DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Produktif TKJ Di SMK Widyagama Malang.

Fahmi Efendi Yusuf

Abstrak


ABSTRACT

 

Yusuf, Fahmi Efendi. 2016. 130551818126. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Produktif TKJ Di SMK Widyagama Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Waras, M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Ir. H. Syaad Patmanthara, M.Pd.

Kata Kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Pelajaran Produktif TKJ.

Teknologi informasi bermanfaat hanya sebagai media informasi yang sangat berperan penting dalam mencari informasi, hal ini berbanding terbalik dengan yang ada di SMK Widyagama malang, terutama pada masalah pembelajaran masih dilaksanakan dengan metode konvensional yakni guru hanya melakukan ceramah bermakna berbantuan power point. Presentasi yang digunakan masih sebatas media statis, sehingga untuk konsep aliran data pada jaringan kurang bisa dipahami oleh siswa, sedangkan para siswa-siswi SMK Widyagama Malang pada saat ini sudah dibekali TAB Android. Untuk mengatasi keterbatasan tersebut maka digunakan media pembelajaran LAN berbasis multimedia interaktif sebagai media dalam pembelajaran. Untuk menghasilkan produk pengembangan. Penelitian melakukan uji coba ahli media, ahli materi dan siswa–siswi SMK Widyagama Malang.

Penelitian ini merupakan Research and Development yang terdiri dari 10 tahapan, yaitu: (1) mengedintifikasi kebutuhan; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi produk. Secara garis besar validator dalam penelitian antara lain 12 orang Ahli Media, 2 orang Ahli Materi, 2 orang uji coba perorangan dan 12 orang siswa TKJ kelas XI SMK Widyagama. Sampel uji coba ditetapkan teknik porposive sampling.

Hasil penelitian pengembangan berupa web multimedia Pembelajaran Interaktif kompetensi produktif TKJ. Produk  telah  divalidasi  dan  layak  digunakan  sebagai  salah  satu alternatif  media  pembelajaran  interaktif TKJ di  sekolah,  dengan  hasil validasi  dari   ahli   media  rata-rata  sebesar   95,14%,  ahli  materi memberikan nilai  rata-rata sebesar 90,63%, hasil uji coba perorangan 93,40% dan hasil validasi siswa 94.98%.

ABSTRACT

Yusuf, Fahmi Efendi . 130551818126. 2016. Development of Interactive Multimedia Learning Media Based On Productive Subjects TKJ SMK Widyagama In Malang. Supervisor ( I) Prof. Dr. Waras, M.Pd. Supervisor ( II ) Dr.Ir.H. Syaad Patmanthara, M.Pd.

Keywords: Multimedia Interactive Learning, Earning Lesson TKJ

Information technology useful only as a medium of information is a very important role in the search for information, it is inversely proportional to that existing in SMK Widyagama unfortunate, especially on the issue of learning is carried out with conventional methods that teachers simply do meaningful assisted power point lecture. Presentations used are limited to static media, so as to the concept of data flow on the network is less understood by the students, while the students of SMK Widyagama Malang at this point is equipped with TAB Android. To overcome these limitations, the use of instructional media LAN-based interactive multimedia as a medium of learning. To produce the product development. Research to test media experts, subject matter experts and vocational students Widyagama Malang.

This study is a Research and Development consists of 10 stages, namely: (1) mengedintifikasi needs; (2) data collection; (3) the design of the product; (4) design validation; (5) The revision of the design; (6) product trials; (7) the revision of the product (8) utility testing; (9) the revision of the product; (10) production. Broadly speaking, the validator in the study include a 12 Expert Media, 2 Expert Materials, 2 individual testing and 12 students of class XI TKJ SMK Widyagama. Sample test set purposive sampling technique.

 

The results of research and development in the form of multimedia web Interactive Learning TKJ productive competence. The products have been validated and fit for use as an alternative medium of interactive learning at school TKJ, with the results of the validation of media experts on average by 95.14%, material experts give an average value of 90.63%, the result of individual testing 93 , 40% and 94.98% students of validation results.