DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

. Pengembangan Buku Pedoman Kuliah Kerja Lapangan II Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Dicky Arinta

Abstrak


ABSTRACT

 

Dicky Arinta, 2016. Pengembangan Buku Pedoman Kuliah Kerja Lapangan II Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Tesis, Program Studi Pendidikan Geografi, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D.

Kata Kunci: Pengembangan, Buku Pedoman, Kuliah Kerja Lapangan

Kuliah kerja lapangan II yang menekankan pada pengukuran lapangan  menyebabkan perlunya ada buku pedoman. Buku pedoman yang  digunakan untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari. Materi buku pedoman difokuskan pada pengukuran aspek fisik dan sosial ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku pedoman kuliah kerja lapangan .

Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan ini mengacu pada model konseptual Dick & Carrey. Penerapan prosedur pengembangan model Dick & Carey disederhanakan dari sepuluh langkah menjadi delapan langkah, yaitu: 1) analisis buku petunjuk KKL, 2) identifikasi kompetensi yang akan dicapai, 3) penyusunan draf buku pedoman  kuliah kerja lapangan, 5) validasi ahli, 6) revisi draf, 7) uji coba lapangan,  dan 8) revisi akhir.

Hasil penelitian pengembangan Buku Pedoman Kuliah Kerja Lapangan diperoleh empat  kesimpulan, yakni 1) Rancangan draft buku pedoman kuliah kerja lapangan harus memuat gambaran umum penelitian , tujuan penelitian, alat dan bahan, prosedur serta evaluasi, 2) Draf buku pedoman Kuliah Kerja Lapangan berisi pendahuluan, landasan teori dan kegiatan mahasiswa  3) Pengujian validitas buku dari ahli materi dan bahasa secara keseluruhan dapat disimpulkan termasuk kualifikasi efisien tapi perlu revisi karena skor validasi ahli materi adalah 81% sedangkan validasi dari ahli bahasa skornya adalah 74%, 4) Hasil tanggapan mahasiswa terhadap buku pedoman Kuliah Kerja Lapangan mencapai 77 % sehingga layak untuk digunakan

ABSTRACT

Dicky Arinta, 2016. The Development  Guide Field Work II Of Education Department Geography Faculty Social Sciences Malang University, Thesis,  Geography Education Department, Graduate, Universitas Negeri Malang, Advisor: (I) Prof. Dr. Sugeng Utaya, M.Si, (II) Drs. I Komang Astina, M.S, Ph.D.

Key Words: Development, Guidebook, College Field Work

Fieldwork II lectures that highlight the need for field measurements of cause there is manual. The manual that was used to make it easier for students to understand the material studied. Manual material focused on the measurement of the physical and social aspects of the economy. The purpose of this research is to develop a manual labor College field.

The research method used is research and development. This development procedure refers to the conceptual model Dick & Carrey. The application of the procedure for model development Dick & Carey simplified from the ten steps into eight steps, which are: 1) the analysis of the KKL, Guide 2) identification of the competencies will be reached, 3) the preparation of a draft manual field work, lecture 5) validation expert, 6) revision of the draft, 7) field trials, and 8) final revision.

Research results the development of Fieldwork College Handbook obtained four conclusions, i.e. 1) Draft draft Guidebook College field work must contain a general description of the research, research objectives, tools and materials, procedures and evaluation, 2) Draft manual field work Lecture contains introduction, theory and the Foundation of student activity 3) Testing the validity of expert material and the language as a whole can be inferred include qualifying efficient but needs to be revised because of the score expert validation material is 81% while the validation of linguists of his score is 74%, 4) student feedback Results against College Handbook of field work reached 77% so feasible for use