DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif-Perilaku untuk Meningkatkan Efikasi-diri Akademik (EDA) Siswa SMP.

LUHUR . WICAKSONO

Abstrak


ABSTRACT

 

Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif-Perilaku untuk Meningkatkan Efikasi-diri Akademik (EDA) Siswa SMP.

Wicaksono, Luhur.  2015.  Keefektifan Konseling Modifikasi Kognitif-Perilaku untuk Meningkatkan Efikasi-diri Akademik (EDA) Siswa SMP. Disertasi, Program Studi Bimbingan dan Konseling, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. I Nyoman Sudana Degeng, M. Pd., (II) Dr. H. Adi Atmoko, M.Si., (III) Prof. Dr. Hj. Nur Hidayah, M.Pd.

Kata Kunci: efikasi-diri akademik (EDA), konseling modifikasi kognitif-perilaku, siswa SMP.

Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa efikasi-diri akademik berpengaruh pada capaian prestasi akademik siswa. Efikasi-diri akademik merupa-kan keyakinan diri dan pengharapan hasil individu mengenai kemampuan dan kompetensi untuk melakukan tugas khusus (tugas akademik), juga melakukan kontrol atas hidup mereka dalam kegiatan akademik. Konseling modifikasi kognitif perilaku (MKP) merupakan konseling yang bertujuan memecahkan masalah berkaitan dengan pikiran (kognisi), emosi, dan perilaku melalui orientasi tujuan serta prosedur yang sistematis. Teknik yang digunakan adalah pemodelan.

Tujuan penelitian iniadalah mengetahui keefektifan konseling modifikasi kognitif perilaku (MKP) dalam meningkatkan efikasi-diri akademik (EDA) siswa SMP. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Intervensi diberikan kepada 10 siswa sebagai subyek dengan rincian 5 siswa kelompok eksperimen, dan 5 siswa kelompok kontrol; siswa berasal dari kelas VIII SMP Negeri 2 Kota Malang tahun akademik 2015/2016 yang memiliki skor efikasi-diri akademik rendah berdasarkan pengukuran skala iventori EDA. Skala inventori EDA mempunyai nilai validitas butir total (product moment) dengan r lebih besar dari 0,216. Reliabilitasnya dengan alpha cronbach (r hitung) sebesar 0,901. Artinya inventori tersebut dalam kategori dapat memberikan hasil pengukuran yang bisa dipercaya serta layak digunakan sebagai alat pengumpul data. Analisis data numerik (angka) menggunakan two independent-sample test-Mann-Withney-U. Sedangkan data non-numerical dianalisis dan digunakan sebagai pelengkap.

Hasil analisis data numerik (angka) untuk nilai Z hitung = - 0, 2,619 dan asymp. sig. (2-tailed) adalah 0,009 < 0,05, maka Ho ditolak. Artinyakonseling modifikasi kognitif perilaku (MKP) efektif meningkatkan efikasi-diri akademik (EDA) siswa SMP. Analisis proses konseling menunjukkanbahwa konseli yang pada awalnya mengalami EDA rendah berubah mengalami peningkatan  menjadi lebih tinggi.

 

Saran penelitian sebagai berikut (1) konseling modifikasi kognitif perilaku (MKP) dengan teknik Pemodelan (M) dapat digunakan oleh konselor untuk meningkatkan EDA siswa SMP, (2) perlu adanya tindaklanjut penelitian dengan pendekatan dan teknik konseling yang berbeda (dari pendekatan konseling modifikasi kognitif perilaku dengan teknik pemodelan), untuk mengetahui apakah dengan pendekatan dan teknik lain  juga terjadi peningkatan efikasi-diri akademik (EDA) dengan mengacu pada teori efikasi-diri Bandura, (3) perlu dilakukan penelitian dengan melibatkan sampel dari berbagai sekolah untuk mengetahui apakah eksperimen konseling modifikasi kognitif perilaku dengan teknik pemodelan (M) dapat diterapkan pada lingkup yang lebih besar.