DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA CD INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI DI SD/MI KELAS IV

HAYUMUTI HAYUMUTI

Abstrak


ABSTRACT

 

Hayumuti.2016.Pengembangan multimedia CD interaktif pada Pembelajaran

Tematik  Tema Selalu Berhemat Energi di SD/ MI Kelas IV.Tesis, Program

Studi Teknologi Pembelajaran, Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo, MSc, Ph.D, (II) Dr. Susriyati

Manahal, M.Pd.

Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia, Lee dan Owen, CD Interaktif

Pembelajaran yang diterapkan saat ini di pendidikan sekolah dasar (SD) salah

satunya adalah pembelajaran tematik. Sebagai seorang pendidik sudah sepatutnya

dan seharusnya dituntut untuk menciptakan ide-ide pembelajaran yang menarik

sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa. Studi awal penelitian

mengunakan 5 sekolah yaitu SDN Brenggolo, SDN Kawedusan I, SDN Pranggang 2,

SDN Punjul 2 dan SDN Klanderan Kediri sebagai obyek penggalian data awal

kondisi dan fakta pembelajaran di lapangan, agar hasil pengembangan multimedia

dapat  diterapkan di berbagai sekolah. 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran

berbasis Multimedia CD Interaktif pembelajaran tematik terpadu pada tema “Selalu

Berhemat Energi” untuk siswa kelas IV B SDN Klanderan Kediri. Model

pengembangan adalah model pengembangan Lee dan Owens (2004) dengan

prosedur: (1) Assessment/Analisis terdiri dari analisis kebutuhan dan front-end, (2)

Desain; (3) Pengembangan, (4) Implementasi; (5) Evaluasi. Desain validasi

menggunakan; uji  Validasi ahli, coba kelompok kecil, uji  coba lapangan dan uji

coba bentuk evaluasi formatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara,

catatan lapangan dan angket. Teknik analisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif

dan analisis deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian  adalah: (1) Hasil penilaian ahli pengembangan: (a) nilai oleh

ahli Multimedia mencapai skor 85,62%. (b) nilai oleh ahli Materi mencapai skor

79,66 %. Kedua skor ini berada pada kriteria layak, tetapi masih ada yang perlu

diperbaiki agar hasilnya sesuai dengan apa yang diharapkan. (2) Hasil penilaian guru

uji coba skala kecil 83% dan uji coba skala 100% dengan kriteria sangat baik.

Dengan demikian Multimedia CD interaktif dinyatakan sangat baik digunakan oleh

guru. Namun, guru juga memberi saran kepada peneliti untuk melengkapi materi

pada masing-masing sub tema agar pembelajaran menjadi lebih terarah. (3) Hasil

penilaian siswa uji coba skala kecil 83,25% dan uji coba skala besar 87,02%, kedua

skor berada pada kriteria sangat baik. Dengan demikian CD interaktif yang

dikembangkan ditanggapi baik oleh siswa. (4) Multimedia CD interaktif

meningkatkan dapat hasil belajar sesuai hasil analisis ketuntasan klasikal 92%.

Persentase ini sudah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan

yaitu ≥73. 

Saran pemanfatan dari produk yang telah dikembangkan adalah sebagai

berikut: (a) Peneliti harus menentukan tema IPA yang tepat agar siswa dapat dengan

mudah menerima materi yang disampaikan. (b) Diperlukan petunjuk pemakaian

Multimedia pada CD interaktif, agar mempermudah siswa. (c) Penelitian ini

diharapkan dapat dilanjutkan sampai tahap diseminasi dan implementasi dengan

menggunakan sampel yang lebih luas.

ABSTRACT

 

Hayumuti.2016. Interactive Multimedia CD Development on the Thematic

Learning “Always Frugality Energy” Scene in SD / MI Class IV.Tesis, Learning

Technology Studies Program, Graduate University of Malang. Supervisor (I) Prof.

Dra. Herawati Susilo, MSc, Ph.D, (II) Dr. Susriyati Manahal, M.Pd.

Keywords: Development, Multimedia, Lee and Owen, Interactive CD

Applied learning is currently at primary school (SD) one of them is a thematic

learning. As an educator it is fitting and should be prosecuted for creating ideas

interesting learning as an effort to increase student motivation. Preliminary studies

using the 5 studies in schools, SDN Brenggolo, SDN Kawedusan I, SDN Pranggang

2, SDN and SDN Klanderan Punjul 2 Kediri as the object of extracting data early

learning conditions and facts on the ground, so that the results can be applied to

multimedia development at various schools.

The purpose of this study is to develop media-based learning Multimedia

Interactive CD integrated thematic learning on the theme "Always Frugality Energy"

for fourth grade students of SDN Klanderan B Kediri. Model development is the

development model of Lee and Owens (2004), by the procedure: (1) Assessment /

Analysis consisted of a needs analysis and front-end, (2) Design; (3) Development,

(4) Implementation; (5) Evaluation. Design validation using; Validation testing

expert, try small groups, field testing and trials formative evaluation form. The

technique of collecting data using interviews, field notes and questionnaires. The

data analysis technique is descriptive analysis of qualitative and quantitative

descriptive analysis.

Results of the study are: (1) the results of expert assessment of the

development of: (a) the value by experts Multimedia achieve a score of 85.62%. (B)

the value of the materials experts reached a score of 79.66%. Both of these scores are

the criteria are eligible, but still need to be improved so that the results are in

accordance with what is expected. (2) The results of teacher assessment of small

scale trials 83% and 100% scale trial with the criteria very well. Thus Multimedia

interactive CD is otherwise very well used by teachers. However, teachers also

advise researchers to complement the material in each sub-theme that learning

becomes more focused. (3) The results of student assessment test 83.25% of smallscale

and large-scale testing 87.02%, both scores are the criteria very well. Thus

interactive CD developed by the students responded well. (4) Multimedia interactive

CD can improve learning outcomes according to the results of analysis classical

completeness 92%. These percentages have minimum completeness criteria (KKM)

which has been determined to be ≥73.

Suggestions utilization of the products that have been developed are as

follows: (a) The investigator must determine the appropriate IPA themes so that

students can easily receive the material presented. (B) Required user manual on CD

Multimedia interactive, in order to facilitate the students. (C) This study is expected

to be continued until the stage of dissemination and implementation by using a wider

 

sample.