achieve the learning competencies. Cambridge IGCSE teaching material model is capable of helping learners to learn to be independent, active and provide meaningful learning experiences which lead to the competence achievement of learners.

The purposes of this research and development are to: 1) develop Geography teaching material for Grade XI in High School which emphasizes on the learning competencies by using Cambridge IGCSE model, 2) Test the effectiveness of Geography teaching material for Grade XI in High School by using Cambridge IGCSE model.

This is Research and Development in the field of education that focuses on the development of Geography teaching material for Grade XI in High School by using Cambridge IGCSE model. This study used Dick & Carey model of development. Teaching materials were tested for the feasibility of the content, presentation, linguistic, and graphic. The feasibility test was conducted by 3 experts and 5 Geography teachers. The analysis technique used in this study is N-gain score.

The results showed that based on the review from material, instructional design and language expert stated that the Geography teaching materials by using Cambridge IGCSE model is very feasible to be used in teaching Geography. In addition, the teaching materials also have effectiveness in learning. It can be seen from a high reading level as a textbook and good responses from students in learning with Geography teaching materials by using Cambridge IGCSE model. Attitude and participation of students in learning are also considered good. From the test results showed that the N-gain score is 0.61 which means that the role of teaching materials to enhance the knowledge of students is in medium category. From a field test showed that the Geography skills are excellent with an average of> 75.

 

Student books which are developed by using Cambridge IGCSE model could be widely used to study Geography at High school. It refers to the positive response of learners in the use of books they are currently learning. Learners also acquire learning experiences that lead to the achievement of Geography learning competencies. The book is also suitable to all students of grade XI in High Schools.