DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BUKU PINTAR ELEKTRONIK TEKS EKSPOSISI BAGI SISWA SMP KELAS VII

Heri Susanto

Abstrak


ABSTRACT

 

Fitern, Heris Hulay. 2016. Peran Guru Geografi pada Pembinaan Olimpiade Sains Nasional di SMA Darul Ulum 2 Jombang Unggulan BPPT Cambridge International School (CIS) ID 113 Dalam Perspektif Konstruksionistik. Tesis. Progam Studi Pendidikan Geografi, Progam Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.P (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si.

Kata kunci : Peran guru, pembinaan, olimpiade sains nasional

Guru memiliki peran penting dalam pembelajaran dan pengembangan  siswa, seperti dalam menentukan kesuksesan siswa dalam olimpiade sains nasional. Penelitian ini dilaksanakan untuk menjelaskan pola pembinaan dan peran guru geografi dalam pembinaan siswa olimpiade sains nasional. Tujuan penelitian ini untuk 1) menjelaskan pola pembinaan olimpiade sains nasional yang dilakukan oleh guru geografi; 2) menjelaskan peran guru geografi dalam membina siswa olimpiade sains nasional.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, pendekatan konstruksionistik, bertujuan untuk ini memahami tindakan individu. subjek dalam penelitian adalah guru geografi, siswa yang mengikuti olimpiade, dan wakil kepala sekolah bidang pengembangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian ini pertama, pola  pembinaan di SMA 2 Darul Ulum Jombang dimulai dari: Perencanaan yaitu pembentukan tim olimpiade, persiapan materi dan soal, Persiapan sarana prasarana, pembentukan jadwal pembinaan; Pelaksanaan meliputi (1) Pendataan minat (2) Tes pengetahuan umum (3) Tes wawancara (5) Pleno (6) Pembinaan (7) Olimpiade Sains Kabupaten (8) Olimpiade Sains Provinsi (9) Olimpiade Sains Nasional; Pengawasan, dan  evaluasi. Kedua peran guru geografi dalam pembinaan siswa olimpiade di SMA 2 Darul Ulum Jombang memuat 20 peran yaitu guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, pelatih, penasehat, pembaharu (inovator), model dan teladan, pribadi, peneliti, pendorong kreatifitas,  pembangkit pandangan, pekerja rutin, pemindah kelas, pembawa cerita, aktor,  emansipator, evaluator, pengawet ilmu, kulminator, pembangkit spiritual.

ABSTRACT

Fitern, Heris Hulay. 2016. The Role of Geography Teachers in the Construction of National Science Olympiad in SMA Darul Ulum Jombang Featured 2 BPPT Cambridge International School (CIS) EN 113 In Konstruksionistik Perspective. Thesis. Geography Education Study Program, Post Graduate Program, State University of Malang. Supervisor: (I) Prof. Dr. Ach. Fatchan, M.Pd, M.P (II) Dr. Singgih Susilo, M.S, M.Si.

Keywords:  Role of teachers, construction, National Science Olympiad

Teachers have an important role in the learning and development of students, such as in determining the success of students in the National Science Olympiad. This research was conducted to explain the pattern of development and the role of teachers of geography in the construction of National Science Olympiad students. The aim of this study was to 1) to explain the construction of National Science Olympiad conducted by the teacher of geography; 2) explain the role of teachers in building students' geographical National Science Olympiad.

This study used a qualitative research method, konstruksionistik approach, it aims to understand the actions of individuals. The subject was geography teacher, students who follow the Olympics, and the vice principal field of development. In collecting data, researchers use interviewing techniques and documentation.

 

The first findings of this research, the construction pattern in SMA 2 Darul Ulum Jombang beginning of planning the formation of the Olympic team, and the preparation of materials, preparation of infrastructure, creation of construction schedule; Implementation includes (1) Data Collection interests (2) the general knowledge test (3) interview test (5) Plenary (6) Construction (7) District Science Olympiad (8) Provincial Science Olympiad (9) National Science Olympiad; Monitoring, and evaluation. The second role of geography teachers in the construction of student olympiad in SMA 2 Darul Ulum Jombang either 20 the role of the teacher as an educator, teacher, conselor, coach, advisor, innovator (innovator), a model and example, private investigators, driving creativity, generating insights, employees routine, moving class, storyteller, actor, emansipator, evaluator, preservatives science, kulminator, spiritual power.