DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berkonteks Socioscientific Issues (SSI) terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa

Amalia Cahyarini

Abstrak


ABSTRACT

 

Cahyarini, Amalia. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Berkonteks Socioscientific Issues (SSI) terhadap Penguasaan Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Asam Basa. Tesis, Program Studi Pendidikan Kimia, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D., (II) Dr. Yahmin, S.Pd, M.Si.

Kata Kunci: learning cycle 5E, socioscientific issues, penguasaan konsep, keterampilan berpikir kritis, asam basa

Literasi sains merupakan salah satu tujuan utama pendidikan sains. Penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis merupakan komponen dalam literasi sains. Oleh karena itu, pembelajaran yang dapat meningkatkan penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis diperlukan guna menciptakan generasi yang “melek sains”, diantaranya melalui penerapan pembelajaran berkonteks socioscientific issues (SSI). Salah satu materi kimia yang sesuai dibelajarkan dengan konteks SSI adalah asam basa. Penerapan pembelajaran berkonteks SSI pada materi asam basa diduga akan memberikan hasil penguasaan konsep dan keterampilan berpikir kritis yang lebih baik jika dipadukan dengan model pembelajaran berbasis inkuiri yaitu learning cycle 5E. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji: (1) perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; (2) perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; (3) perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E; (4) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; (5) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; dan (6) perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E.

Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu posttest only control group design. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas, yaitu kelas XI MIA-4 (n = 32) yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E, kelas XI MIA-5 (n = 33) yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI, dan kelas XI MIA-6 (n = 32) yang dibelajarkan dengan metode konvensional. Sampel dipilih dengan teknik convenience sampling. Instrumen penelitian berupa soal pilihan ganda yang terdiri dari 20 soal penguasaan konsep (r = 0,850) dan 15 soal berpikir kritis (r = 0,806). Data penelitian dianalisis menggunakan uji statistik one way ANOVA dengan uji post hoc LSD.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; (2) ada perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; (3) tidak ada perbedaan penguasaan konsep siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E; (4) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; (5) ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E dan siswa yang dibelajarkan dengan metode konvensional; dan (6) tidak ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E berkonteks SSI dan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle 5E.

ABSTRACT

Cahyarini, Amalia. 2016. The Effect of 5E Learning Cycle Instructional Model using Socioscientific Issues (SSI) Learning Context on Students’ Conceptual Understanding and Critical Thinking Skills on Acid Base. Thesis, Chemistry Education Program, Postgraduate, State University of Malang. Advisors: (I) Prof. Dra. Sri Rahayu, M.Ed., Ph.D, (II) Dr. Yahmin, S.Pd, M.Si.

Keywords: learning cycle 5E, socioscientific issues, conceptual understanding, critical thinking skills, acid base concept

Scientific literacy is one of the main goals of science education consisted of multiple components including conceptual understanding and critical thinking. Learning to improve these two components, conceptual understanding and critical thinking skills, is required to create a generation of "scientific literate", that can be obtained by implementing socioscientific issues (SSI) learning context. One of chemistry topic regarding to the SSI learning context is an acid base. Implementing SSI learning context on acid base topic is expected to improve conceptual understanding and critical thinking skills when combined with inquiry-based learning model that is 5E learning cycle. The aims of this study were to investigate: (1) the difference of students' conceptual understanding who taught using 5E learning cycle model with SSI learning context and conventional method; (2) the difference of students' conceptual understanding who taught using 5E learning cycle model and conventional method; (3) the difference of students' conceptual understanding who taught using 5E learning cycle model with SSI learning context and 5E learning cycle model; (4) the difference of students' critical thinking skills who taught using 5E learning cycle model with SSI learning context and conventional method; (5) the difference of students' critical thinking skills who taught using 5E learning cycle model and conventional method; and (6) the difference of students' critical thinking skills who taught using 5E learning cycle model and 5E learning cycle model.

This study used quasi-experimental posttest only control group design. The sample consisted of three classes, and selected by convenience sampling technique, which were XI MIA-4 class (n = 32) was taught using 5E learning cycle model, XI MIA-5 class (n = 33) was taught using 5E learning cycle with SSI learning context, and XI MIA-6 class (n = 32) was taught using conventional method. The instrument test consisted of 20 items of multiple choice test of conceptual understanding (r = 0.850) and 15 items of multiple choice test of critical thinking skill (r = 0.806). The data were analyzed using one way ANOVA test and LSD posthoc test.

 

The results of this study indicated that: (1) there was significant difference on students’ conceptual understanding between students who taught using 5E learning cycle model with SSI learning context and students who taught using conventional method; (2) there was significant difference on students’ conceptual understanding between students who taught using 5E learning cycle model and students who taught using conventional method; (3) there was no significant difference on students’ conceptual understanding between students who taught using 5E learning cycle model with SSI learning context and students who taught using 5E learning cycle model; (4) there was significant difference on students’ critical thinking skills between students who taught using 5E learning cycle model with SSI learning context and students who taught using conventional method; (5) there was significant difference on students’ critical thinking skills between students who taught using 5E learning cycle model and students who taught using conventional method; and (6) there was no significant difference on students’ critical thinking skills between students who taught using 5E learning cycle model with SSI learning context and students who taught using 5E learning cycle model.