DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Booklet Program KawasanRumahPangan Lestari (KRPL) dan Pengaruhnya Terhadap Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan Masyarakat Kota Malang

FERDIANA - -

Abstrak


ABSTRACT

 

Ferdiana. 2016.  Pengembangan Booklet Program KawasanRumahPangan Lestari (KRPL) dan Pengaruhnya Terhadap Pengetahuan Lingkungan dan Sikap Peduli Lingkungan Masyarakat Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati M.S, (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si.

Kata Kuci: ketahanan pangan, kawasan rumah pangan lestari, booklet¸ pengetahuan lingkungan, sikap peduli lingkungan.

Upaya untuk meningkatkan ketahanan pangan dan gizi keluarga dapat dilakukan dengan pemanfaatan sumber daya yang tersedia dan lahan pekarangan oleh rumah tangga melalui program Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Tujuan penelitian dan pengembangan ini menghasilkan booklet  KRPL yang valid yang menggunakan model pengembangan Borg&Gall (1983) yang mampu mempengaruhi pengetahuan lingkungan dan sikap peduli lingkungan. Tempat uji kelompok kecil di Kelurahan Lowokwaru dan uji kelompok besar di Kelurahan Bandungrejosari dan Kelurahan Bareng Kota Malang. Waktu penelitian yaitu Mei-Juni 2016. Rancangan penelitian uji kelompok besar menggunakan eksperimen semu.

Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh rerata penilaian validasi ahli materi 76,1% dengan kategori valid, rerata penilaian ahli media 90,5% dengan kategori sangat valid, dan rerata praktisi lapangan 76,5% dengan kategori valid. Rerata uji keterbacaan 80% menunjukkan sangat valid dan dapat digunakan sebagai materi penyuluhan pada kelompok besar.Hasil uji dengan menggunakan Anakova yaitu ada perbedaan rerata skor posttest pengetahuan lingkungan dan tidak ada perbedaan pada sikap peduli lingkungan antara masyarakat yang menggunakan booklet KRPL dan menggunakan slide powerpoint. Rerata skor kovariat berupa pretest tidak berpengaruh terhadap rerata skor posttest pengetahuan lingkungan(p=0,033α= 0,05) tidak berpengaruh terhadap hasil posttest sikap peduli lingkungan. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan rerata skor posttest pengetahuan lingkungan dan tidak ada perbedaan pada posttest sikap peduli lingkungan antara masyarakat yang menggunakan booklet KRPL dan menggunakan powerpoint. Rerata skor kovariat berupa pretest tidak berpengaruh terhadap rerata skor posttest pengetahuan lingkungan tetapi pada sikap peduli lingkungan rerata skor pretest tidak berpengaruh terhadap rerata skor posttest.

ABSTRACT

 

Ferdiana. 2016. Booklet Program of Sustainable Reserve Food Garden Region Development and It’s Affect on Environmental Knowledge and Environmental Awareness of Malang People. Master Thesis. Biology Education Major. Post-Graduate State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie IrawatiM.S, (II) Prof. Dr. Ir. Suhadi, M.Si.

Keywords: food security, sustainable reserve food garden, booklet, environmental knowledge, environmental awareness.

Effort to increase food security and nutrition of family can be used with utilization of available resources and yard by households through the Sustainable Reserve Food Garden program. The purpose of this research produce a booklet of Sustainable Reserve Food Garden with valid criteria based on Borg & Gall (1983) development model that affects the environmental knowledge and environmental awareness of society. The small test group location is in Lowokwaru and large test group in Bandungrejosari and Bareng Malang city. Time of the research is from May to June 2016. The design of study usesquasy experiment.

 

According to expert validation, it gains 76.1% average scores from expert validatorin valid category, 90.5% average scores from media expert in very valid category, and 76.5% in valid category. 80% average scores of readable test shows it can be used as extension materials and large test group. The results of Anacova test are there are differences between the mean scores of posttest of environmental knowledge and enviromental awareness among society who use bookletand powerpoint. Average of covariate scores(pretest) does not affect on the mean scores of environmental knowledge posttest (p=0.033α= 0.05)does not affectenviromental awarenessposttest results. The conclusions of this research are there are differences between the mean scores of environmental knowledge posttest and does notaffect the enviromental awareness pretest among society who use booklet and powerpoint. Average of scores covariate (pretest) does not affect on the posttest scores mean of environmental knowledge andonenviromental awareness pretest mean scores does not affect the average posttest scores.