DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kreatif, dan Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas VII dengan Pembelajaran Model Low Levels of Inquiry

Fitri Fatimah

Abstrak


Fitri Fatimah. 2016. Keterampilan Proses Sains, Berpikir Kreatif, dan Penguasaan   Konsep   IPA Siswa   Kelas  VII dengan Pembelajaran Model  Low Levels of Inquiry. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar Konsentrasi IPA Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc, Ph.D. (II) Dr. Markus Diantoro, M.Si.

Kata kunci : keterampilan proses sains, berpikir kreatif, penguasaan   konsep   IPA, model  Low Levels of Inquiry

 

Perubahan paradigma pembelajaran di abad 21 menuntut siswa untuk belajar dan mengkonstruksi  pengetahuannya sendiri. Keterampilan proses sains dan berpikir kreatif merupakan keterampilan yang perlu dimiliki setiap siswa saat ini. Namun keterampilan-keterampilan tersebut masih rendah bagi siswa Indonesia termasuk siswa kelas VII di SMP Negeri 9 Pontianak yang akhirnya berpengaruh pada penguasaan konsep siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, maka digunakan  pembelajaran model Low Levels of Inquiry mulai dari level discovery learning sampai inquiry lesson. Penelitian ini bertujuan utuk mendeskripsikan keterampilan proses sains, berpikir kreatif, penguasaan   konsep   IPA siswa SMP kelas VII dengan pembelajaran model  Inquiry pada materi ciri-ciri dan klasifikasi makhluk hidup.

Penelitian ini menggunakan mixed methods desain embedded terhadap siswa kelas VII SMPN 9 Pontianak tahun ajaran 2015/2016. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A (36 orang) sebagai kelas eksperimen  dan siswa kelas VII B (36 orang) sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Data penelitian meliputi data kualitatif dan data kuantitatif. Analisis data kualitatif dilakukan dengan mendeskripiskan data keterampilan proses sains, berpikir kreatif siswa dengan pembelajaran model  Low Levels of Inquiry. Data kuantitatif yang berupa hasil pretes dan posttes keterampilan proses sains, berpikir kreatif, dan penguasaan konsep IPA dianalis dengan N-gain.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan proses sains meliputi rudimentary skills, basic skills, intermediate skills terbentuk sesuai dengan proses pembelajaran pada tiap-tiap pertemuan setelah dilakukan pembelajaran model Inquiry, keterampilan berpikir kreatif masing-masing siswa berkembang dengan baik untuk tiap pertemuan setelah dilakukan pembelajaran dengan pembelajaran model  Low Levels of Inquiry, peningkatan keterampilan proses sains dan berpikir kreatif memberikan dampak pada  peningkatan penguasaan konsep IPA siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran model Low Levels of Inquiry dapat mengembangkan keterampilan proses sains, berpikir kreatif dan meningkatkan penguasaan konsep siswa pada pembelajaran IPA.