DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ISOLASI, KARAKTERISASI DAN IDENTIFIKASI MIKOFLORA DARI RIZOSFER TANAH PERTANIAN TEBU (Saccharum officinarum L) SEBAGAI BAHAN AJAR KINGDOM FUNGI UNTUK SISWA KELAS X SMA

YESY MAULINA NADHIFAH

Abstrak


ABSTRACT

 

ISOLASI, KARAKTERISASI DAN IDENTIFIKASI MIKOFLORA DARI RIZOSFER TANAH PERTANIAN TEBU (Saccharum officinarum L) SEBAGAI BAHAN AJAR KINGDOM FUNGI UNTUK SISWA KELAS X SMA

Nadhifah, Yesy. 2015. Isolasi, Karakterisasi dan Identifikasi Mikoflora dari Rizosfer Tanah Pertanian Tebu (Saccharum officinarum L.) sebagai Bahan Ajar Kingdom Fungi untuk Siswa Kelas X SMA. Tesis, Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Dra. Utami Sri Hastuti, M.Pd, (II) Dr. H. Istamar Syamsuri, M.Pd.

Kata Kunci: mikoflora, rizosfer, tanah pertanian tebu, bahan ajar kingdom fungi

Tanah pertanian, khususnya di daerah rizosfer, yaitu di sekitar perakaran tanaman merupakan habitat dari berbagai spesies kapang yang hidup di dalamnya. Di antara spesies-spesies kapang, ada yang bersifat saprofit dan ada pula yang bersifat parasit pada akar tanaman. Di lahan pertanian tebu Cemorokandang, kota Malang, sebagian besar tanaman tebu terserang penyakit, dengan gejala terdapat bercak-bercak berwarna putih pada batang tebu. Pada saat panen tebu, bagian batang yang mempunyai bercak-bercak tersebut harus dipotong lagi oleh para petugas pabrik gula, sehingga batang tebu yang dijual ke pabrik gula menjadi pendek. Hal ini merugikan para petani tebu. Bercak-bercak putih tersebut disebabkan oleh kapang parasit.

Para siswa telah mengenal kapang yang tumbuh di alam antara lain pada makanan, buah-buahan, kayu, kulit tanaman, kulit manusia; tetapi mereka belum mengenal kapang yang hidup di dalam tanah pertanian. Belum ada media belajar berbentuk modul yang dilengkapi dengan kegiatan pengamatan menggunakan preparat kapang. Berdasarkan hasil observasi tersebut, maka perlu dikembangkan sebuah bahan ajar berupa modul dan preparat kapang permanen untuk kegiatan praktikum yang dibuat berdasarkan hasil penelitian. Hal ini bertujuan agar siswa dapat lebih memahami konsep Biologi khususnya materi Kingdom Fungi dengan lebih jelas dan memberi informasi kepada siswa dan guru tentang beberapa spesies kapang tanah.

Penelitian ini terdiri atas 2 tahap, yaitu tahap I: penelitian deskriptif eksploratif mengenai karakterisasi dan identifikasi spesies-spesies kapang di rizosfer tanah pertanian tebu dan, tahap II: penelitian pengembangan yaitu menyusun modul tentang Kingdom Fungi berdasarkan hasil penelitian tahap I dengan memodifikasi model pengembangan Four-D (4-D) dari Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengidentifikasi spesies-spesies kapang yang terdapat dalam tanah pertanian tebu, 2) menentukan spesies kapang yang paling dominan dalam tanah pertanian tebu, 3) mengkaji secara deskriptif tentang peranan spesies-spesies kapang yang ditemukan dalam rizosfer tanah pertanian tebu, dan 4) menyusun bahan ajar Biologi berupa modul Kingdom Fungi dan preparat permanen  untuk praktikum siswa yang dihasilkan melalui penelitian ini. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan ciri mikroskopis kapang, angket wawancara, lembar validasi untuk ahli materi Mikologi dan ahli bahan ajar, serta angket respon siswa. Ana­li­sis data secara observasional dan deskriptif kualitatif.

 

Hasil penelitian ini ialah: 1) berdasarkan hasil identifikasi spesies-spesies kapang yang terdapat dalam tanah pertanian tebu ditemukan 7 spesies kapang, yaitu, Trichoderma harzianum, Penicillium nalgiovense, Penicillium corylophilum, Penicillium funiculosum, Penicillium camemberti, Aspergillus ochraceus, dan Penicillium citrinum, 2) spesies kapang yang paling dominan dalam tanah pertanian tebu adalah Trichoderma harzianum dengan total jumlah 1,8 x 104 cfu/g sampel tanah, dan 3) telah tersusun bahan ajar Biologi berupa modul Kingdom Fungi dan preparat kapang permanen untuk kegiatan belajar mengajar Biologi bagi para siswa SMA.