DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Buku Pedoman Kuliah Kerja Lapangan II Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Dicky Arinta

Abstrak


ABSTRACT

 

Pengembangan Buku Pedoman Kuliah Kerja Lapangan II Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang

Kuliah kerja lapangan II yang menekankan pada pengukuran lapangan

menyebabkan perlunya ada buku pedoman. Buku pedoman yang  digunakan untuk

memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang dipelajari. Materi buku

pedoman difokuskan pada pengukuran aspek fisik dan sosial ekonomi. Tujuan

dari penelitian ini adalah mengembangkan buku pedoman kuliah kerja lapangan .

Metode penelitian yang digunakan adalah  penelitian dan pengembangan.

Prosedur pengembangan ini mengacu pada model konseptual Dick & Carrey.

Penerapan prosedur pengembangan model Dick & Carey disederhanakan dari

sepuluh langkah menjadi delapan langkah, yaitu: 1) analisis buku petunjuk KKL,

2) identifikasi kompetensi yang akan dicapai, 3) penyusunan draf buku pedoman

kuliah kerja lapangan, 5) validasi ahli, 6) revisi draf, 7) uji coba lapangan,  dan 8)

revisi akhir.

Hasil penelitian pengembangan Buku Pedoman Kuliah Kerja Lapangan

diperoleh empat  kesimpulan, yakni 1) Rancangan draft buku pedoman kuliah

kerja lapangan harus memuat gambaran umum penelitian , tujuan penelitian, alat

dan bahan, prosedur serta evaluasi, 2) Draf buku pedoman Kuliah Kerja Lapangan

berisi pendahuluan, landasan teori dan kegiatan mahasiswa  3) Pengujian validitas

buku dari ahli materi dan bahasa secara keseluruhan dapat disimpulkan termasuk

kualifikasi efisien tapi perlu revisi karena skor validasi ahli materi adalah 81%

sedangkan validasi dari ahli bahasa skornya adalah 74%, 4) Hasil tanggapan

mahasiswa terhadap buku pedoman Kuliah Kerja Lapangan mencapai 77 %

sehingga layak untuk digunakan